Jerry Yang Biografi Orang Sukses Sang Pendiri Raksasa Yahoo!

29 May 2013 12:00 3819 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika ada yang bertanya siapakah pendiri Yahoo!, mungkinkah semua orang dapat memberikan jawaban yang sama? Tentu ya, ia adalah si jenius Jerry Yang, cerita ini akan menjadi bagian dari Biografi Jerry Yang.

Biografi orang sukses Jerry Yang dimulai dari kelahirannya yang lahir pada tanggal 6 November 1968 di ibu kota Taiwan, Taipei. Ibunya kemudian memutuskan untuk mengajaknya pindah ke San Jose California ketika ia berumur 10 tahun. saat ia berusia 2 tahun, ayahnya meninggal. Sekalipun sempat merasa kesulitan karena ia tak mahir berbahasa Inggris. Kemauannya yang keras, ketekunan serta kejeniusannya, akhirnya membuat Jerry dapat sempurna menguasai bahasa Inggris dalam jangka waktu 3 tahun.

Dimana untuk memperlancar bahasa Inggrisnya, Jerry mengikuti Advance Placement English Class yang memang merupakan program pembelajaran bahasa Inggris setara universitas yang khusus diberikan untuk siswa SMU.

Pendidikan Jerry Yang

Nama aslinya adalah Yang Chih-Yuan, kepindahannya ke San Jose California-lah yang membuatnya memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Jerry Yang. Pada biografi orang suskes kali ini, Jerry Yang mengenyam pendidikan SMUnya di Piedmont Hills High School dan kemudian melanjutkan tingkat sarjananya di Stanford pada tahun 1990. Pada sekitar tahun 1993 ketika Jerry Yang menempuh pendidikan Ph.D di Eletrical Engineering Stanford University, ia berkenalan dengan seorang teman kampusnya.

Dialah David Filo yang kemudian membuatnya tertarik dengan beragam kegiatan di Internet. Ia bahkan menghabiskan banyak waktunya di depan komputer yang berimbas pada aktivitas belajarnya yang menjadi berantakan.

Jerry Yang dan David Filo lantas menjadi duo surfing karena memang mereka berdua semakin menggilai dunia surfing internet. Mereka rajin mengumpulkan beragam link-link situs serta membuat index dari situs-situs web yang mereka sukai. Aktifitas ini bahkan mereka lakukan di kampus mereka, Stanford University. Dalam biografi Jerry Yang, Aktifitas ini bahkan lebih menyita perhatian mereka dibandingkan disertasi program doktor yang sedang ditempuh oleh mereka.

Dari kumpulan link-link yang berhasil mereka kumpulkan itulah kemudian pada April 1994 mereka membuat sebuah situs yang berisi direktori situs-situs lain yang kemudian diberi nama Jerry's Guide to the World Wide Web. Seiring berjalannya waktu, situs ini kemudian berganti nama menjadi Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah YAHOO. Beberapa waktu setelahnya, Yahoo menjadi sangat terkenal baik di tingkat domestik maupun internasional.

 

Baca juga :

               Beberapa Aksi ‘Bunuh’ Produk Gagal di Pasaran Yang Dilakukan Marissa Mayer di Yahoo!

               Review Asus H170—Pro Gaming Motherboard

 

Awal Berdirinya Yahoo!

Awalnya Yahoo! dibentuk hanya untuk membantu mereka dalam mencari sesuatu di internet, dengan istilah search engine. Namun ternyata, pengunjung situs yang semakin banyak serta sambutan yang luar biasa dari para pengguna situs mereka. pada tahun 1994, situs tersebut sudah meraih rekor 1 juta pengunjung dalam setiap harinya. Maka tak heran jika jaringan komputer Stanford University menjadi terbebani traffic yang besar dikarenakan ulah mereka.

Dan pihak Universitaspun mengambil langkah tegas dan meminta mereka untuk menyewa hosting di luar Universitas agar bisnis baru mereka lebih leluasa perkembangannya. Kejadian tersebut lantas memacu mereka untuk kembali membuat gebrakan. Pada April 1995 mereka mendirikan Inc Yahoo!.

Yakni portal web dengan dukungan direktori web untuk menyediakan berbagai produk dan jasa online. Bahkan seiring perkembangannya yahoo menyediakan layanan pembuatan email gratis. Hal ini juga banyak disebutkan dalam biografi Jerry Yang.

Sekalipun biografi Jerry Yang memulai usahanya dari nol, ia bisa membuktikan pada dunia bahwa ia bisa sukses seperti sekarang ini dengan dukungan teman serta kerabatnya. Ditunjang dengan skill, kemampuan dan kecerdasan serta kejeniusannya, pada tahun 2008 nama Jerry Yang berhasil menduduki peringkat 524 pada daftar miliarder dunia versi Forbes dengan taksiran kekayaan bersihnya sebesar 2,3 miliar dolar.

Semua itu berhasil diraihnya ketika ia bekerja sebagai dewan direksi Yahoo, Cisco System, Yahoo! Jepang, dan Alibaba Group Holding Ltd. Selain itu ia juga menjadi dewan pengawas di stanford University. Universitas tempatnya menuntun ilmu. Dalam biografi Jerry Yang dan istrinya juga menyumbangkan uang sebesar 75.000.000 US dolar untuk pembangunan Universitasnya itu.

Istri Jerry Yang yang bernama Akiko Yamazaki, pertama kali bertemu dengannya pada tahun 1992. Ketika mereka bersama-sama mengikuti program dari Stanford University di Kyoto.  Akiko adalah seorang wanita keturunan Jepang yang kemudian besar di daerah Costa Rica. Setelah menikah dengan Jerry, Akiko lantas menjabat sebagai Board of Directos Of the Asian Pasific Fund, Cisco dan the Stanford University Biard of Trustees bersama dengan Jerry Yang, suaminya.

Saat ini Yahoo telah menjadi perusahaan besar di dunia yang fokus di bidang komunikasi, komersial dan juga media yang berbasis pada internet. Tercatat ada 232 juta pengguna yang menggunakan Yahoo untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap bulannya. Baik pengguna search engine, pengguna email gratis, bisnis online, penyewaan situs, bahkan portal resmi mereka.

Yahoo sendiri kini sudah berada di 25 lokasi diantaranya di benua Asia, Amerika Latin, Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan juga Kanada.  Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa dari sebuah awal sederhana yang ditorehkan oleh Jerry Yang dan David Filo. Biografi Jerry Yang sang penoreh tinta emas pada Yahoo.[ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel