Dua Orang, Satu Tablet Android Jelly Bean. Bagaimana Cara Mengaturnya?

2 Jun 2013 11:00 4095 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Terkadang, kita menginginkan sebuah barang, namun barang tersebut tidak bisa kita miliki sendiri. Entah karena harganya yang cukup mahal, atau bisa juga karena memang barang tersebut harus kita miliki bersama dengan orang lain. Hal ini juga berlaku pada tablet PC. Bisa saja, satu tablet dimiliki oleh dua orang, baik itu antara kakak dengan adik, suami dengan istri, atau teman dengan teman. Hal ini membuat kita harus membagi segala hal yang ada didalamnya. Lalu bagaimana kita akan mengaturnya?.

Terkadang, kita menginginkan sebuah barang, namun barang tersebut tidak bisa kita miliki sendiri. Entah karena harganya yang cukup mahal, atau bisa juga karena memang barang tersebut harus kita miliki bersama dengan orang lain. Hal ini juga berlaku pada tablet PC. Bisa saja, satu tablet dimiliki oleh dua orang, baik itu antara kakak dengan adik, suami dengan istri, atau teman dengan teman. Hal ini membuat kita harus membagi segala hal yang ada didalamnya. Lalu bagaimana kita akan mengaturnya? Apabila Anda memilih menggunakan tablet Android Jelly Bean, maka Anda dapat mengorganisasinya dengan mudah.

Namun, bahasan kali ini akan mengkhususkan pada tablet Android Jelly Bean 4.2, dimana mendukung penggunaan akun multiple user. Di sini, akun pengguna akan bekerja layaknya akun pada komputer, dengan setiap akun memiliki aplikasi, setting, dan data sendiri-sendiri. Apabila Anda berbagi tablet dengan orang lain, Anda dapat menggunakan user account sendiri dengan berbagai hal didalamnya, seperti misalnya pengaturan launcher, sync akun Google, dan setting lainnya. Ini akan membantu Anda untuk melindungi privacy Anda, namun tetap bisa membagi device dengan orang lain, serta dapat masuk menggunakan akun Google Anda dan melihat email beserta data masing-masing.

Fitur seperti ini akan mudah diatur apabila Anda memiliki tablet yang berjalan dengan Android 4.2. Untuk memulainya, buka menu Settings pada tablet Android Anda dan tap pada opsi Users pada kategori Device. Apabila Anda tidak melihat opsi ini, maka perangkat Anda tidak berjalan pada Android 4.2. Lanjutkan dengan tap pada tombol Add User di bagian atas layar untuk membuat akun baru. Sebagai catatan, user pertama yang Anda tetapkan bisa disebut sebagai “owner” utama tablet Anda. Owner ini memiliki kemampuan untuk menghapus data pengguna lain dari tablet, dan pengguna lain tersebut hanya dapat menghapus datanya sendiri saja.

Anda akan melihat pesan yang berisikan info tentang akun pengguna. Di sini, Anda dapat langsung memasukkan akun pengguna lain, dimana pengguna ini dapat memulai proses pengaturan dengan memasukkan akun Google dan info lainnya. Pengguna lain dapat melakukan proses pengaturan langsung untuk men-setting tablet Androinya sendiri. Namun, jika pengguna lain ini sedang belum bisa memasukkan akunnya, Anda dapat meninggalkan setting terlebih dahulu, dan pengguna ini dapat memasukan akun milikinya nanti.

Setelah Anda memiliki akun muliple user, Anda dapat mengganti antar keduanya dengan tap pada icon di bagian bawah layar Android lock. Apabila pengguna menggunakan password atau PIN, maka ini adalah hal yang bagus. Pengguna memang membutuhkan password untuk masuk ke akun, agar mencegah orang lain untuk tidak mengakses akun pengguna secara bebas. Untuk keluar dari akun, cukup kunci layar tablet. Dari lock screen, pengguna lain dapat mengganti akun tersebut untuk kemudian masuk ke dalam tablet menggunakan akunnya sendiri.

 

Baca juga :

               Lima Pilihan Android Jelly Bean Murah di Indonesia

               7 Fakta iPhone 7 yang Didapuk Bakal Anti Air

 

Hanya tiga pengguna yang dapat aktif dalam sekali waktu. Akun pengguna aktif dapat menyinkron data dengan sendirinya, jadi setiap email atau data pengguna akan selalu siap pada saat seorang pengguna akan menggunakan device. Apabila tablet Android Jelly Bean Anda memiliki empat akun, pengguna terakhir yang masuk akan dikategorikan sebagai “inactive”, dan ketiga akun lainnya akan dikategorikan sebagai akun aktif serta dapat menyinkron semua datanya.

Langkah untuk akun multiple user tersebut bisa Anda jalankan dengan mudah pada tablet Android Jelly Bean 4.2. Tetapi bagaimana dengan tablet  yang berjalan dengan Android 4.1 atau kebawah, dan Anda benar-benar membutuhkan penggunaan akun multiple user? Anda memang dapat melakukannya, namun akan berjalan secara tidak praktis dan dapat menimbulkan masalah tersendiri. Diantaranya ada yang membutuhkan proses rooting Android terlebih dahulu. Ada juga aplikasi yang dapat menjalankan fitur tersebut, seperti misalnya SwitchMe. Namun, tetap Anda membutuhkan proses rooting. Belum lagi masalah yang dapat muncul pada tablet Android Anda, seperti misalnya dapat membuat tablet Android berjalan tidak lancar.

Pada dasarnya, fitur multiple user memang akan berjalan dengan baik pada tablet Android Jelly Bean 4.2. Apabila Anda memiliki tablet tersebut, maka Anda akan memiliki kemudahan mengatur akun. Namun, apabila Anda belum memilikinya dan berencana membeli tablet untuk digunakan lebih dari satu orang, maka usahakanlah untuk membeli tablet dengan versi Android Jelly Bean 4.2. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel