Tips dan Trik Menggunakan Viddy, Aplikasi Video untuk Perangkat iOS

23 May 2012 11:00 3547 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti yang pernah Plimbi ulasan pada artikel sebelumnya, Viddy merupakan aplikasi video yang dapat digunakan pada perangkat iOS. Aplikasi ini disebut sebagai "Instagram versi video" karena kemampuan fitur social sharing dan banyak tambahan efek serta filter yang membuat hasil olahannya menjadi unik. Popularitasnya didongkrak pula karena ...

Seperti yang pernah Plimbi ulasan pada artikel sebelumnya, Viddy merupakan aplikasi video yang dapat digunakan pada perangkat iOS. Aplikasi ini disebut sebagai "Instagram versi video" karena kemampuan fitur social sharing dan banyak tambahan efek serta filter yang membuat hasil olahannya menjadi unik. Popularitasnya didongkrak pula karena pemberitaan yang menyebutkan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, merupakan salah satu pengguna Viddy atau kerap disebut sebagai Viddyographer ini. Di dalamnya Anda akan menemukan banyak fitur yang dapat diakses secara gratis. Dengan kemampuannya yang mumpuni, ada beberapa hal yang patut Anda cermati untuk mulai menggunakan aplikasi ini. Ikuti tips dan trik berikut ini.

  • Viddy telah dirilis pada bulan April kemarin dan dapat diunduh secara gratis untuk perangkat iOS melalui iTunes. Apabila Anda hendak menggunakannya, silahkan unduh di sini. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar, melakukan pengolahan, menambahkan efek dan juga membaginya ke jejaring sosial. Semua hal tersebut dapat dilakukan langsung dari aplikasi.

  • Setelah ter-install gunakanlah akun jejaring sosial Anda seperti Twitter atau Facebook untuk masuk ke dalam aplikasi. Selain itu, Andapun dapat menggunakan alamat email pribadi.

  • Setelah masuk menggunakan akun jejaring sosial Anda, aplikasi ini akan memberikan daftar teman-teman online Anda yang telah menggunakan Viddy. Melalui daftar tersebutlah Anda dapat memilih mengikuti mereka dengan menekan tombol "Follow." Hal ini dilakukan agar Anda dapat terus mengikut video-video yang dibuat mereka ataupun berbagi video yang telah Anda buat.

  • Selain mengikuti teman-teman yang telah menggunakan aplikasi video untuk iOS ini, Andapun dapat memilih fitur "Suggested Users." Di dalamnya Anda dapat mencari dan mengikuti pengguna dalam daftar "Popular" ataupun "Featured." Di dalam daftar popular berisi pengguna yang telah memiliki reputasi baik di mata pengguna lain.

  • Selain menggunakan fitur "Suggested Users" Anda dapat mencari kawan online dengan cara melakukan scanning daftar kontak yang berada di perangkat iOS. Masuklah ke dalam fitur "Find Friends" dan cari kontak melalui beberapa cara pencarian. Anda dapat melakukan scanning melalui daftar kontak, daftar kawan di dalam Twitter atau Facebook, ataupun mencarinya dengan cara mengetik nama.

  • Sementara proses pencarian teman sedang berlangsung, Anda dapat masuk ke dalam profil pengguna dengan cara menekan ikon yang berbentuk seperti kartu nama di bagian kanan bawah layar aplikasi ini. Di dalam fitur ini Anda dapat mengatur isi profil pengguna, termasuk juga mengganti avatar yang hendak digunakan.

  • Setelah Anda mendapatkan teman dan telah mengisi profil, Anda dapat mempersonalisasikan proses streaming di dalam Viddy. Fitur streaming ini digunakan agar dapat menontong video-video yang telah dibuat oleh orang yang Anda iikuti. Andapun dapat menyisipkan komen ataupun sekadar memberi kesan "Like" di dalam video tersebut. Cukup menekan ikon bergambar film di kiri bawah layar.

  • Untuk menambahkan kesan "Like," menyisipkan komentar, ataupun menambahkan video tersebut ke dalam daftar favorit dan menautkannya pada seseorang Anda dapat mengikuti hal berikut. Pilih ikon bergambar hati yang tersimpat di bagian bawah video untuk memberi kesan "Likes." Untuk menambahkan atau membaca komentar yang telah Ada, cukup menekan ikon bergambar gelembung bicara. Sedangkan untuk melihat tautan video, tekanlah ikon tag.

  • Aplikasi Viddy memberikan Anda opsi untuk membagi video dengan cara yang cepat. Jika Anda ingin berbagi video yang disukai, cukup menekan tombol "Share" berwarna hijau, maka video tersebut akan dibagikan melalui jejaring sosial yang terpilih.

  • Selain melalui akun jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, pengguna Viddy dapat memiliki opsi lainnya untuk saling berbagi. Masuklah ke dalam fitur "Advanced Sharing Options." Di dalam fitur berikon tanda plus tersebut Anda dapat memilih opsi sharing seperti Tumblr, bahkan bisa pula melalui SMS ataupun email.

  • Agar mendapatkan hasil video yang menarik, Anda dianjurkan untuk menjelajahi konten-konten yang terdapat di dalam aplikasi ini. Tekanlah ikon bergambar api yang akan membawa Anda pada opsi "What's Hot." Di dalam opsi tersebut Anda akan menemukan video-video yang sedang menjadi pembicaraan hangat penggunaan lainnya. Selain itu, opsi ini akan memberikan cukup banyak inspirasi untuk mulai merekam video dan mengolahnya.

  • Di dalam opsi ikon bergambar sosok tiga orang, Anda dapat melihat video yang dibuat oleh orang-orang yang telah diikuti, memberikan komentar, dan juga sugesti mengenai orang-orang yang dapat Anda iikuti. Sementara untuk mengetahui notifikasi yang masuk, terdapat ikon berbentuk persegi di bagian kanan atas layar.

  • Untuk mulai proses perekaman atau pengolahan video , tekan ikon bergambar lensa. Anda dapat memilih menggunakan kamera perangkat atau menggunakan koleksi video yang telah direkam sebelumnya. Jika ingin menggunakan kamera untuk merekam, pilihlah tombol perekaman berwarna merah di bagian bawah layar. Anda dapat mengubah kualitas resolusi video dari 480p hingga 720p. Jika memilih untuk menggunakan koleksi video Anda, pilihlah opsi "Video Library"

  • Perbandingannya dengan Instagram dapat dikatakan dikarenakan fitur efek dan filter yang serupa dengan aplikasi foto tersebut. Setelah melakukan proses perekaman menggunakan Viddy, Anda dapat menambahkan efek-efek spesial di dalam aplikasi ini. Ada beberapa efek yang dapat digunakan secara gratis. Setelah menambahkan efek, Anda dapat mengatur besara suara penggunaan audio atau musik. Untuk mendapatkan efek lainnya, tekanlah ikon "+More" yang akan membawa Anda ke dalam marketplace Viddy dimana Anda dapat mengunduh paket efek lainnya.

  • Jika sudah puas dengan proses pengolahan video tersebut, tekanlah tombol "next" dan masukkan judul serta deskripsi singkat mengenai video. Tekan "Post" untuk berbagi video Anda secara online. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel