Cara Menginstal Wireless di Rumah Anda

11 Jun 2012 16:30 4288 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan menggunakan teknologi wireless, Anda tidak perlu lagi repot-repot bergantung pada kabel yang memberikan sumber daya internet. Namun sebelum Anda menggunakan jaringan ini, Anda harus paham betul bagaimana cara menginstal wireless di rumah Anda.

Berkat kemajuan teknologi yang mengalami pengembangan yang sangat pesat, saat ini kita menjadi tidak melulu bergantung pada kabel untuk mengirimkan atau melakukan transfer data. Begitu pula yang terjadi pada koneksi internet dewasa ini, saat ini kita tidak lagi bergantung kepada kabel untuk memberikan koneksi internet kepada komputer kita, berkat ditemukannya teknologi wireless, kita bisa terhubung dengan internet secara langsung tanpa harus menggunakan kabel.

Anda dapat menggunakan jaringan nirkabel untuk berbagi akses internet, file, printer, konsol game dan perangkat lainnya di rumah Anda. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot bergantung pada kabel yang memberikan sumber daya internet. Namun sebelum Anda menggunakan jaringan ini, Anda harus paham betul bagaimana cara menginstal wireless di rumah Anda.

Untuk Anda yang telah mengetahui bagaimana cara menginstal wireless di rumah tentunya tidak menjadi masalah. Namun bagi Anda yang belum mengetahui tata cara menginstal wireless di rumah, Anda bisa mengikuti tips yang akan Plimbi berikan tentang berikut ini. Langkah-langkah untuk membangun sebuah jaringan internet nirkabel tidaklah begitu sulit, ditambah lagi ketersediaan router yang mudah untuk didapatkan.

Sebelum Anda membangun sebuah jaringan, ada beberapa hal berikut yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah jaringan, di antaranya:

Sebuah Sistem Operasi yang Mendukung Jaringan Nirkabel

Sebelum Anda membangun sebuah jaringan nirkabel, ada baiknya Anda melakukan cek terlebih dahulu terhadap sistem operasi Anda, apakah mendukung untuk jaringan nirkabel atau tidak. Salah satu contoh sistem operasi yang mendukung teknologi jaringan nirkabel adalah sistem operasi Windows.

Broadband Internet

Untuk membangun sebuah jaringan wireless Anda harus memiliki broadband internet yang tentunya bukanlah dial-up connection seperti modem biasa.

Router

Hal lainnya yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah jaringan adalah router. Alat ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal internet ke seluruh jangakuan rumah Anda. Router sendiri sangat mudah untuk Anda dapatkan saat ini.

Komputer dengan Built-In Wireless Networking

Semua komputer keluaran terbaru pasti memiliki buit-in networking untuk membantu Anda dalam membangun sebuah jaringan nirkabel. Untuk melakukan pengecekan apakah komputer Anda telah ditanami wireless networking, Anda bisa melakukan cara seperti berikut ini.

Untuk Anda para pengguna Windows 7, Anda bisa mengikut langkah berikut:

  • klik Start>> Control Panel>> Network and Internet.

  • Jika Anda melihat salah satu dari daftar berikut: Wireless, WLAN, WiFi, 802.11a, 802.11b, 802.11g, or 802.11n, maka komputer Anda telah tertanam wireless networking.

Sementara bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP, maka Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Klik Start, klik kanan pada My Computer>> klik Properties.

  • Pada jendela System Properties, klik tab *Hardware *.

  • Klik Device Manager.

  • Pada jendela Device Manager, Anda akan menemukan daftar dari komponen komponen hardware yang terpasang di komputer Anda. Tekan tombol (+) pada bagian kiri ikon untuk membuka Network adapter.

  • Jika Anda melihat salah satu dari daftar berikut: Wireless, WLAN, Wi-Fi, 802.11a, 802.11b, 802.11g, or 802.11n, maka komputer Anda telah tertanam wireless networking.

Setelah Anda memiliki semua persyaratan tersebut di atas, maka hal selanjutnya adalah tinggal mengikuti langkah-langkah membuat sebuah jaringan wireless.

  • Lakukan Koneksi ke Internet. Pastikan Anda telah terhubung ke internet.

  • Lakukan Koneksi Pada Router. Setelah Anda terhubung dengan internet, maka langkah selanjutnya adalah koneksikan komputer Anda dengan router dan pastikan Anda tetap tersambung dengan internet. Nyalakan router Anda dan tunggulah beberapa detik hingga router Anda tersambung dengan internet. Jika lampu pada router Anda menyala, hal itu mengidentkasikan bahwa router Anda telah berhasil terhubung ke dalam internet.

  • Konfigurasi Router. Jika Anda menggunakan kabel jaringan yang disertakan para router Anda, Anda harus mengkoneksikan komputer Anda ke salah satu port jaringan terbuka pada router Anda untuk sementara untuk port yang tidak diberi label Internet, WAN atau WLAN. Setelahnya, komputer Anda akan secara otomatis terhubung dengan internet ketika Anda menyalakannya.

  • Koneksikan Komputer, Printer, dan Peralatan yang Lain. Selain komputer, Anda juga bisa mengkoneksikan peralatan elektronik Anda yang lain ke jaringan internet Anda. Seperti printer, game konsol, tablet, iTouch, atau bahkan ponsel Anda yang telah mendukung jaringan wireless.

  • Share File. Sekarang komputer Anda telah terhubung ke dalam internet, dan Anda juga bisa berbagi file dengan komputer lain hanya melalui internet. Untuk melakukannya, Anda hanya tinggal klik kananpada file yang akan Anda sharing, lalu klik Properties, pergi ke tab Sharing, klik tombol Advenced Sharing, lalu centang Share this folder, setelahnya klik OK. [AS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel