Langitselatan.com - Media Informasi Online Mengenai Astronomi Asli Indonesia

5 Jun 2012 11:00 4007 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apa yang Anda pikirkan tentang langit? Tentunya sebuah cakrawala nan indah akan hadir di pikiran Anda; awan, bintang, matahari, dan lainnya. Namun, saat pertanyaan itu terlontar, adakah terbersit tentang sebuah cabang ilmu alam yang dikenal dengan Astronomi? Ya, mungkin sesaat mendengar kata Astronomi Anda mungkin akan berpikir tentang rasi bintang dan zodiak yang ....

Apa yang Anda pikirkan tentang langit? Tentunya sebuah cakrawala nan indah akan hadir di pikiran Anda; awan, bintang, matahari, dan lainnya. Namun, saat pertanyaan itu terlontar, adakah terbersit tentang sebuah cabang ilmu alam yang dikenal dengan Astronomi? Ya, mungkin sesaat mendengar kata Astronomi Anda mungkin akan berpikir tentang rasi bintang dan zodiak yang berdasarkan mitologi barat memiliki berpengaruh terhadap kehidupan setiap manusia. Astronomi memang bukan cabang ilmu populer. Dalam artian segmentasi minat yang berniat mendalami ilmu mengenai pengamatan benda-benda langit dan fenomena alam di luar atmosfer Bumi masih sempit. Secara singkat Astronomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit dan bagaimana benda-benda itu mempengaruhi perkembangan alam semesta.

Astronomi sejatinya telah dipelajari dan dipraktikkan oleh bangsa-bangsa dari peradaban lama manusia seperti bangsa Maya dan Mesir. Hal ini dapat diketahui dari berbagai artefak dan monumen yang berisi mengenai simbol-simbol hasil pengamatan langit. Namun, dalam hal ilmu pengetahuan, Astronomi baru masuk saat teknologi teleskop ditemukan. Setiap cabang ilmu memang memiliki tingkat kesulitannya tersendiri untuk dipelajari. Namun, sumber informasi yang terbatas seringkali membuat orang kesulitan mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Di Indonesia sendiri, selain melalui pintu-pintu akademik seperti di perguruan tinggi atau komunitas belajar, tidak banyak sumber informasi online yang dapat diakses dan memiliki banyak informasi. Langitselatan.com merupakan salah satu media online yang aktif menyampaikan berbagai informasi mengenai ilmu Astronomi.

Berangkat dari kesadaran akan pentingnya Astronomi di dalam kehidupan masyarakat dan misi memperkenalkan keindahan langit malam khususnya langit di belahan bumi selatan, media Astronomi Indonesia ini hadir agar dapat diakses dengan mudah. Sebelum menggunakan nama langitselatan, centaurusonline.com dan majalah Centaurus merupakan embrio media Astronomi ini. Namun, pada tahun 2006 nama yang saat ini bertahan resmi digunakan. Di dalam situs ini ada banyak fitur menarik mengenai berbagai informasi terkait Astronomi. Anda dapat mengakses fitur Observasi dimana di dalamnya berisi beberapa tautan yang dapat digunakan untuk membantu Anda mengenal langit dan objek-objek yang bertebaran di langit. Setelah itu, jika Anda tertarik melihat koleksi foto-foto beserta fenomena yang kerap terjadi di langit.

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan yang berhubungan dengan dunia Astronomi, di dalam fitur AstroFiesta ada berbagai kegiatan menarik yang sering dilaksanakan oleh langitselatan.com. Selain media online, orang-orang di balik situs ini kerap memperkenalkan keindahan langit dan mempelajari ilmu Astronomi melalui berbagai kegiatan outdoor. Di dalamnya Anda dapat mengenal Astonomi secara umum, simulasi langit malam, pelatihan teleskop, mengenal matahari, workshop dan lainnya. Dengan beragam istilah Astronomi yang dapat dikatakan bukan menjadi konsumsi umum, di dalam Glosarium Anda dapat mengetahui berbagai istilah-istilah yang kerap digunakan pada cabang ilmu alam tersebut.

Proses pengamatan langit yang telah berjalan dari awal peradaban manusia tanpa disadari mempengaruhi kehidupan hingga saat ini. Beberapa fenomena alam yang sering terjadi di bumi sedikitnya terpengaruh oleh faktor Astronomis. Tenggelamnya kapal Titanic, fenomena Dog Days di Amerika Serikat tahun 2010 silam, dan lainnya merupakan salah satu kasus yang terpengaruh hal tersebut. Anda dapat mengetahui artikel-artikel menari yang ditulis oleh para ahli Astronomi di dalam fitur AstroBudaya. Di dalamnya terdapat banyak kumpulan artikel dalam tiga kategori, yakni Arkeoastronomi, Etnoastronomi, dan juga Sejarah. Sementara di dalam Astrofisika, Anda akan menemui banyak artikel menarik mengenai bintang dan berbagai fenomena yang terjadi padanya.

Salah satu fitur di dalam media Astronomi Indonesia yang cukup menarik perhatian adalah AstroPraktis. Di dalamnya ada berbagai kategori yang dapat dipilih seperti Aplikasi Astro, Astro Anak, AstroFotografi, resensi Buku, Film, Hoax, Kalender, Kriya Astro, dan Rasi Bintang. Salah satu kategori yang menarik adalah Kriya Astro. Anda dapat mempraktikkan berbagai kriya-kriya atau kerajinan tangan untuk membuat alat pengamatan langit menggunakan bahan-bahan sederhana dan juga tips mengamati langit. Sementara itu, tak lengkap rasanya jika informasi mengenai galaksi tidak pula disisipkan dalam media online ini. Oleh sebab itu kehadiran artikel-artikel pada fitur Galaxy dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat. Untuk mengetahui mengenai planet-planet serta penemuan terbaru, Anda dapat mengakses fitur Keplanetan yang di dalamnya berisi kategori seperti Astrobiologi, Extrasolar, dan Tata surya. Di dalam Astrobiologi Anda dapat menemukan banyak artikel mengenai aspek fisik kehidupan hasil pengamatan benda-benda langit. Sedangkan pada kategori Tata Surya, Anda akan menemukan banyak artikel mengenai asteroid, bumi, komet, matahari, meteor dan planet.

Selain memiliki banyak artikel menarik mengenai Astronomi, situs inipun memiliki fitur khusus mengenai ilmu Kosmologi. Kosmologi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai struktur dan sejarah alam semesta yang memiliki skala besar. Ilmu Kosmologi mempelajari secara khusus hubungan asal dan perjalan evolusi sebuah objek. Oleh sebab itu, ilmu inipun menjadi bagian dari pelajaran ilmu Astronomi. Oleh sebab itu, di dalamnya Anda akan menemukan banyak artikel mengenai cabang ilmu alam tersebut. Selain memberikan banyak artikel menarik, situs inipun memberikan banyak informasi masih mengenai hasil dan jadwal observasi mengenai fenomena yang akan terjadi di bumi. Salah satu contohnya adalah informasi mengenai transit planet Venus terakhir di abad ini yang akan terjadi pada tanggal 6 Juni 2012.

Dengan visi membangun kesadaran akan sains dan astronomi di dalam masyarakat Indonesia, memperkenalkan fun-astronomy kepada masyarakat, menyediakan infromasi astronomi, media Astronomi Indonesia ini dapat menjadi persinggahan online menarik. Dengan tampilan situs yang sederhana, Anda dapat mengakses banyak hal terkait Astonomi dengan cukup nyaman dan cepat. Bagi Anda yang tertarik mengakses situ ini, Anda dapat klik di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel