Cara Meningkatkan Performa Game Untuk Prosesor AMD A10-5800K

27 May 2013 09:00 9501 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ingin tahu Cara Meningkatkan Performa Game prosesor komputer Anda? Nih ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna mendongkrak performa gaming terutama prosesor A10-5800K

Bagi para gamer, prosesor pada sebuah komputer sangatlah berharga. Para gamers biasanya menggunakan komputernya secara berlebihan bahkan melebihi batas kemampuan dari prosesor tersebut. Kemampuan prosesor yang handal dan tangguh coba ditawarkan AMD di seri Procesor AMD A10-5800K. Prosesor ini memberikan kinerja dan kemampuan yang lebih baik dan lebih irit daya. Sayangnya, performa prosesor ini seringkali tidak bekerja secara maksimal. Untungnya, masih ada cara meningkatkan performa game, Bagi Anda yang menggunakan prosesor ini.

Prosesor AMD ini sangat cocok bagi Anda yang gemar game online bahkan game modern dengan memori yang berat. Sesungguhnya, performa prosesor ini sudah memiliki performa yang luar biasa. Kinerja prosesor ini disokong oleh kartu grafis AMD Radeon HD 7660D. Kartu grafis ini, cukup untuk menjalankan game dengan resolusi 1280x720 piksel dengan detail yang bagus. Namun, untuk masalah game, prosesor ini masih membutuhkan pertolongan khususnya dengan cara meningkatkan performa game yang membutuhkan memori lebih.

Satu hal yang sering dilupakan para gamers ialah melakukan setting pada prosesor. Kebanyakan para gamer hanya bisa langsung menggunakan komputer untuk bermain game. Padahal untuk beberapa prosesor seperti procesor AMD A10-5800K, settingan standart bawaan pabrik belumlah optimal. Untuk itulah perlu melakukan sedikit perubahan settingan dalam cara meningkatkan performa game yang menggunakan prosesor ini.

Berikut cara meningkatkan performa game yang dapat diterapkan di prosesor ini?

Jalankan Memori dengan mode Dual-Channel

Setelah diselidiki, banyak para pengguna komputer yang tidak merubah settingan awal sehingga kinerja prosesor pun tidak optimal. Bagi Anda pengguna prosesor AMD, sebaiknya Anda memilih mode dual-channel untuk settingan memori. Anda sebaiknya jangan menggunakan mode Singel-channel pada settingan memori karena, settingan ini akan mengakibatkan kehilangan kinerja graphis sebesar 40%.bahkan bisa lebih.

Setelah memahami akan mode dual-channel, Anda harus mulai memahami konfigurasi memori yang tepat sebagai cara meningkatkan performa game. Satu yang menjadi kendala dalam mengatur memori untuk meningkatkan performa ialah harga satu keping memori yang mahal.  Anda dapat mengakali hal tersebut dengan membeli memori yang tepat.

 Jangan terpaku pada besarnya memori sebagai cara meningkatkan performa game. Karena konfigurasi yang benar bukan mengacu pada besarnya memori. Anda sebaiknya jangan memasang hanya 1 keping memori pada 1 slot single channel. Sekali lagi jangan memasang 1 keping memori saja meskipun memori tersebut berukuran besar.  Anda cukup menjalankan memori dengan mode dual-channel. Anda mengisi dua slot memori pada mode dual-channel.

Meskipun sepele, perbedaan bisa sangat jauh dirasakan dibanding menggunakan 2 keping RAM yang sama ukurannya di dua slot mode dual-channel. Anda juga akan merasakan perubahan pada segi grafis ketika melakukan settingan memori dual-channel ini.

Cek terlebih dahulu, apakah motherboard Anda bisa menggunakan mode dual-channel? Jika ya, cara meningkatkan performa game di atas bisa mulai Anda praktekkan.

 

Baca juga :

               Review Asus ROG G752, Mesin Garang untuk Gamer

               Sub-Brand Huawei bernama Honor, Siap Merilis Smartphone Honor Terbarunya

 

Pilih modul memori dengan kecepatan setidaknya DDR3-1600

Perbedaan harga antar keping RAM sudah tidak jauh berbeda. Untuk menemani prosesor AMD ini bekerja, ada dua tipe RAM yang dapat Anda pilih yaitu DDR3-1333 dan DDR3-1600. Tentu saja performa yang dihasilkan ketika menggunakan 2 keping RAM tersebut berbeda. Bahkan disinyalir memiliki perbedaan 10% hingga lebih. DDR3-1600 ternyata memberikan performa yang lebih baik untuk cara meningkatkan performa game.

Dalam tips  cara meningkatkan performa game, setelah memilih RAM yang tepat, sekarang Anda wajib melakukan konfigurasi setting di Bios.  Cek kembali kecepatan RAM di Bios. Pastikan bahwa RAM DDR3-1600 yang sudah Anda pasang berjalan dengan baik. Terkadang jika Anda tidak melakukan pengecekan konfigurasi di Bios dan membiarkan konfigurasi Automatis berkerja, kecepatan RAM Anda tidak berjalan maksimal. RAM DDR3-1600 milik Anda akan berjalan pada kecepatan DDR3-1333. Sekali lagi, cek kembali konfigurasi bios Anda.

Bagi Anda yang masih kurang puas dengan performa prosesor setelah melakukan semua tips diatas. Anda dapat mencoba menggunakan software overclocking bernama AMD overdrive. Dengan software ini Anda dapat memaksa secara maksimal kinerja processor, memory dan grafis. Tapi ingat, menggunakan software ini untuk overclocking menanggung resiko tersendiri. Bagi Anda yang masih ragu dan saying pada computer Anda, sebaiknya tidak mencoba hal ini. Demikian tips cara meningkatkan performa game untuk Prosesor AMD trinity. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel