Mengenal Jenis-Jenis Mouse Komputer dan Cara Merawatnya

30 May 2013 06:00 8964 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda termasuk pecinta teknologi dan sering berada didepan komputer?, namun sudah taukah Anda mengenai jenis dan juga hal lainnya mengenai mouse komputer yang sering Anda pegang dan pergunakan ? simak ulasan selengkapnya hanya di Plimbi.

Apa itu mouse? bagi sebagian orang yang kurang dekat dengan teknologi pasti akan berangggapan bahwa mouse adalah tikus, namun bagi orang-orang yang sudah terbiasa dekat dengan teknologi, jenis mouse yang satu ini merupakan sebuah alat input perangkat keras (hardware) pada komputer yang biasa digunakan untuk memasukkan perintah berupa pointer. Di antara Anda pasti ada yang bertanya, mengapa dinamakan “mouse”? Menurut sejarah alat koputer tersebut disebut “mouse” karena bentuknya hampir mirip dengan seekor tikus dan kabel pada mouse sendiri mirip ekor tikus.

Sejarah awal mouse komputer sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dengan bahan awalnya yang berbahan kayu dengan sebuah tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart mengenalkan mouse komputer yang dapat mengetahui letak posisi X-Y pada sebuah  layar komputer, mouse ini terkenal dengan nama X-Y Position Indicator. Mouse merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang bisa dikategorikan dalam beberapa besar Sama seperti halnya pada perangkat keras komputer lainnya, mouse komputer juga mempunyai banyak macam dan jenis, berikut ini jenis mouse yang layak Anda ketahui:

Mouse serial

Biasanya mouse jenis ini sudah jarang sekali dapat kita temukan dipasaran karena pada bagian konektornya menggunakan port serial yang ditancapkan pada motherboard, mouse ini juga biasanya khusus untuk digunakan pada komputer type AT atau komputer yang sudah “jadul”. Jenis Mouse ini biasanya menggunakan sejenis bola karet sebagai sensor penggerak yang ada dibawahnya, cara kerjanya sendiri yaitu dengan mendeteksi gerakan bola keatas dan kebawah dan menyentuh sensor x dan y.

Mouse PS/2

Jenis mouse ini sudah banyak beredar dipasaran, karena komputer maupun laptop yang tersedia sekarang  ini banyak yang menggunakan mouse dengan tipe port PS/2, Mouse PS/2 dipasang pada port PS/2 motherboard yang biasanya berwarna hijau.

 

Baca juga :

                Ini Baru yang Namanya Mouse Gaming! Review SteelSeries Rival 100 Dota 2

                Ingin Punya Perangkat VR Tanpa Harus Pakai Perangkat Tambahan? Samsung akan Membuatnya

 

Mouse USB/Mouse Optical

Mouse ini juga biasa sering kita temui pada komputer /laptop di perkantoran/sekolah maupun di rumahan. Kelebihan mouse optik jenis ini ada pada kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan mouse yang lain.  Cara kerja pada mouse optical yaitu dengan memanfaatkan sensor cahaya untuk mengendalikan setiap pergerakannya, sehingga para penggunanya akan lebih leluasa dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Mouse Wireless

Mouse ini dipergunakan untuk komputer modern yang mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal wifi. Mouse jenis ini sangat fleksibel karena tidak perlu menggunakan kabel. Mouse jenis ini masih sangat jarang dipakai karena harganya relatif lebih mahal dibandingkan mouse jenis yang lain. Pada mouse wireless tidak memperlukan kabel untuk bisa terhubung ke komputer/laptop, Mouse jenis ini menggunakan teknologi Bluetooth maupun frekuensi radio sebagai media penhubung ke komputer/laptop. Sedangkan cara kerjanya sendiri mirip dengan mouse optical. Sehingga Anda dapat mengendalikan komputer pada jarak/jangkauan tertentu.

Dampak Penggunaan Mouse komputer

Menggunakan mouse optical sangat berisiko tentu tidak semua namun hati-hati apabila anda menggunakan mouse optical dengan harga yang relatif murah sebab akan berdampak pada kesehatan kita karena pancaran dari radiasi mouse itu sendiri nah untuk mengetahui dampak dari radiasi mouse optical

Bahaya Efek Radiasi Mouse Optik.

Tanpa kita sadari jika lagi asyik dengan suatu pekerjaan kita didean komputer/laptop tentu akan lupa dengan hal-hal berbahaya yang dapat mengancam kesehatan,  mouse dalam perkembanganya kini menggunakan tehnologi yang cukup canggih yakni menggunakan optic sadarkah kita bahwa mouse optic dapat memberikan efek samping kepada penggunanya? dibalik kenyamanan menggunakan mouse optic tersebut ternyata membawa efek negatif bagi kesehatan penggunanya, sebab mouse optic dalam kinerjanya memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan lebih tinggi daripada frekuensi ponsel. Menurut pengamatan dari badan kesehatan dunia WHO, radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone, dan akan lebih berbahaya jika mouse optic dipegang terus-menerus oleh pengguna komputer dalam waktu yang lama.

Mouse optik berkualitas rendah yang ada di pasaran dapat  mepengaruh radiasi elektromagnetik akan lebih terasa jika di banding product yang berkualitas tinggi yang sudah di lengkapi pelindung (shield) pada bagian mouse optic guna melindungi pergelangan tangan dari efek radiasi.

Tips merawat mouse komputer agar awet dipergunakan

  1. Sebisa mungkin hindarkan mouse dari benda-benda cair/minuman
     
  2. Pastikan tangan Anda tidak basah, kotor, berminyak saat memegang mouse.
     
  3. Jangan menggunakan mouse untuk bermain game, hal tersebut bisa merusak bantalan mouse. gunakanlah joystick khusus game agar mouse lebih awet saat bermain game
     
  4. Jangan terlalu keras saat mengklik mouse
     
  5. Pakailah alas khusus mouse . Untuk mouse optik jangan memakai alas benda yang kasar
     
  6. Periksa kabel mouse, agar tidak dalam kondisi terjepit, hal tersebut dapat membuat kabel mouse cepat rusak
     
  7. Usahakan untuk membersihkan mouse minimal setiap satu bulan sekali menggunakan kain halus, cutton bud dan juga alkohol untuk menghilangkan debu yang menempel pada permukaan mouse Anda.

Nah, bagaimana? Apakah akan muncul generasi mouse dengan teknologi  dan jenis mouse yang lebih baik lagi nanti? kita tunggu saja. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel