Raspberry Pi - Komputer Termurah dan Terkecil Khusus untuk Anak-anak

23 May 2012 14:00 8659 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pencapaian perangkat teknologi komputer saat ini dapat dikatakan sedang mencapai masa mengagumkan. Hampir setiap sisi kehidupan manusia saat ini sangat berpengaruh terhadap teknologi tersebut. Jika menilik kembali pada perjalanan komputer, mesin pengolah data sesuai perintah ini awalnya hanya dipergunakan untuk ...

Pencapaian perangkat teknologi komputer saat ini dapat dikatakan sedang mencapai masa mengagumkan. Hampir setiap sisi kehidupan manusia saat ini sangat berpengaruh terhadap teknologi tersebut. Jika menilik kembali pada perjalanan komputer, mesin pengolah data sesuai perintah ini awalnya hanya dipergunakan untuk kepentingan industri saja. Bahkan salah satu generasi komputer pertama yang dibangun oleh insinyur berkebangsaan Jerman, Konrad Zuse, diciptakan khusus untuk mendesain peluru kendali dan pesawat terbang. Munculnya industri "perang" saat itu memberikan kesempatan kepada para insinyur untuk terus mengembangkan kemajuan teknik komputer. Hingga generasi komputer saat ini, teknologi tersebut telah mengalami perluasan fungsi.

Sekarang hampir setiap orang dapat memiliki mesin tersebut secara pribadi. Dan kegunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai alat elektronik yang terdiri dari kumpulan komponen yang bekerja sama agar dapat mengolah dan menghasilkan informasi, saat ini perangkat komputer dapat Anda beli dengan berbagai varian harga. Salah satu perangkat yang diklaim sebagai komputer termurah adalah Raspberry Pi. Apa yang membuat komputer satu ini dijual dengan harga murah? Raspberry Pi merupakan komputer single-board yang dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation. Pengembang tersebut memiliki visi untuk merangsang cara pembelajaran ilmu pengetahuan berbasis komputer di sekolah. Komputer ini memilki desain berdasarkan Broadcom BCM2835 SoC. SoC atay System on Chip merupakan sirkuit yang telah terintegrasikan dengan seluruh komponen komputer atau sistem elektronik lainya ke dalam satu chip kecil. Komputer inipun telah dilengkapi dengan prosesor ARM1176JZF-S 700 MHz, RAM 256 MB, dan GPU VideoCore IV. Pada awalnya Anda pasti akan terkecoh bahwa alat ini digunakan sebagai perangkat komputer. Pasalnya perangkat komputer yang saat ini beredar di pasaran memiliki desain perangkat yang lebih besar dan dilengkapi dengan pelindung.

Namun, tidak seperti komputer pada umumnya, komputer kecil ini tidak dilengkapi dengan hard disk dan hanya mengandalkan kartu SD sebagai media penyimpanan data. Ide dibalik komputer kecil dan murah khusus untuk para anak dan remaja ini hadr dari kepala Eben Upton dan para kolegannya di Universitas Cambridge. Keprihatinan mereka terkait peningkatan kemampuan para murid dalam hal ilmu komputer. Apabila pada dekade 90-an banyak anak-anak yang tertarik dalam hal programming, pada dekade 2000-an fenomena tersebut berubah dengan ketertarikan ke arah desain web. Hal tersebut tentunya mengubah cara berinteraksi mereka dengan komputer. Beberapa masalah pembelajaran seperti penggunaan aplikasi Microsoft Word dan Excel dan lainnya untuk menunjang proses akademik mereka. Namun, mengikuti perkembangan teknologi komputer yang dipergunakan di sekolah saat ini, situasi tersebut dapat dikatakan menjadi kendala untuk sebagian murid. Upton beserta para koleganya telah mendesain beberapa versi komputer sejak tahun 2006 hingga 2008 dan menjadi perangkat bernama Raspberry Pi. Target yang mereka inginkan hanya satu, yakni setiap anak memiliki komputer yang murah ditangannya. Perusahaan pengembang komputer ini akan menjual dua model perangkatna tersebtu. Komputer tersebut akan disebut sebagai Model B dan Model A. Model B rencananya akan dirilis dengan harga sekitar $ 35. Sedangkan Model A seharga $ 25. Perbedaannya, Model B memiliki dua port USB dan juga kontroler 10/1000 RJ4 Ethernet port yang tidak akan dijumpai pada perangkat Model A. Ethernet port tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjangkau koneksi jaringan internet menggunakan USB Ethernet ataupun adapter WiFi. Dalam hal perangkat lunak, Raspberry Pi akan menggunakan sistem operasi dari Linux. Sebenarnya komputer Raspberry pertama memiliki kapasitas yang dibuat seperti halnya komputer kebanyakan. Namun, untuk menekan biaya produksi agar lebih murah, pihak pengembangkan komputer ini menggunakan hardware tanpa ada tambahan seperti halnya komputer yang berjalan pada perangkat mobile atau ponsel saat ini. Organisasi yang mereka dirikan, Raspberry Pi Foundation, hanya bereskpektasi menjual sekitar 10.000 komputer saja. Perangkat komputernya ini telah didekati oleh beberapa perusahaan komersil, museum, rumah sakit, dan lainnya untuk memasukkan komputer murah ini ke dalam sistem pelayanan mereka. Beberapa dari Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah komputer ini mampu menjalankan fitur yang biasa ditemukan pada komputer pada umumnya, sedangkan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet mampu memberikan alternatif yang lebih baik. Raspberry Pi sejatinya memiliki potensi agar dapat Anda bangun komputer sesuka hati dengan harga yang murah. Oleh sebab itu beberapa negara berkembang sangat tertarik menggunakan Raspberry Pi agar dapat memproduksi area yang tidak dapat disalurkan melalui perangkat PC saat ini. Dengan menggunakan komputer ini, Anda dapat membuat program tersendiri dimanapun.

Organisasi pengembang komputer ini hendak mematahkan paradigma yang berkembang saat ini bahwa tanpa mengeluarkan biaya yang banyak untuk perangkat PC, sebuah keluarga tidak dapat mengakses internet. Rencananya pihak pengembang komputer ini akan menanampkan perangkat yang mendukung sistem Fedora Linux sebagai inisial sistem dalam paket distribusinya. Raspberry Pi berukuran sekitar 85.60 x 53.98 mm dengan berat sebesar 45 gram. Maka tak salah jika komputer ini disebut sebagai salah satu komputer terkecil dan termurah saat ini. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel