Andy Rubin - Sang Bapak dan Penemu Android

15 Jul 2013 17:00 20983 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Biografi Andy Rubin selalu menarik untuk dibahas, meskipun saya secara pribadi tidak mengetahui apakah sudah ada rilis remis buku tentang Biografi Andy Rubin, namun cerita sosok bapak Android ini sangat menarik untuk dibahas.

Membahas biografi tokoh dunia di bidang teknologi informasi memang cukup menarik dan menambah wawasan serta motivasi. Dan kali ini kita akan membahas tentang biografi Andy Rubin yang merupakan salah tokoh informasi dunia teknologi yang cukup terkenal dengan penemu Android, yakni Android si robot hijau.

Penemuan Andy Rubin akan sistem operasi Android ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pemerhati informasi dunia teknologi atau IT  dan para pecinta  sistem operasi si robot hijau.  Pasalnya, sistem operasi Android mulai digemari dan disukai  oleh banyak kalangan karena bersifat terbuka dan tangguh di mobile. Dan tak heran lagi, karena kesuksesan Android tersebut banyak dari kita yang ingin mengetahui tentang apa saja yang berkaitan dengan Android ini, termasuk biografi Andy Rubin sang penemu dan pengembang sistem operasi Android.

Masa Kecil dan Sekolah

Penemu Android ini lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat adalah anak yang sangat cerdas dan memiliki sifat keingintahuan yang tinggi. Biografi Andy Rubin yang di masa kecil dan sekolah, seperti kebanyakan anak-anak pada umumnya. Sejak kecil, Rubin sudah terbiasa melihat banyak gadget baru dan memang memiliki hobi mengotak atik apapun yang berbau dengan gadget ataupun robot.

Dan kebiasaan ini karena ayahnya, yang merupakan seorang psikolog yang banting setir ke bisnis direct marketing. Ayah dari Andy Rubin menyimpan produk elektronik yang akan dijualnya di kamar Rubin karena ruang rumahnya yang kala itu tidak begitu luas dan aman untuk tempat penyimpanan barang yang akan dijualnya. Ia memiliki minat besar pada segala hal yang berbau robot, yang terbawa hingga masa kuliah dan kerjanya.

Masa Kerja dan Awal Penemuan Android OS

Biografi Andy Rubin di masa kerjanya ini begitu lancar dan penuh prestasi hingga banyak yang terinspirasi olehnya. Setelah lulus kuliah, Andy Rubin pertama kali kerja di Carl Zeiss A.G dan ditempatkan di sebuah divisi robotika, tepatnya pada komunikasi digital antara jaringan dengan perangkat pengukuran dan manufaktur. Dan ia sempat bekerja di bidang robot di sebuah perusahaan di Swiss setelah keluar dari Carl Zeiss.

Biografi Andy Rubin di tahun 1989 mulai cerah karena  Rubin tak sengaja bertemu dengan seorang bernama Bill Caswell yang bekerja di Apple. Rubinpun diajak bekerja di Apple dan Rubin mengalami masa-masa yang menyenangkan karena Apple saat itu masih dalam kondisi baik berkat komputer Macintosh. Selama bekerja di Aplle,  ia sempat melakukan kejahilan, seperti memprogram ulang sistem telepon hingga ia bisa berpura-pura sebagai sang CEO, John Sculley. Atas prestasi dan minatnya, Rubin pindah ke bagian riset dari bagian manufaktur di Apple. Tahun 1990, Apple melakukan spin off untuk membentuk sebuah perusahaan bernama General Magic dan Rubin ikut di dalamnya dan kemudian tim risetnya berhasil mengembangkan sebuah peranti lunak bernama Magic Cap.

Namun sayangnya, Magic Cap tidak mendapat sambutan dari perusahaan handset dan telekomunikasi dan akhirnya hancur. Pada saat Microsoft membeli Artemis (perusahaan yang didirikan oleh b eberapa pengembang di General Magic, bersama beberapa veteran Apple), Rubin pun ikut bergabung dengan perusahaan raksasa itu. Biografi Andy Rubin kembali mengalami kemajuan setelah melakukan hal gila di Microsoft. Rubin membuat sebuah robot terhubung internet  yang dilengkapi kamera untuk mengerjai rekan-rekannya. Dan robot itu pada satu insiden sempat dibobol oleh pihak di luar Microsoft.

Biografi Andy Rubin di tahun 1999 ini cukup mengejutkan,  Rubin keluar dari webTV yang secara otomatis  keluar dari  Microsoft.  Kemudian bersama beberapa rekannya, Rubin kemudian mendirikan Danger Inc dan cukup sukses melalui sebuah perangkat temuannya yang bernama Sidekick yang  di pasaran dikenal sebagai T-Mobile Sidekick.

 

Baca juga :

                   Hati-Hatilah Bagi yang Suka Buka Situs Porno Lewat Android

                   Inilah 7 Fakta Dibalik Perseteruan Antara Apple dan FBI

 

Rubin meninggalkan Danger Inc.

Di tahun 2008, perusahaan Danger Inc dibeli oleh Microsoft dan para eksekutif yang tersisa dari Danger digabungkan oleh Microsoft ke dalam Mobile Communication Business, dari divisi Entertainment dan Device serta diminta mengembangkan sebuah ponsel yang dikenal dengan sebutan Project Pink yang ditargetkan menjadi pesaing iPhone dan BlackBerry. Proyek inipun cukup bergengsi maka diperebutkan oleh beberapa pihak  dan akhirnya gagal karena dalam pengembangannya banyak hal yang melenceng. Biografi Andy Rubin tidak banyak mengalami perubahan setelah berhenti Microsoft dan Danger Inc tersebut.

Dan awal tahun 2002, biografi Andy Rubin terlihat mulai berkembang dengan memberikan sebuah kuliah di Stanford mengenai pengembangan Sidekick.  Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google, ikut hadir dalam kuliah tersebut. Dalam kuliah tersebut Rubin membahas  dan berkesimpulan bahwa meski penjualan Sidekick di pasaran tak meledak, perangkat tersebut dinilai cukup baik dari sisi engineering.

Dan dari sinilah biografi Andy Rubin mulai terlihat dengan sistem operasi Androidnya.  Selepas kuliah tersebut, Page menemui Rubin untuk melihat Sidekick dari dekat dan melihat perangkat itu menggunakan search engine Google. Dan ini merupakan sebuah titik tolak bagi Page untuk sebuah ide yang dalam beberapa tahun kemudian akan terwujud, sebuah ponsel Google.

Dalam waktu kurang lebih dua tahun setelah peristiwa pertemuannya dengan Page, pendiri Google,  biografi Andy Rubin memasuki bisnis kamera digital sebelum akhirnya ia mendirikan Android. Dan bulan Juli 2005, 22 bulan setelah Android berdiri, perusahaan itu ditelan oleh raksasa Google dan memilih untuk bergabung dengan Google. Pihak Google menyebut pembelian Android tersebut sebagai akuisisi terhadap sumber daya manusia dan teknologinya saja.Androidpun diberi kekuatan ekstra yang kemudian membentuk Open Handset Alliance untuk mengembangkan perangkat bagi Android. Sejak itulah Android mengalami banyak kemajuan dari pengembangan-pengembangannya karena sifat ketangguhan dan keterbukaannya serta menjadi tren akhir-akhir ini. Demikianlah biografi Andy Rubin, sang penemu Android. Semoga bermanfaat !  [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel