5 Cara untuk Mengeidentifikasi Unknown File Types

25 May 2013 11:00 11194 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Permasalahan dengan unknown file types mungkin pernah kita alamai sendiri. Kirimian file dari email yang tidak bisa di baca komputer kita, falshdisk, atau media yang lain. Kita akan ragu membuka file tipe ini karena resikonya file tersebut mungkin berbahaya bagi komputer kita.

Permasalahan dengan unknown file types mungkin pernah kita alamai sendiri. Kirimian file dari email yang tidak bisa di baca komputer kita, falshdisk, atau media yang lain. Kita akan ragu membuka file tipe ini karena resikonya file tersebut mungkin berbahaya bagi komputer kita. Atau juga, ketika Anda dituntun salah satu software atau game di komputer Anda untuk mendownload uknown file types. Ini bisa lebih parah lagi karena bisa langsung masuk kedalam system OS PC atau laptop kita. Jadi, bagaimana kita menghadapai tipe file seperti ini? Tipe file ini bisa jinak tentunya. Sebelum resikonya Anda alami, kita perlu mengidentifikasi file berjenis unknown ini terlebih dahulu. Mengidentifikasi file tipe unknown merupakan salah satu cara pengamanan untuk komputer Anda.

Selain untuk keamanan, mengetahui unknown file types juga bisa membantu kita mebenahi software atau program yang ada di komputer Anda. Selanjutnya, Anda bisa membuka file tersebut dengan software yang ada di komputer Anda atau menginstal software yang support untuk membuka file tersebut. Tapi yang jadi masalah, kita tidak pernah mengenal file tersebut. Untuk itu Plimbi akan memberikan 5 cara menghadapi file tipe unknown ini.

Tanyakan di Internet (Google media cocok)

Google mengetauhi semuanya. Ini kata-kata kebanyakan orang. Orang-orang banyak mencari informasi yang tidak dia ketahuinya di Google. Termasuk file unknown, kemungkinan besar Google tahu atau setidaknya memiliki informasi mengenai file tersebut. Atau, Google juga kadang merekomendasikan website mengenai file tersebut. Anda bisa mencari tahu file tersebut dari web yang direkomendasikan Google. Asal, Anda tepat memasukkan kata sandi. Satu yang penting, jangan lupa tanda titik antara nama file dan format filenya.

Wolfram Alpha

Bila Anda masih sedikit awam dengan tipe-tipe file ini bisa menjadi sumber informasi untuk menambah pengetahuan Anda. Wolfram Alpha berfungsi memberikan informasi atau mengidentifikasi file misterius. Caranya, masukkan extensi file atau format file kedalam kolom search website ini kemudian tekan ENTER untuk mencari. Memang hasil pencariannya tidak terlalu banyak, tetapi untuk ukuran informasi ini cukup. Anda diberikan infomasi extension yang serupa, type, MIME (Multipurpose Internet Mail Extentions), UTI (Uniform Type Indentifier) bahkan developernya dan software yang support untuk membacanya. Sepertinya ini cukup memberikan informasi bagi Anda. Tetapi, Wolfram tidak bisa mengidentifikasi semua jenis file. Ada beberapa yang tidak bisa diselidikinya atau informasinya tidak lengkap.

 

Baca juga :

               Windows Anda Error, Ada File Sistem Corrupt? Jangan Buru-buru Install Ulang, Coba Cara Ini

               Nubia Z11 mini, Ponsel Pintar "Tangguh" dan Unggul di Sektor Fotografi

 

Filext

Website yang paling sering muncul ketika Anda mencari web untuk mengidentifikasi unknown file di Google adalah Filext. Website ini merupakan perpustakaan jenis-jenis file yang disusun secara alphabet ada sekitar 1.526 ekstensi. Total databasenya lebihbanyak lagi, 26.024 pada database utama, 51,537 yang di register oleh orang-orang dan 16,344 rekaman database type Program/MIME.

Jadi, memang layak dia dijadikan Google sebagai website pengidentifikasi extensi file teratas. Setiap jenis file kana ada pada halaman tersendiri dan disediakan informasi scara rinci. Halaman web juga menyediakan link untuk men-scan computer Anda menemukan file-file yang tidak valid. Misalnya, software ini untuk mempercepat komputer Anda, temukan file berbahaya di komputer Anda atau yang sejenisnya. Tapi saran Plimbi untuk tidak menggunakan pemindai mereka, cukup menfaatkan informasi yang ada dari web tersebut.

Filesuffix

Filesuffix berfungsi sama dengan website sebelumnya. Menyimpan beribu-ribu jenis file ekstensi pada database mereka. Namun, kebanayakan informasi yang ada didapat dari pengguna. Pengguna berhak menambahkan informasi mengenai jenis-jenis file yang ada. Jadi, untuk cara sperti ini ada sedikit keraguan karena orang-orang bisa saja memasukkan data yang salah. Hebatnya, website ini bisa merekomendasikan Anda software yang bisa membuka jenis file yang Anda cari, dia menyediakan link untuk mendownload software tersebut.

File Info

Website File Info ini memberikan informasi yang lebih lengkap dari website-website lainnya. Beberapa alat tambahan untuk mencari ekxtension file juga disediakan di sini. File Info juga memberikan plug-in untuk browser Chrome dan Mozilla agar Anda smekain mudah mengeidentifikasi ketika bertemu file unknown di internet. Ada juga dapat mendownload File Extension Lookup Desktop Gadget untuk Mac. Walau merupakan sebuah software, File Extension Lookup Desktop Gadget tetap merupakan software yang bisa di Andalkan untuk mengeidenttifikasi file misterius. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel