Tips dan Trik Komputer: Cara Menutup Akses Program di Windows

24 May 2013 22:00 5437 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penggunaan komputer di zaman ini merupakan suatu hal yang sudah tidak tabu lagi, bahkan merupakan suatu kebutuhan di mana hampir tidak ada batasan usia dan strata untuk penggunaannya. Tips trik komputer nyatanya sangat diperlukan untuk Anda yang memang sehari-harinya menggunakan komputer. Memperbarui pengetahuan Anda tentang komputer dan segala pernak-perniknya tentu akan membantu aktivitas Anda.

Penggunaan komputer di zaman ini merupakan suatu hal yang sudah tidak tabu lagi, bahkan merupakan suatu kebutuhan di mana hampir tidak ada batasan usia dan strata untuk penggunaannya. Tips dan trik komputer nyatanya sangat diperlukan untuk Anda yang memang sehari-harinya menggunakan komputer. Memperbarui pengetahuan Anda tentang komputer dan segala pernak-perniknya tentu akan membantu aktivitas Anda.

Jika Anda adalah orangtua yang memiliki anak dan mulai mengenalkan komputer kepada anak, atau Anda adalah seorang pengusaha warnet/jasa rental computer, bahkan jika Anda adalah seorang pemilik komputer di mana penggunaan komputer yang Anda miliki sering dipinjam oleh orang lain mungkin tips dan trik komputer memblokir suatu program berikut ini akan sangat berguna.

Mengapa harus diblokir? Alasannya tentu bergantung kepada pribadi Anda masing-masing, bisa jadi program yang akan Anda blokir tersebut memiliki efek yang tidak baik bagi aktivitas komputer Anda jika penggunaannya oleh sembarang orang yang tidak mengerti seluk-beluk komputer. Tips dan trik komputer ini juga berguna bagi Anda yang memang hanya mengizinkan pengguna komputer tertentu untuk mengaksesnya.

Contohnya jika Anda seorang pemilik warnet, Anda tidak menginginkan pengguna menggunakan program komputer untuk design grafis karena memberikan efek berat bagi komputer tersebut. Atau Anda tidak ingin anak-anak Anda mengakses internet dengan menggunakan Google Chrome. Atau Anda tidak ingin teman-teman Anda menonton video di komputer Anda, Anda juga menginginkan program itu tetap berada di komputer jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Maka tips dan trik mengenai cara memblokir program ini tentu menjadi sangat Anda butuhkan. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Cara memblokir program komputer

  • Jika komputer Anda belum berada dalam keadaan on, Anda perlu untuk menyalakannya terlebih dahulu.
  • Pastikan dulu program apa saja yang ingin diblokir, apa alasannya dan pastikan bahwa Anda memiliki alasan yang tepat untuk memblokirnya.
  • Jalankan program run, caranya dengan menekan tombol Win + R.
  • Jika sudah muncul tampilan run, ketikkan gpedit.msc pada kolom isian yang tersedia lalu klik Ok.
  • Selanjutnya Anda akan melihat jendela baru yang tampil, yaitu jendela tampilan Group Policy Editor.
  • Tips selanjutnya adalah mengarahkan kursor pada User Configuration.
  • Klik pilihan User Configuration, cari pilihan Administrative templates di sebelah kiri Anda.
  • Akan muncul beberapa pilihan, pilih System.
  • Selanjutnya akan ada banyak pilihan yang tersedia. Anda tidak perlu bingung, untuk memblokir program ini langkah selanjutnya adalah memilih pilihan All Settings.
  • Pada pilihan tersebut muncul lebih banyak pilihan kembali untuk mengelola komputer Anda. Di sini Anda diminta untuk mencari pilihan Do'nt run specified Windows applications. Untuk memudahkan Anda mencari pilihan tersebut, Anda bisa menggunakan tombol D lalu double klik pada pilihan tersebut.
  • Di sinilah kunci untuk memblokir program yang Anda inginkan, sebab setelah Anda memilih pilihan Don't run specified Windows applications, Anda akan menemukan jendela baru yang akan muncul. Di jendela itulah Anda dapat mengatur spesifikasi program apa saja yang akan Anda blokir akses penggunaannya.
  • Ada 3 pilihan yang tersedia dalam jendela pengaturan yang baru muncul ini, namun untuk mulai mengaktifkannya Anda harus memilih pilihan Enable dengan cara klik tanda pilihan.
  • Ketika Anda telah memilih Enable, maka pada kolom Option akan ada tombol show yang muncul. Klik tombol tersebut untuk memasukkan pilihan program apa saja yang akan Anda blokir.
  • Akan muncul jendela Show Content, ketikkan nama program yang ingin Anda blokir. Ingat, nama program harus diketikkan lengkap dengan file executable-nya. Contoh: Google Chrome menjadi chrome.exe dan lain sebagainya.
  • Setelahnya, klik apply dan OK.
  • Selanjutnya Anda mulai bisa mendapati program tersebut tidak dapat diakses kembali. Tandanya, tips yang Anda lakukan sudah berjalan dengan benar.

 

Baca juga :

                Membuat Game Sekarang Tidak Butuh Kemampuan Programming

                Review Captain America : Civil War (No Spoiler) : Seru dan Menghibur

 

Cara membuka blokir program

Lalu bagaimana cara membuka blokir jika ternyata Anda kembali membutuhkan akses program tersebut? Mudah saja. Anda perlu untuk mengulang kembali cara-cara seperti di atas. Pastikan dulu program apa saja yang ingin Anda blokir. Apa alasannya, dan pastikan bahwa Anda memiliki alasan yang tepat untuk memblokirnya.

  • Jalankan program run, caranya dengan menekan tombol Win + R. Jika sudah muncul tampilan run, ketikkan gpedit.msc pada kolom isian yang tersedia lalu klik Ok.
  • Selanjutnya Anda akan melihat jendela baru yang tampil, yaitu jendela tampilan Group Policy Editor.
  • Tips selanjutnya adalah mengarahkan kursor pada User Configuration.
  • Klik pilihan User Configuration, cari pilihan Administrative templates di sebelah kiri.
  • Akan muncul beberapa pilihan, pilih System. Langkah selanjutnya adalah memilih pilihan All Settings.
  • Kembali cari pilihan Do'nt run specified Windows applications. Untuk memudahkan Anda mencari pilihan tersebut, Anda bisa menggunakan tombol D, double klik pada pilihan tersebut.
  • Setelah Anda memilih pilihan Don't run specified Windows applications, Anda akan menemukan jendela baru yang akan muncul. Nah, di jendela inilah Anda perlu mengganti pilihan Enable menjadi Not Configured.

Kembali pastikan program yang Anda inginkan sudah kembali dapat diakses. Jika ya, berarti Anda telah menjalankan tips ini dengan benar dan program dapat Anda akses kembali. Tips ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows XP, Windows 7 dan beberapa sistem operasi lainnya.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel