Cegah Kecelakaan Pesawat dengan Airplane Mode

27 Apr 2012 13:00 6917 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagai tindakan pencegahan keselamatan banyak perusahaan penerbangan telah melarang penggunaan penggunaan ponsel dan meminta agar ponsel tetap dalam posisi *off* sepanjang penerbangan atau ponsel Anda tetap pada modus pesawat atau airplane mode.

Sebagai tindakan pencegahan keselamatan banyak perusahaan penerbangan telah melarang penggunaan penggunaan ponsel dan meminta agar ponsel tetap dalam posisi off sepanjang penerbangan atau ponsel Anda tetap pada modus pesawat atau airplane mode.

Airplane mode tersedia di berbagai ponsel. Modus ini memungkinkan Anda untuk mengakses fitur yang berbeda pada ponsel tanpa megeluarkan transmisi frekuensi radio yang dapat mengganggu penerbangan.

Sinyal-sinyal radio tersebut dapat berpotensi mengganggu sistem elektronik pesawat komersial selama penerbangan. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, produsen perangkat mobile mengembangkan airplane mode yang dapat mematikan sinyal wireless tetapi memungkinkan perangkat mobile dapat digunakan untuk kegiatan yang disetujui selama penerbangan.

Ponsel berevolusi menjadi perangkat dengan banyak kegunaan, ia bisa menjalankan aplikasi, bermain musik dan memutar film, ini menciptakan masalah bagi traveler yang tidak bisa menggunakannya selama penerbangan untuk kegiatan yang tidak termasuk frekuensi radio.

Jika Anda telah mengaktifkan airplane mode, maka perangkat sinyal radio termasuk WiFi, komunikasi seluler, layanan lokasi, GPS dan Bluetooth akan otomatis dimatikan. Namun ketika airplane mode ini dihidupkan, mikroprosesor telepon masih dapat menghasilkan beberapa gangguan frekuensi radio. Untuk alasan ini, awak pesawat biasanya memerintahkan penumpang untuk menjaga ponsel dan perangkat portable lainnya untuk dimatikan selama lepas landas dan pendaratan. Gunakan perangkat hanya ketika kru memberitahu Anda bahwa itu aman dan hanya dalam airplane mode.

Untuk mengaktifkan airplane mode perangkat mobile Anda, caranya buka aplikasi Settings pada perangkat. Pada iPhone Apple, iPad dan iPod, pilihan untuk mengaktifkan airplane mode berada di atas halaman pertama aplikasi Settings. Untuk perangkat Android, pilih Wireless and Networks di menu Settings dan kemudian tekan kotak Airplane Mode. Bila Anda mengaktifkan airplane mode pada perangkat iPhone atau Android, homescreen akan menampilkan ikon kecil pesawat di tempat yang sama yang menunjukkan tingkat baterai dan indikator status lainnya.

Anda tidak dapat menerima atau melakukan panggilan pada perangkat mobile Anda ketika airplane mode diaktifkan. Selain itu, Anda tidak dapat menerima atau mengirim pesan teks atau mengakses Internet. Namun Anda dapat menggunakan perangkat mobile untuk menonton video yang disimpan pada perangkat, bermain game, mendengarkan musik dan melihat atau membuat dokumen. Sementara untuk menonaktifkan airplane mode, cukup gunakan menu Settings kembali, langkah ini sama seperti sebelumnya lalu ubah menjadi modus off.

Airplane mode ini juga dapat digunakan ketika Anda tidak terbang, Anda dapat menggunakan airplane mode untuk memperpanjang daya baterai. Dengan membatasi fungsi ponsel, airplane mode dapat mencegah interferensi antara sistem navigasi penerbangan (di udara dan di tanah) dan ponsel, namun mematikan ponsel dalam pesawat adalah cara paling efektif untuk keselamatan penerbangan Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel