5 Add-Ons Mozilla Firefox Pilihan Untuk Blokir Konten Flash Pada Website & Blog

2 Jun 2013 12:00 6715 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah browser Firefox Anda sering mengalami "Not Responding" ? mungkin salah satu penyebabnya adalah konten flash player/SWF yang ada pada sebuah website/blog. Simak tips dan triknya Plimbi untuk mengatasi hal tersebut dengan Add-Ons Mozilla Firefox berikut ini.

Adobe Flash yang pada saat awal kemunculannya lebih dikenal dengan Macromedia Flash merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak komputer milik Adobe Systems. Adobe Flash biasanya dipergunakan untuk membuat sebuah objek gambar vektor maupun animasi bergerak. Biasanya hasil file yang dihasilkan dari aplikasi perangkat lunak ini mempunyai ektensi file  .swf dan dapat dipasang serta dijalankan pada browser, website, maupun sebuah blog. yang telah dipasang aplikasi Adobe Flash Player. Anda yang merasa terganggu, bisa mengatasi hal ini dengan Add-Ons Mozilla Firefox.

Flash sendiri dibuat/ditulis menggunakan bahasa pemrograman ActionScript yang pertama kali  muncul pada Flash 5. Small Web Format atau biasa disingkat sebagai file SWF adalah format file untuk aplikasi multimedia maupun grafis vektor yang pada awalnya dibuat oleh FutureWave Software, dan kemudian dimiliki oleh Macromedia, dan terakhir Macromedia diakuisisi oleh Adobe. File SWF ini menyediakan beraneka ragam animasi atau applet yang dapat menyajikan interaksi gambar maupun fungsi lainnya entah itu dipergunakan sebagai sebuah iklan, ucapan selamat datang, dan hal lainnya pada sebuah web maupun blog. File SWF juga biasa digunakan untuk pembuatan program, terutama games, dengan menggunakan Action Script.

Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan penggunaan flash/SWF pada websit atau pada blog

  • Memperlambat loading time pada sebuah halaman website atau blog, karena file flash memiliki ukuran yang cukup besar jika digabungkan dengan berbagai elemen yang ada pada web/blog Anda. Hal ini akan mempengaruhi jumlah pengunjung website/blog Anda. Meskipun tampilan blog sangat menarik dan dilengkapi fitur yang cukup, namun jika harus menunggu terlalu lama maka pengunjung akan segera menutup situs website/blog Anda tersebut
  • File flash/SWF tidak dapat dibaca oleh mesin pencari, sehingga akan mempengaruhi posisi sebuah website atau blog pada berbagai jenis mesin pencari ternama. Jika Anda seorang blogger/developer yang lebih mengoptimalkan pada SEO, sebisa mungkin hindari menggunakan konten flash/swf pada website/blog.
  • Salah satu penyebab sebuah browser menjadi error, hang bahkan menjadi “not responding” diakibatkan oleh Flash Player. Hal ini biasa terjadi jika Anda memiliki memori RAM yang terbatas. Biasanya browser akan menampilkan gejala terasa berat ketika membuka sebuah situs website/blog.  Anda bisa melihatnya pada Task Manager biasanya konsumsi RAM akan meningkat.

Namun Plimbi memiliki solusi bagi Anda para pengguna browser Mozilla Firefox untuk mengatasi agar browser Firefox Anda menjadi lebih ringan digunakan saat berselancar diinternet pada website atau blog yang terdapat konten flash/SWF, karena sebelum membuka sebuah situs website/blog maka Add-Ons Mozilla Firefox tersebut akan terlebih dahulu memblokirnya agar loading time menjadi cepat dan juga browser tidak sering hang. Berikut ini adalah daftar dari aplikasi terbaik untuk memblokir konten flash/SWF pada website maupun blog bagi Anda pengguna browser Mozilla Firefox.

 

Baca juga :

               All-in-One Sidebar - Akhiri Kekacauan di Browser Anda dengan Add-on Mozilla Firefox

               Review ASUSPRO B8430, Notebook Khusus Korporat dengan Tingkat Keamanan Tinggi

 

Flash Block

Salah satu Add-ons blokir flash ini didesain dengansangat sederhana dapat memblokir berbagai jenis konten flash. Flasblock menawarkan pada Anda , jika Anda ingin mengaktifkan konten file flash/SWF tersbut Anda hanya perlu mengkliknya. Adapun jenis file flash yang akan diblokir adalah sebagai berikut :

  • Macromedia Flash
  • Macromedia Shockwave
  • Macromedia Authorware

Anda dapat mengklik link berikut ini untuk mendownload Add-ons Flashblock pada browser Firefox.

Flash Killer

Flash Killer dapat Anda pergunakan pada berbagai jenis sistem operasi, namun sebenarnya Add-ons blokir flashini  khusus didesain bagi pengguna sistem operasi Linux. Klik disini. untuk men-download add-ons Flash Killer.

FlashDisable

FlashDisable dapat Anda pergunakan untuk menonaktifkan maupun mengaktifkan konten flash/SWF pada sebuah website/blog, Add-ons blokir flash ini dapat dipergunakan dengan  hanya melakukan klik ikon flash yang beradaa pada toolbar Firefox dipojok kanan atas. Klik disini untuk men-download secara gratis.

Silahkan Anda pilih salah satu dari kelima Add-ons Firefox tersebut  untuk memblokir konten flash/SWF agar kinerja browser Anda menjadi lebih ringan dan juga maksimal saat Anda berselancar di internet. Jika memiliki Add-ons yang lebih baik, beritahu Plimbi dengan meninggalkan komentar dibawah ini. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel