Tips Merawat Baterai Laptop Windows 8 Agar Tahan Lebih Lama

24 May 2013 07:00 6350 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Windows 8 sangat cocok untuk perangkat generasi terbaru yang mengusung kaca sentuh. Yang mana ini berarti anda akan menggunakan perangkat mobile anda lebih lama dari sebelumnya, dan perlu daya tahan baterai yang lebih lama pula.

Windows 8 sangat cocok untuk perangkat generasi terbaru yang mengusung kaca sentuh. Yang mana ini berarti Anda akan menggunakan perangkat mobile Anda lebih lama dari sebelumnya, dan perlu daya tahan baterai yang lebih lama pula. Untuk mengatasi hal ini, Plimbi memiliki tips merawat baterai laptop agar perangkat mobile Anda ini dapat bertahan lebih lama dari sebelumnya. Tips merawat baterai laptop ini sangatlah mudah untuk dilakukan dan dikonfigurasikan. Tanpa menunggu lama, mari kita mulai!

Periksa Baterai Anda

Tips merawat baterai laptop yang pertama sangatlah mudah. Windows 8 membuat para penggunanya mudah untuk mengawasi baterai, tidak peduli bagian mana dari sistem operasi tersebut yang Anda gunakan. Tempat pertama untuk melihat baterai Anda adalah pada Lock screen, yang menampilkan kapasitas baterai Anda  yang tersisa bersama dengan waktu dan tanggal. Jika Anda menggunakan layar Start, Anda dapat melihat status baterai dengan menjentikkan sisi kanan layar untuk mengakses Charms bar. Jika Anda berada di desktop, Anda bisa melihatnya di Taskbar.

Menyesuaikan Kecerahan Layar

Layar perangkat mobile seperti laptop menggunakan banyak daya, jadi salah satu cara cepat untuk memperpanjang umur baterai dan memperpanjang daya tahan baterai Anda adalah mengubah tingkat kecerahan layar. Untuk melakukan hal ini, tampilkan Charms bar dan pilih 'Settings' charm. Klik atau sentuh 'Screen' dan bar draggable muncul, di mana Anda dapat dengan cepat menyesuaikan kecerahan layar. Ini juga berguna jika Anda bekerja di tingkat cahaya rendah.

 

Baca juga :

               Masih Pakai Windows 8? Coba Trik Rahasia ini

               Profesi Unik Di Era Modern

 

Menyesuaikan Pengaturan Pusat

Windows Mobility Center dirancang untuk membuat mudah untuk mengubah pengaturan komputer secara langsung dan merupakan alat yang hebat untuk mengoptimalkan perangkat Windows 8. Untuk mengakses menu ini, anda bisa langsung pergi ke Start dan pilih 'Settings'. Klik pada 'Windows Mobility Center' untuk membuka program. Dari sini Anda dapat mengubah sejumlah pengaturan yang akan membantu memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda.

Mute Volume

Ini mungkin bukan hal yang paling jelas untuk dilakukan, tetapi Anda dapat membuat perbedaan besar untuk masa pakai baterai laptop atau tablet jika Anda mengatur rendah penggunaan volume di dalam laptop atau baterai anda, atau lebih baik ketika anda mengatur volume perangkat anda dalam keadaan mute  ketika Anda tidak mendengarkan musik atau menonton video. Ini berarti bahwa daya baterai yang berharga tidak akan digunakan hingga anda mengaktifkan volume untuk kebutuhan anda dalam menonton video atau mendengarkan musik.

Ubah Power Settings

Windows Mobility Center memungkinkan Anda mengubah pengaturan daya laptop Anda dengan cepat dan mudah. Pilihan default yang terdapat pada jendela pengaturan ini adalah 'Balanced', 'Power saver' dan 'Balanced', 'Power saver'. 'Power saver' tweak pengaturan untuk hidup baterai yang lebih lama, namun dengan performa yang rendah ketika menyinggung tentang masalah performa. 'Balanced' plan akan menurunkan performa hanya ketika Anda tidak melihat perbedaan.

Advanced Power Settings

Anda dapat men-tweak pengaturan daya dengan pergi ke layar Start dan ketik Power. Pilih 'Settings' dan kemudian  'Choose a power plan'. Pilih power plan ang akan diedit, kemudian pilih 'Change plan settings'. Anda kemudian dapat mengubah berbagai pengaturan, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk layar meredup pada saat tidak digunakan, atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk laptop untuk pergi ke mode Sleep.

Membuat Rencana Power Plan Anda Sendiri

Dari jendela Power Options yang anda buka di langkah ke enam, anda juga bisa membuat rencana power plan anda sendiri untuk menyeseuaikan dengan spesifikasi kebutuhan anda. Pilih 'Create a power plan' di sisi kiri window, lalu pilih power plan untuk digunakan sebagai dasar anda untuk membuat power plan baru anda. Masukkan nama power plan baru anda, kemudian pilih 'Next'. Sekarang Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda. Setelah selesai, klik atau sentuh 'Create'.

More advanced settings

Anda dapat mengakses pengaturan lebih dari power setting jika anda menggali lebih dalam ke dalam Windows 8 anda. Dari jendela Power Options, klik atau tekan 'Change plan settings' yang berada tepat di samping plan, kemudian pilih 'Change advanced power settings'. Dari sini Anda dapat mengubah pengaturan yang menentukan kapan untuk mematikan hard drive Anda, bagaimana port USB yang digunakan dan banyak lagi.           

Matikan Wireless

Jika Anda menggunakan perangkat Anda dalam jaringan nirkabel, Anda dapat menonaktifkan Wi-Fi untuk menghemat daya baterai Anda. Untuk melakukannya, anda hanya perlu pergi ke Charms bar Windows 8 dengan menggesekkan dari sisi kanan layar. Sekarang klik 'Settings', kemudian 'Change PC settings'. Klik atau sentuh 'Wireless' dan kemudian ubah 'Wi-Fi' ke posisi 'Off'.

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda akan melihat peningkatan nyata pada daya tahan baterai Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel