Tips Dan Trik android : Cara Mudah Mengambil Screenshoot

3 Jun 2013 16:45 4022 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi pengguna smartphone jaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama aplikasi screenshot yang banyak tersedia pada platform smartphone masa kini. Sebenarnya apa sih screenshot itu? screenshoot  adalah foto pada layar  atau preview dari sebuah aplikasi, blog atau situs. Manfaat dari penggunaan screenshot adalah biasanya digunakan untuk membantu sebuah tutorial. Kali ini akan membahas tentang tips dan trik android membuat screenshot.

Bagi pengguna smartphone jaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama aplikasi screenshot yang banyak tersedia pada platform smartphone masa kini. Sebenarnya apa sih screenshot itu? screenshoot  adalah foto pada layar  atau preview dari sebuah aplikasi, blog atau situs. Manfaat dari penggunaan screenshot adalah biasanya digunakan untuk membantu sebuah tutorial. Kali ini akan membahas tentang tips dan trik Android membuat screenshot. Seperti yang kita ketahui membuat screenshot di PC merupakan suatu hal yang gampang lalu bagaimana dengan membuat screenshot di Android.

Screenshot Pada Android Jelly Bean

Jika Anda pengguna gadget yang menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 ataupun 4.2 Anda bisa membuat screenshot sendiri yang diambil dari tampilan layar. Tips dan trik Android untuk membuat screenshot pun cukup gampang, Anda tinggal menekan dua tombol power dan Volume Down secara bersamaan dan dalam waktu yang sama sehingga tidak saling mendahului. Maka jadilah hasil sebuah screenshoot bagus seperti yang Anda inginkan

Menggunakan Screenshot Pada Android Ice Cream Sandwich

Tips dan trik Android yang bisa digunakan pada smartphone ber- sistem operasi Android ICS sama dengan cara menscreenshoot pada Android Jelly Bean, Anda tinggal menekan tombol power dan volume down secara bersamaan dan akan muncul sebuah animasi pada layar yangberarti objek yang dscreenshot telah tersimpan dalam file galeri. Untuk melihatnya Anda tinggal membuka galeri app dan tap screenshot untuk memastikan hasil screenshot Anda.

Menggunakan Screenshot Pada Android SDK

Pada Android SDK Anda bisa mengambil semua screenshot pada semua jenis Android. Tips dan trik Android yang dipakai pada Android SDK adalah pertama kal Anda harus setup Android SDK Anda lalu koneksikan Android smartphone atau tablet yang Anda punya pada komputer dengan memakai bantuan kabel USB tentunya agar bisa menjalankan SDK. Penggunaan aplikasi ini kurang populer bagi para pengguna Android yang masih baru. Akan tetapi cara ini lebih mudah diterapkan jika Anda telah mensettingnya.

Menggunakan AShot Pada Komputer

AShot merupakan salah satu toolgratis yang ada pada PC dan keberadaan fitur ini bisa digunakan untuk membuat screenshot dari Android yang Anda punya. Pada fitur ini ditawarkan banyak performa yang bisa melebihi performa yang ditampilkan pada fitur Andoid SDK. Pada penggunaan screenshoot untuk tips dan trik Android yang digunakan  Anda tidak harus mengklik tombol refresh secara terus menerus seperti yang dipakai pada SDK.

 

Baca  juga :

                    4 Tips dan Trik Android yang Penting untuk Pengguna

                    Kisah Mengerikan dibalik Karakter Teletubbies dan Rugrats

 

Manufacture Pemakaian Shortcut

Pada beberapa perusahaan yang membesut Android kadang telah menyematkan screenshot Shortcut langsung pada perangkat yang mereka produksi. Contohnya pada Samsung lihat saja perangkat Galaxy Note dan Galaxy S2 yang cara pemakaiannnya menekan tombol home dan power secara bersamaan agar bisa menghasilkan screenshot. Tips dan trik Android yang bisa dipakai Anda bisa menekan tombol home terlebih dahulu baru kemudian menekan tombol power dengan cepat. Sedangkan pada pemakaian Galaxy S2 proses pengambilan screenshot dilakukan dengan menekan secara bersamaan tombol Back dan power atau bisa juga menekan tombol back lalu diikuti dengan melakukan double tap di tombol home. Cara pembuatan screenshot pada tiap Android berbeda satu sama lain tergantung pada merk hpnya.

Membuat Screenshot Menggunakan Android App

Ada banyak aplikasi Android yang bisa digunakan membuat screenshot untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dibawah ICS. Semua aplikasi itu bisa Anda unduh pada pusat belanja aplikasi Android Google Play Store. Di Play Store Anda bisa mengunduh aplikasi screenshot baik yang free ataupun berbayar. Salah satunya aplikasi bernama Andross. Pemakaian aplikasi screenshoot bisa dipakai tanpa menggunakan rooting pada Android pun bisa dilakukan dengan tips dan trik Android menggunakan chip Tegra.

Mengambil Screenshot Dengan Menggunakan Rooting

Ada perusahaan Android yang tidak mendapat ijin untuk menggunakan aplikasi screenshoot pada perangkatnya dengan alasan tertentu terutama alasan menghindari masuknya virus malware pada perangkat mereka. Jika tetap ingin menggunakan screenshot maka terpaksa dilakukan rooting pada perangkat android Anda. Tips dan trik Android setelah selesai melakukan rooting baru Anda bisa menginstall menginstall bermacam- macam screen capture app yang ada pada Google Play.

Setelah membaca beberapa tips dan trik Android membuat screenshoot diatas, maka Anda tinggal memilih screenshot mana yang ingin Anda sematkan pada perangkat Android Anda.[MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel