Opera Browser - Browser Terbaik yang Layak Anda Gunakan pada Komputer Anda

10 May 2012 12:30 3522 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini browser Opera sudah memasuki versi terbaru yaitu versi Opera Browser 11.62. Browser Opera terbaru dapat dikatakan merupakan salah satu browser internet yang memiliki fitur lengkap, seperti ...

Saat ini, sudah banyak browser web yang dapat membantu Anda untuk membuka website melalui komputer. Salah satu dari sekian banyak browser web itu bernama Opera browser. Web browser Opera dibuat oleh perusahaan Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Browser ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi Operating System seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Saat ini browser Opera sudah memasuki versi terbaru yaitu versi Opera Browser 11.62. Browser Opera terbaru dapat dikatakan merupakan salah satu browser internet yang memiliki fitur lengkap, seperti pop-up, tab browsing, pencarian terintegrasi, dan fungsi lain seperti program e-mail terobosan, RSS Newsfeeds dan IRC chat. Semua fitur ini sudah tersedia secara gratis dari browser Opera saat Anda menggunakannya.

Meskipun memiliki banyak keuntungan atau kelebihan, browser Opera untuk komputer ini dapat dikatakan jarang digunakan pada komputer pribadi atau bahkan area perkantoran dan warnet di seluruh dunia. Opera Browser Versi 11.62 ini hanya mendapatkan sebagian kecil dari pangsa pasar karena dianggap kalah bersaing dengan browser web lainnya. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, smartphone dan personal digital assistant karena penggunaannya yang tergolong mudah digunakan pada perangkat mobile. Beberapa fitur yang ditawarkan dalam Opera Browser 2012 Versi 11.62 ini antara lain:

1. Speed Dial. Fitur ini dapat Anda temukan di beberapa browser lain. Dalam penggunaan speed dial ini, Anda dapat melakukan kunjungan kepada situs web favorit Anda hanya dengan satu kali melakukan klik. Namun sebelum menggunakan speed dial, Anda harus mengatur lebih dulu situs web apa yang akan anda masukkan pada fitur speed dial ini supaya begitu Anda melakukan klik pada speed dial, Anda lamgsung tertuju pada alamat web yang telah Anda simpan.

2. Cari Cara pintas. Dalam fitur ini, Anda dapat melakukan pencarian dengan lebih cepat ke alamat web (address bar) pada jendela browser Opera Anda.

3. Thrash Can. Fitur *thrash can* ini dapat membantu Anda untuk membuka kembali tab lama yang telah Anda tutup sebelumnya. Kira-kira fungsi *thrash can* ini hampir sama dengan fitur history pada browser lain.

4. Mouse Gestures. Fitur yang satu ini menawarkan kelebihan yang cukup unik dibandingkan dengan browser lain. Dengan menggunakan mouse gestures, Anda dapat melakukan navigasi web hanya dengan menggunakan mouse Anda.

5. Opera Link. Dalam fitur opera link ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk melakukan sinkronisasi data online pilihan Anda, atau bisa juga antara komputer ke perangkat yang berbeda seperti *ponsel*, smartphone, dan lainnya.

6. Quick Find. Fitur quick find dari browser Opera ini tidak hanya melakukan pencarian judul dan alamat web dengan cepat, tetapi juga konten yang sebenarnya dari halaman web yang Anda kunjungi. Fitur ini dapat membantu Anda untuk menghindari kejahatan-kejahatan yang terjadi dalam dunia internet karena Anda dapat melihat konten asli dari alamat web yang Anda kunjungi.

7. Pakan Pratinjau. Pada fitur pakan pratinjau ini, Anda dapat melihat beberapa kolom layout yang ada dengan cara melakukan klik pada ikon feed yang tersedia.

8. Pencarian Web Cepat dan disesuaikan. Sesuai dengan nama fitur yang ditawarkan ini, dalam pencarian web cepat ini Anda dipastikan akan mendapatkan akses secara langsung dan cepat ke Google, eBay, Amazon, dan yang lainnya dengan cara masuk ke dalam kolom pencarian yang berada di pojok kanan atas dari browser web Opera Anda. Anda hanya tinggal melakukan pencarian tersebut tanpa harus membuka alamat muka (halaman utama) situs web Google dan yang lainnya terlebih dahulu.

Selain beberapa fitur di atas, fitur menarik lainnya dari browser Opera untuk komputer ini adalah penggunaan Opera Turbo, perbaikan crash maupun bug dengan visibilitas tinggi, akses internet yang lebih aman karena telah melalui tahap pengujian terlebih dahulu, dan adanya beberapa tambahan bahasa internasional yang telah diperbaharui. Opera browser ini dapat digunakan pada Windows XP, Windows Vista, maupun Windows 7. Browser Opera ini hanya berukuran sekitar 10.1 MB dan jika Anda ingin mencoba menggunakan Browser Opera untuk kumputer ini, Anda dapat mendownloadnya di halaman situs resmi Opera di sini. [FT]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel