Tips Trik Komputer: 5 Langkah Penting untuk Menjaga Komputer Anda Aman

21 May 2013 06:00 2786 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Komputer rumah atau laptop pribadi merupakan sebuah perangkat komputasi yang menyimpan data data pribadi anda yang mana sangat penting untuk mengatur langkah-langkah perlindungan dari serangan malware dan virus berbahaya lain.

Komputer rumah atau laptop pribadi merupakan sebuah perangkat komputasi yang menyimpan data data pribadi anda yang mana sangat penting untuk mengatur langkah-langkah perlindungan dari serangan malware dan virus berbahaya lain. Dan pada ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan tips trik komputer yang akan menghindarkan anda dari serangan malware dan virus. Tips trik komputer ini merupakan tips trik komputer yang sangat mudah dilakukan oleh semua orang. Tanpa menunggu waktu yang lama, berikut tips trik komputer sederhana yang bisa anda lakukan. 

Update  Bukanlah Opsional

Tips trik komputer pertama adalah memperbarui perangkat lunak pada sistem Anda, termasuk sistem operasi, merupakan kebutuhan mutlak. Jika Anda tidak men-download versi baru dari program-program seperti Adobe Flash, komputer Anda lebih rentan terhadap malware. Update terhadap program Windows dan Mac anda akan mengatasi ancaman baru.

Untuk menjaga sistem Windows Anda up to date, Anda dapat menggunakan Windows Update untuk memastikan Anda mendapatkan penyesuaian yang diperlukan. Hal ini biasanya digunakan untuk melakukan update secara otomatis, tapi di dalam tulisan ini adalah untuk bagaimana anda dapat memeriksa untuk memastikan update anda.

Pada Windows 7, klik tombol Start, ketik "windows update" ke dalam kotak pencarian. Klik pada Windows Update. Klik “Change Settings” di jendela Windows Update yang muncul dan kemudian periksa untuk melihat bahwa opsi  Install Updates Automatically telah dipilih di bagian bawah Important Updates. Lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.

Pada Windows 8, buka search, masukkan “turn automatic updating on or off” dan kemudian klik Settings. Microsoft selalu memberikan isu pembaharuan terbaru setiap hari Selasa kedua setiap bulan.

Mac OS X memeriksa secara otomatis untuk update mingguan jika anda memiliki koneksi internet. Jika menemukan update, ia akan menggunakan pop up yang berisi daftar perubahan dan menanyakan apakah Anda siap untuk menginstal mereka yang biasanya membutuhkan restart.

Uninstall Java

Java adalah program yang digunakan sebuah situs untuk dimasukkan ke dalam sistem mereka, tetapi jarang digunakan untuk dewasa ini. Lubang keamanan terus menerus memungkinkan malware untuk menginfeksi komputer melalui Java membuatnya tidak lagi aman untuk dipasang pada komputer anda kecuali Anda benar-benar membutuhkannya. Bahkan Departemen Keamanan Nasional Amerika Serikat telah menganjurkan untuk menghapuskan Java dari komputer para warganya, kecuali Anda benar-benar membutuhkannya.

 

Baca juga :

               Mau Sembunyikan dan Protect Partisi di Komputer dengan Password? Begini Caranya

               Review ASUSPRO B8430, Notebook Khusus Korporat dengan Tingkat Keamanan Tinggi

 

Instal Perlindungan Malware

Trojan, virus, keyloggers, kode zombie, spyware, adware dan sejenisnya akan selalu menemukan cara baru untuk masuk ke dalam program komputer anda. Tetapi banyak orang yang terinfeksi oleh malware yang telah berkeliaran selama bertahun-tahun, hanya karena mereka tidak memiliki perangkat lunak keamanan yang layak diinstal.

Norton Internet Security 2013 adalah pelindung malware yang solid, terutama mahir menghapus segala macam hal yang tidak semestinya berada di sistem anda. Jika Anda tidak ingin menghabiskan uang, ada program antivirus gratis yang sangat baik tersedia, seperti AVG Anti-Virus Free 2013. Anda bisa mendapatkan AVG Anti-Virus Free 2013 ini di sini.

Mac tidak aman dari jenis-jenis serangan ini. Sehingga untuk Anda pengguna Mac, maka harus berhati-hatilah dalam menjelajahi dunia maya.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Banyak dari kita hanya menggunakan satu atau dua password untuk semua situs yang kita kunjungi. Jika Anda memiliki kata sandi yang unik dan kuat, siapa yang bisa memecahkan kode sandi tersebut. Untuk memecahkannya harus melewati kode enkripsi yang rumit.

Ada tiga langkah sederhana untuk mengamankan akun anda, 1) Membuat password yang kuat. 2) Gunakan password yang berbeda untuk setiap situs. 3) Gunakan sistem manajemen password untuk mengatur semua password anda.

Sandi yang kuat biasanya harus memiliki minimal 8 karakter dengan campuran huruf besar dan huruf kecil, angka dan, jika situs atau layanan memungkinkan, karakter khusus, seperti "!," "#" dan "?." Tapi kombinasi ini juga harus menjadi kombinasi kata sandi yang mudah diingat oleh Anda.

Kabar baiknya adalah bahwa studi terbaru menunjukkan panjang password mungkin lebih penting daripada apakah Anda menggunakan karakter khusus.

Back Up

Bila sistem Anda terinfeksi dan masih bisa Anda perbaiki, maka Anda harus mencari cadangan untuk dokumen penting anda sehingga data Anda tidak akan hilang selamanya. Ada dua solusi back up utama Anda, yakni penyimpanan online dan hard drive eksternal.

-       Penyimpanan Online

Layanan penyimpanan utama berbasis cloud menawarkan beberapa gigabyte secara gratis dan membutuhkan biaya untuk mendapatkan akses lebih. Namun jika anda memiliki ribuan file besar, seperti foto dan video, Anda mungkin harus membayar biaya bulanan. Penyimpanan berbasis awan sangat cocok untuk menyimpan file-file penting. Anda dapat mengakses file Anda dari mana saja dengan komputer, tablet atau telepon dan koneksi internet.

-       Hard Drive Eksternal

Eksternal hard drive pilihan yang lebih baik untuk akses cepat ke file yang sangat besar atau jika Anda memiliki ton file dan tidak ingin membayar biaya bulanan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel