Tips Trik Fotografi: Memotret Hewan Peliharaan

25 May 2013 16:00 3442 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika anda belum pernah merasakan pengalaman nikmatnya memiliki hewan peliharaan, maka anda kehilangan salah satu kesenangan hidup yang sederhana. Memang memiliki hewan peliharaan bukanlah sepenuhnya pengalaman yang positif, terutama ketika mereka meninggal.

Jika anda belum pernah merasakan pengalaman nikmatnya memiliki hewan peliharaan, maka anda kehilangan salah satu kesenangan hidup yang sederhana. Memang memiliki hewan peliharaan bukanlah sepenuhnya pengalaman yang positif, terutama ketika mereka meninggal. Namun memiliki hewan peliharaan lebih banyak nilai positifnya daripada nilai negatif. Apalagi jika anda merasa memilih hewan yang sesuai dengan kepribadian anda.

Hewan memberikan pelajaran besar bagi fotografer, baik profesional dan amatir. Mereka tidak terduga, sibuk, dan selalu ingin tahu. Sama seperti anak-anak, pada kenyataannya. Mungkin anda telah mengetahui banyak tips trik fotografi anak-anak yang menakjubkan, sekarang saatnya untuk mengalihkan perhatian kepada teman-teman berbulu kita ini.

Jika anda suka kucing, anda bisa memanfaatkannya sebagai objek foto anda. Namun sebenarnya tips trik fotografi ini berlaku bagi semua hewan peliharaan, apapun spesiesnya.

Dekat dan Personal

Tetap pegang kamera atau smartphone di genggaman anda setiap saat. Hewan peliharaan biasanya tidak terduga, dan anda tidak pernah mengetahui kapan mereka akan melakukan sesuatu atau bertindak.

Sadarilah bahwa anda lebih mungkin mendapatkan hasil foto yang bagus dari hewan peliharaan anda sendiri daripada milik orang lain. Mereka mengenal anda, mereka mempercayai anda, mereka bahkan mungkin menyukai anda, jika anda dapat menangkap sentimen tersebut kepada hewan.

Habiskan waktu dengan hewan peliharaan anda. Ketahui cara membaca perasaan mereka. Akan ada saat-saat ketika hewan peliharaan anda senang difoto, namun ada kalanya punya mereka lebih tertarik ditinggalkan sendirian. Ambillah pelajaran dari suasana hati tersebut.

Natural itu Bagus

Jika anda memotret manusia, anda bisa memberitahunya ketika seseorang mencoba terlalu keras untuk terlihat baik ketika tombol shutter di tekan. Jika terlihat buruk ketika manusia melakukannya, ini juga akan terlihat buruk ketika hewan melakukannya.

Memotret hewan peliharaan anda di lingkungan alaminya adalah lebih baik daripada mendandani mereka dan meletakkannya di tempat tertentu. Anda bisa mengikuti mereka ketika sedang berburu, tidur, atau melakukan apapun ketika kita tidak memintanya.

Aturan ini juga berlaku untuk kepribadian. Cobalah untuk menangkap esensi dari hewan peliharaan anda. Jika kucing anda galah, maka tangkaplah itu. Jika anjing anda enerjik, maka ambillah gambar yang menunjukkan hal tersebut. Ini akan menjadi foto yang khas dari hewan peliharaan anda.

 

Baca juga :

               Tips Memotret di Museum Sebagai Pengisi Liburan dan Wisata Belajar

               Cara Enkripsi Android dan Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

 

Pada Tingkat Mereka

Hubungan yang kita bagi dengan hewan peliharaan kita sering tidak sama. Kita bertanggung jawab, kita adalah tuan mereka, kita merawat kebutuhan dasar mereka. Tapi ada juga sebagian orang yang memandang rendah hewan peliharaan mereka.

Sebagian besar hewan peliharaan dalam negeri jauh lebih kecil dari kita. Cobalah untuk beralih dari perspektif ini ketika mengambil foto-foto hewan peliharaan anda. Anda bisa berada di posisi yang sejajar dengan mereka dan membuat hewan peliharaan anda merasa seperti bintang dalam sebuah pertunjukan.

Hal ini tidak hanya akan menghadiahi anda sudut yang menarik, namun hewan peliharaan anda juga akan merespon dengan baik dan menjadi jinak.

Cahaya = Baik, Flash = Buruk

Mendapatkan pencahayaan yang tepat adalah hal penting ketika mengambil foto hewan peliharaan. Semakin alami lebih baik, jadi ambillah gambar pada siang hari dengan cahaya penuh. Jika anda mengambil gambar di malam hari, maka gunakan pencahayaan buatan untuk menciptakan suasana nyaman bagi hewan peliharaan anda.

Lalu ada flash, yang harus digunakan dengan hemat, jika diperlukan. Menggunakan flash akan menghasilkan dua hal. Pertama, hewan peliharaan anda akan ketakutan atau kebutaan sementara. Maka penggunaan flash tidak dianjurkan.

Trik

Jika anda menginginkan hewan peliharaan anda berperilaku bukan secara alami, ada berbagai cara untuk membuat hal ini. Menggunakan hadiah adalah salah satu contoh, dengan memperlakukan mereka seperti ini seringkali bisa meluluhkan hewan peliharaan anda.

Anda juga dapat menggunakan orang kedua untuk menarik perhatian hewan peliharaan anda untuk mendapatkan gambar tertentu. Anda juga bisa melemparkan mainan favoritnya untuk menangkap gambar yang bagus.

Kesabaran Adalah Hal Utama

Bahkan jika anda mengikuti tips dan trik di atas, anda masih harus sangat sabar jika anda ingin mengambil foto hewan peliharaan anda, dan membuat hal yang biasa menjadi luar biasa. Berbagai elemen harus dilakukan bersama-sama untuk mewujudkannya.

Anda bisa mengambil gambar dengan acak, karena ada kemungkinan dari banyak foto yang anda ambil, terdapat satu foto persis seperti yang anda inginkan. Tapi ingat, untuk tidak menghapus foto digital anda karena menganggap itu tidak ada gunanya, karena bisa saja nanti anda akan menyesalinya.

Kesimpulan

Satu hal yang harus diingat ketika memotret hewan peliharaan, atau subjek hidup lainnya adalah anda harus menikmatinya. Memang mendapatkan hasil yang bagus adalah hal penting, namun ini akan menjadi sia-sia jika anda tidak menikmati ketika melakukannya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel