Pengertian Teknologi Informasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan Bermasyarakat

21 May 2012 14:30 5174 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Secara umum, pengertian informasi menurut para ahli adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yang berupa pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau masa yang akan datang.

Dalam kehidupan bermasyarakat, Anda tidak akan pernah lepas dari sebuah informasi. Informasi yang ada di masyarakat sangat penting untuk dapat membantu Anda dalam bersosialisasi dan bermasyarakat. Jika Anda tidak mengetahui informasi terbaru yang beredar di dalam masyarakat, maka Anda akan sedikit kesulitan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Informasi dapat dikatakan baik apabila benar-benar berasal dari sumber yang tepat dengan waktu yang tepat pula. Jika informasi tersebut tidak jelas berasal dari mana, maka dapat dikatakan informasi tersebut palsu.

Secara umum, pengertian informasi menurut para ahli adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yang berupa pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau masa yang akan datang. Sedangkan pengertian teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Jadi, teknologi informasi meliputi hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Perkembangan teknologi informasi dapat terjadi karena adanya perkembangan dalam teknologi komunikasi. Kedua aspek ini tidak dapat dipisahkan. Dengan adanya komunikasi, maka informasi pun akan dapat tersampaikan. Apalagi jika media penyampaian informasi tersebut berasal dari teknologi komunikasi seperti televisi, internet, handphone, komputer, dan lainnya, maka dapat dikatakan informasi tersebut akan beredar dengan sangat cepat dan akurat. Saat ini teknologi informasi dan teknologi komunikasi sudah sangat berperan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Teknologi informasi yang sudah ada di Indonesia sudah banyak terasa dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia, misalnya dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan sendiri teknologi informasi dapat diartikan sebagai suatu tahap pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa atau mahasiswa baik untuk bergaul atau bersosialisasi dengan teman, dengan pengajar dan dengan masyarakat. Bahkan teknologi informasi juga dapat digunakan oleh para pelajar untuk mencari informasi penting lain yang tidak diajarkan oleh pengajar.

Dewasa ini, siswa dan mahasiswa dituntut untuk lebih aktif lagi dalam mencari informasi tentang pelajaran mereka. Guru dan dosen yang mengajar hanya memberikan garis besar mengenai mata pelajaran atau mata kuliah tersebut. Selanjutnya mereka lah yang akan mencari informasi tersebut di luar dari materi yang diberikan oleh para pengajar.

Dalam bidang kedokteran, pengertian teknologi informasi dapat pula dikatakan sebagai suatu alat bantu yang dapat memberikan informasi yang tepat mengenai dunia kesehatan baik itu hal yang berhubungan dengan penyakit, bagaimana menjaga tubuh dengan baik, ataupun lainnya. Teknologi informasi dalam bidang kedokteran akan sangat membantu para dokter untuk dapat menganalisa dan mengenali penyakit sejak dini, sehingga akan dapat menemukan jalan keluar terbaik bagi pasien yang menderita penyakit tersebut. Jika penyakit tersebut sudah berhasil diketahui dengan pasti informasinya, maka sudah dipastikan akan menyelamatkan hidup dari beberapa orang.

Itulah sepintas penjelasan mengenai perkembangan dan pengertian teknologi informasi khususnya yang berkembang di Indonesia, semoga bermanfaat. [FT]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel