David Karp, Orang Kaya Baru Setelah Akuisisi Tumblr Oleh Yahoo

29 May 2013 09:30 2607 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

David Karp resmi menjadi Orang Kaya Baru setelah situs buatannya; Tumblr diakuisisi oleh Yahoo senilai $1,1 Miliar atau lebih dari 10 triliun rupiah, wow!!

David Karp merupakan salah satu orang yang masuk dalam daftar orang kaya baru dengan usia yang masih cukup muda. Ia adalah milyader CEO Tumblr yang sukses. Namun, dibalik kesuksesan yang ia raih saat ini, banyak perjalanan panjang dan berliku yang tidak mudah untuk dilaluinya sehingga kesuksesan David Karp ini adalah pencapaian dari segala jerih payahnya selama ini.

Awal Karir

Sebelum menjadi orang kaya baru, David Karp muda sebenarnya tidak ada bedanya dengan  anak – anak yang sebaya dengannya. Ia menuruti nasehat ibunya dan akhirnya ia pun memutuskan untuk berhenti sekolah. Walaupun berhenti sekolah. Hal tersebut tidak membuatnya berhenti belajar. Ia kemudian lebih fokus menekuni minatnya di dunia komputer. Karena kegigihannya, David Karp saat ini telah menjelma menjadi orang kaya baru di dunia sekaligus sebagai CEO Tumblr. Ibu David Karp, Barbara Ackerman saat diwawancarai oleh The New York Times mengatakan bahwa saat anaknya masih sekolah, David di berada di sekolah sepanjang hari. Kemudian setelah pulang sekolah ia berada di depan komputernya sepanjang malam.

Pendidikan

“Aku melihatnya di sekolah sepanjang hari kemudian ia berkutat di depan komputernya,” ucap Barbara. Karena kasihan dengan rutinitas yang dijalani oleh putranya, maka akhirnya sang ibu dari orang kaya baru ini pun menyarankan nasihat kontroversial pada putranya yaitu menyuruhnya berhenti sekolah. David Karp pun harus putus sekolah. Namun, berhentinya David Carp dari sekolah ini bukan berarti ia sama sekali tidak tersentuh pendidikan karena sang ibu tetap memberinya home schooling atau pendidikan di luar sekolah dengan waktu dan jam yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan sekolah reguler yang meminta siswanya masuk tepat waktu dan pulang sesuai jadwal.

Bagi ibu David, ia sangat mengerti bahwa putranya memerlukan gairah dan ruang hidup yang lebih banyak untuk minatnya pada dunia komputer. “ Hal ini jelas bahwa David Karp memerlukan ruang dan gairah hidup lebih luas untuk minatnya. Semua hal – hal tentang komputer,” ucap ibunya. Pendidikan formal David Karp memang berhenti hanya sampai di sekolah menengah atas dan itu pun belum selesai. Namanya juga tidak pernah terdaftar di perguruan tinggi manapun. Akan tetapi, ia memiliki peranan yang besar dalam perusahaan yang ia rintis  (stratup) Tumblr hingga akhirnya ia menjadi orang kaya baru dengan kekayaan yang cukup fantastis.

 

Baca juga :

                5 Orang Terkaya di Industri Game Tahun 2015

                Inilah 7 Fakta Dibalik Perseteruan Antara Apple dan FBI

 

Puncak Kesuksesan

Yahoo! Kemarin secara resmi telah meminang Tumblr dengan harga yang sangat fantastis. Menurut informasi yang beredar, Marissa Mayer harus merogok kocek hingga USD 1,1 milyar atau sekitar Rp 10 trilyun. Padahal, Tumblr awalnya hanya diperkirakan laku pada angka USD 250 juta saja. Berkat kesuksesannya di Tumblr, David Karp saat ini telah bergabung ke dalam klub anak muda terkaya sebelum berusia 30 tahun sebagai orang kaya baru.

Selain dirinya, pengusaha muda kaya lainnya ada Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook dan Dennis Crowley pemilik Foursquare. Salah satu investor Tumblr, Bijan Sabet dalam testimoninya mengatakan bahwa ia pertama kali bertemu dengan orang kaya baru ini ketika Karp masih berusia 20 tahun. David saat itu mengenakan jeans dan sepatu kets. Saat itu, Sabet telah yakin bahwa Kerp nantinya akan menjadi pengusaha sukses dan hal itu kini telah terbukti saat David Kerp menjadi orang kaya baru di dunia.

Sejak berdiri pada tahun 2007, Tumblr yang dirintis oleh David Karp sangat dikagumi oleh berbagai pihak. Sang CEO, David Karp dikenal memiliki bakat desain dan pemrograman yang handal. Sebelum menjadi orang kaya baru dan saat putus sekolah Kerp melakukan perjalanan ke New York hingga ke Tokyo, Jepang. Sepulang dari Jepang, ia bekerja di UrbanBaby. Hanya dengan modal beberapa ratus ribu dollar Kerp kemudian mendirikan perusahaan sendiri yang ia namai Davidville. Salah satu pekerjaan yang digarap oleh perusahaan ini adalah Tumblr yang mengantar David Kerp menjadi orang kaya baru.

David Kerp muda dikenal sebagai orang yang agak tertutup, senang, dan lebih suka menyendiri. Kebiasaan David Kerp ini turut berpengaruh pada aktivitas kerjanya. Saat diwawancari dalam Konferensi Founders yang diselenggarakan di New York tahun lalu, orang kaya baru ini mengaku bahwa ia lebih senang datang ke kantornya lebih awal. Hal ini ia lakukan untuk menghindari orang lain. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel