Tips dan Trik Cara Backup Android Ke Komputer Windows

27 May 2013 15:00 23385 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketika kita mendengar nama Windows, maka kita akan merujuk pada suatu sistem operasi. Ya, dengan kepopulerannya, Windows telah merajai pasar sistem operasi untuk komputer, dan terus berkembang pada sistem operasi untuk mobile dengan tajuk Windows Phone. Adalah hal yang lumrah apabila kedua jenis sistem operasi Windows tersebut dihubungkan. Namun, pasar Windows Phone yang sangat kecil membuatnya hanya sedikit orang yang menggunakannya. 

Ketika kita mendengar nama Windows, maka kita akan merujuk pada suatu sistem operasi. Ya, dengan kepopulerannya, Windows telah merajai pasar sistem operasi untuk komputer, dan terus berkembang pada sistem operasi untuk mobile dengan tajuk Windows Phone. Adalah hal yang lumrah apabila kedua jenis sistem operasi Windows tersebut dihubungkan. Namun, pasar Windows Phone yang sangat kecil membuatnya hanya sedikit orang yang menggunakannya. Dengan pasar sistem operasi mobile yang didominasi oleh Android, tentu para pengguna Andoid akan merasa senang jika dapat menghubungkannya dengan sistem operasi yang mendominasi dunia komputer, tidak lain dan tidak bukan adalah Windows. Keduanya akan menjadikan suatu hubungan yang dahsyat. Data pada Android, bisa kita hubungkan pada Windows. Dengan ini, kita tidak akan khawatir jika suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada ponsel Android kita. Lalu, bagaimana cara backup Android ke komputer Windows?

Data pada ponsel Android yang kita miliki akan digunakan sewaktu-waktu. Oleh karena itu, kita tetap menyimpannya di ponsel. Namun, bisa saja hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada ponsel, seperti misalnya rusak atau tercuri. Kemampuan untuk mem-backup Android merupakan ide bagus untuk kita lakukan, dimana akan mengamankan data jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada ponsel. Dengan cara backup Android ke komputer Windows, maka Anda akan mendapatkan solusi mudah dalam mengamankan data-data penting Anda.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi gratis yaitu Carbon dari Google Play Store. Aplikasi ini akan bekerja dengan baik bagi setiap orang yang menggunakannya, dan setelah Anda selesai meng-install aplikasi ini, kemudian buka Carbon. Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan ponsel melalui USB ke komputer. Agar terhubung, Anda perlu meng-install program pada komputer. Untuk melakukannya, pergilah ke situs  ClockWork Mod (www.clockworkmod.com/carbon), yang populer sebagai pembuat ROM Android. Selain bekerja baik untuk Windows, program ini juga dapat Anda gunakan pada Mac dan Linux. Setelah semuanya ter-install dan dihubungkan, maka akan memakan waktu beberapa menit untuk menunggu agar program pada desktop dapat membaca aplikasi Carbon Android dan kemudian menghubungkannya langsung.

Anda mungkin akan melakukan backup untuk data-data penting pada ponsel Android. Pada aplikasi, Anda akan melihat pilihan App Data Only, dimana akan mem-backup aplikasi pada Android yang Anda pilih. Untuk memulainya, Anda akan diberi pemberitahuan yang bertuliskan apps selected for backup. Scroll dan pilih setiap aplikasi yang ingin Anda backup, dengan cara memberi tanda pada kotak yang telah disediakan. Jangan khawatir apabila Anda memiliki banyak apliaksi. Cara mudahnya, Anda dapat memilih opsi Select All.

 

Baca juga :

               Hati-Hatilah Bagi yang Suka Buka Situs Porno Lewat Android

               5 Series Laptop Gaming Besutan Acer di Tahun 2016

 

Setelah itu, Anda dapat tap pada tombol Backup untuk memulai proses. Di sini, Anda juga akan memiliki pilihan untuk backup ke layanan komputasi awan seperti Dropbox dan Google Drive. Namun, untuk fitur ini, Anda butuh upgrade ke versi Premium dari Carbon. Namun, untuk versi gratis, cara termudah dan tersimpel adalah dengan menggunakan USB. Anda dapat mem-backup dan me-restore data ke komputer. Dengan ini, apabila Anda mengalami kesialan, misalnya ponsel hilang atau dicuri, maka setidaknya data pada ponsel tidak akan hilang sepenuhnya, karena Anda telah men-backup-nya. Untuk memulai backup ini, Anda dapat tap pada Settings yang berada di sebelah kanan atas layar Android dan tap pada PC Download. Aktifitas ini akan memberikan Anda sebuah server dan menyediakan Anda alamat untuk dimasukkan pada bar URL di browser. Setelah Anda membuka alamat tersebut pada browser, Anda kan diberi pemberitahuan untuk memilih opsi backup dan restore. Di sisi kanan layar, Anda dapat memilih semua aplikasi atau memilih aplikasi yang spesifik, dan kemudian pilih Start Backup.

Akhirnya, Anda telah dapat menghubungkan anatar perangkat Android dengan komputer Windows. Carbon dapat Anda gunakan secara gratis, melalui perangkat Android dengan versi 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. Penggunaannya yang mudah, akan membuat cara backup Android Anda menjadi lebih simpel. Selain itu, ada berbagai opsi dalam melakukan backup. Dengan ini, apabila sewaktu-waktu device Anda hilang atau Anda akan berganti device, maka Carbon akan senantiasa membantu Anda. Aplikasi ini dapat diunduh di sini. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel