Cara Mendeteksi Virus pada File Hasil Download di Internet

1 Jun 2013 17:00 8640 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda ragu terhadap hasil file download dari internet? baik berupa file maupun dokumen yang mungkin dalam file tersebut terdapat virus atau tidak, Anda dapat. Silahkan baca ulasan selengkapnya Plimbi kali ini untuk menemukan solusinya.

Jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang popular dimanfaatkan baik pada perangkat komputer maupun untuk fungsi lainnya, karena internet merupakan sebuah teknologi informasi yang dapat menghubungan komputer di seluruh dunia, sehingga hal tersebut memungkinkan informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan, dengan adanya jaringan internet, maka akan dapat membantu setiap penyedia jasa pendidikan untuk selalu mendapat informasi-informasi yang terkini dan sesuai dengan kebutuhan. Namun orang-orang jahat juga memanfaatkan internet untuk menyebarkan berbagai jenis virus dan hal lainnya untuk tujuan tertentu, maka dari itu akan memberitahukan Anda agar sistem operasi Anda tetap aman dari ancaman virus. Pertanyaanny bagaimana cara mendeteksi virus secara mudah?

Apakah Anda bingung mencari layanan yang terbaik gratis online scanner antivirus untuk memindai file yang terinfeksi dan virus pada komputer windows anda. Scanner virus online adalah salah satu metode terbaik untuk memindai virus pada PC Anda, dengan bantuan Antivirus Online scanner Anda dapat memindai PC Anda tanpa menginstal aplikasi antivirus. Layanan virus scanner online ini dapat Anda pergunakan jika Anda sedang berada disebuah komputer yang tidak terinstal antivirus, sebelum memindahkan kedalam komputer/laptop Anda agar aman. Selain itu layanan online virus scanner maka akan membantu Anda untuk memberikan referensi jika Anda sudah men-download aplikasi/file pada sebuah website atau blog kedalam komputer tersebut apakah aplikasi yang aman untuk diajalankan, ataukah hanya aplikasi jebakan yang berisi virus, malware, dan aplikasi jahat lainnya yang dapat merusak maupun menginfeksi kinerja sistem operasi Anda.

Anda hanya perlu melakukan browse file maupun dokumen dari komputer atau file hasil download di internet yang dicurigai sebagai virus, malware, atau aplikasi jahat lainnya, namun pastikan jaringan internet Anda dalam kondisi baik jika Anda mengupload file dalam ukuran yang cukup besar. Berikut ini adaah cara mendeteksi virus melalui layanan virus scanner yang dapat Anda pergunakan secara online tersebut:

1. BitDefender

BitDefender merupakan sebuah salah satu antivirus terkenal saat ini, BitDefender sendiri menyediakan layanan online virus scanner yang dapat dipergunakan untuk mendeteksi file atau yang Anda curgai sebagi aplikasi berbahaya. Anda dapat mengunjunginya pada link berikut.

2. F-Secure

F-secure menawarkan sebuah layanan untuk mendeteksi  file virus menggunakan ActiveX components. Kunjungi link berikut untuk info selengkapnya.

3. Panda Security

Panda security termasuk aplikasi antivirus terbaru, Panda Security juga menyediakan pendeteksian file secara online dari worm, virus, dan trojan.

4. Avast

Avast juga tidak ingin kalah, Avast juga menawarkan virus scanner secara online, dimana untuk masing-masing file Anda dapat melakukan upload  sebesar 512kb per filenya. Anda bisa mencobanya pada link berikut.

 

Baca juga :

               Penasaran Bagaimana Software Antivirus Bekerja? Ini Penjelasannya

               5 "True" Laptop Gaming dengan Harga yang Relatif Murah tapi Punya Spesifikasi Gahar

 

5. TrendMicro

TrenMicros ini mampu melakukan proses scan terhadap virus dan juga Malware. Dapatkan layanan dari TrendMcro pada link berikut.

6. Jotti-

Anda dapat pergunakan Jotti untuk melakukan scanning virus yang bersembunyi  dalam sebuah aplikasi. Klik disini untuk mencobanya.

7. ESET –

ESET mampu mendeteksi berbagai malware,  viruse, worms, Trojans, phishing, dan spyware. Dapat bekerjad dengan baik pada beberapa browser sepert pada  Internet Explorer,, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Safari.

8. Virustotal

Selain mampu untuk deteksi berbagai jenis virus dan malware, VirusTotal mampu mendeteksi link URL berbahaya pada sebuah situs website ataupun blog. Klik disini untuk mencobanya

9. VirSCAN

VirSCAN mampu mendeteksi sebuah file yang yelah dikompresi menggunakan WinRar maupun WinZip meskipun file tersebut ter-password. Silahkan klik disini untuk mengunjungi halaman resminya

10. VirusChief

VirusChief menawarkan sebuah layanan deteksi virus yang dapat Anda pergunakan sebagai sebuah mesin pencari untuk deteksi virus.

11. MetaScan

MetaScan dapat dipergunakan untuk deteksi virus, malware, menggunakan beberapa layanan antibirus seperti AVG, Avira, ESET, Norman dan lainnya secara cepat. Maksimum upload pada setiap  file yaitu sebesar 80 Mb. Silahkan kunjungi situs resminya berikut ini

Apakah Anda memiliki alternatif  layanan  virus scanner online lainnya yang dirasa lebih baik dari yang telah Plimbi sebutkan diatas ? silahkan beritahukan Plimbi dengan meninggalkan komentar dibawah ini. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel