Cara Menginstal WordPress Menggunakan Hosting

1 Jun 2012 11:30 4760 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aktivitas blogging dewasa ini merupakan menjadi suatu aktivitas rutin yang digemari oleh sebagian banyak orang. Bahkan ada yang menggunakan blog sebagai ladang bisnisnya. Salah satu *client* blog yang terkenal dan banyak digunakan oleh para blogger adalah WordPress. Selain karena disediakan secara gratis, alat ini sangat ...

Aktivitas blogging dewasa ini merupakan menjadi suatu aktivitas rutin yang digemari oleh sebagian banyak orang. Bahkan ada yang menggunakan blog sebagai ladang bisnisnya. Salah satu client blog yang terkenal dan banyak digunakan oleh para blogger adalah WordPress.

Selain karena disediakan secara gratis, alat ini sangat mudah untuk digunakan karena berbasis open source sehingga para pengguna WordPress tingkat lanjut bisa melakukan beberapa modifikasi pada WordPress-nya, selain itu WordPress pun bisa Anda gunakan sebagai multi user yang dimana satu blog WordPress bisa digunakan untuk beberapa pengguna, sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.

Dengan mengesampingkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh WordPress tersebut, Plimbi akan membahas tentang cara menginstal WordPress di hosting. Untuk cara menginstal WordPress di hosting sendiri, Anda akan membutuhkan auto installer untuk hosting cPanel. Terdapat beberapa auto installer yang bisa digunakan sebagai cara menginstal WordPress di hosting Anda, diantaranya Fantastico dan Softaculous. Auto installer ini memungkinkan Anda pengguna cPanel untuk melakukan instalasi dari puluhan aplikasi open source dengan mudah.

Berikut akan Plimbi tata cara menginstal WordPress menggunakan Fantastico:

  1. Langkah yang pertama, tentunya Anda harus masuk ke dalam akun cPanel hosting Anda dengan memasukkan username dan password Anda. Setelah Anda masuk ke dalam akun Anda, Anda kemudian akan berada pada Panel Home cPanel.
  2. Setelah Anda masuk ke dalam Panel Home, Anda masuk ke dalam kategori Software, kemudian klik pada menu Fantastico yang memiliki ikon topi kerucut.
  3. Klik software Fanstastico, dan pada panel navigasi yang berada tepat di sebelah kiri, Anda akan menemukan daftar program dan CMS yang bisa Anda install menggunakan software ini. Karena Anda menggunakan WordPress, maka Anda pilih WordPress pada kategori Blog yang dimana Anda dapat menemukan WordPress di barisan paling akhir.
  4. Klik WordPress dan Anda akan mendapati halaman instalasi WordPress. Klik link New Installation dan Anda akan dibawa menuju halaman pengaturan dasar WordPress yang akan diinstal.
  5. Pada kolom pertama Anda akan menemukan pilihan Install on Domain yang berisi domain untuk WordPress Anda. Jika Anda menginginkan WordPress Anda berjalan pada domain tersebut, maka Anda tinggal mengisikan kolom ini dengan Blog. Jika Anda tidak ingin menggunakan domain tersebut, maka Anda bisa meninggalkan kolom ini.
  6. Pada kolom nomor 2 Anda akan menemukan dialog box yang bertuliskan Admin acces data yang mengharuskan Anda mengisi username dan password Anda. Isi dengan benar kolom tersebut sesuai dengan apa yang diminta.
  7. Pada kolom nomor 3 Anda akan menemukan Base configuration yang berisikan konfigurasi dasar dari WordPress Anda.
  8. Setelah Anda selesai mengisi kolom di atas, maka cara menginstal WordPress selanjutnya adalah Anda tinggal klik Install WordPress yang nantinya proses instalasi akan berjalan secara langsung.
  9. Dan setelah beberapa saat melakukan instalasi, nantinya akan ada jendela notifikasi jika instalasi telah selesai, klik Finish Installation yang selanjutnya Anda telah bisa mengakses WordPress Anda menggunakan alamat domain yang telah Anda pilih.

Demikian tadi penjelasan cara menginstal WordPress menggunakan auto installer Fantastico. Selain menggunakan Fantastico, Anda juga bisa menggunakan Softaculous. Softaculous ini juga memiliki cara menginstal WordPress yang sama namun hanya berbeda pada tampilannya saja. Berikut akan kami ulas bagaimana cara menginstal WordPress menggunakan Softaculous:

  1. Langkah yang pertama, tentunya Anda harus masuk ke dalam akun cPanel hosting Anda dengan memasukkan username dan password Anda. Setelah Anda masuk ke dalam akun Anda, Anda kemudian akan berada pada Panel Home cPanel.
  2. Setelah Anda masuk ke dalam Panel Home, Anda masuk ke dalam kategori Software, kemudian klik pada menu Softaculous yang berada pada bagian paling akhir.
  3. Klik software Softaculous, dan pada panel navigasi yang berada tepat di sebelah kiri, Anda akan menemukan daftar program dan CMS yang bisa Anda install menggunakan software ini. Karena Anda menggunakan WordPress, maka Anda pilih WordPress pada kategori Blog yang dimana Anda dapat menemukan WordPress di barisan nomor lima.
  4. Setelah masuk ke dalam dashboard WordPress, selanjutnya Anda klik tab Install yang berada di bagian atas.
  5. Setelah Anda klik Instal, nantinya Anda akan mendapatkan kolom yang diantara lain berisi:
  • Choose Protocol: pada kolom berisi pengaturan tentang protokol yang ingin Anda gunakan untuk WordPress Anda.
  • Choose Domain: kolom ini memungkinkan Anda untuk memilih domain WordPress Anda.
  • In Directory: kolom ini memungkinkan Anda untuk menempatkan WordPress Anda domain lain. Namun jika Anda tidak berminat untuk menggunakan direktori ini, maka Anda bisa mengosongkannya.
  • Database Name: kolom ini berisikan nama database yang akan terbentuk pada hosting Anda.
  • Table Prefix: pada kolom ini Anda akan menemukan teks bertuliskan WP_. Maka biarkan teks ini jangan Anda lakukan perubahan.
  • Site Settings : kolom ini berisi tentang nama dan deskripsi blog Anda yang bisa Anda isi sesuai keinginan Anda.
  • Admin Account: pada kolom ini berisi tentang username dan password Anda.
  1. Setelah Anda mengisi beberapa kolom tersebut, cara menginstall WordPress yang terakhir adalah memilih Language atau bahasa yang terdapat pada bagian paling bawah.
  2. Klik Install, lalu biarkan proses instalasi selesai, hal ini tidak memakan waktu yang lama. Dan jika proses instalasi berhasil dijalankan, klik Finish Installation dan Anda bisa mengakses WordPress Anda yang telah diinstal menggunakan Softaculous.

Demikian tadi cara menginstal WordPress menggunakan auto installer. Semoga cara menginstal WordPress ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel