Cara Menggunakan WiFi BlackBerry untuk Transfer File dengan Filescout

24 Apr 2012 17:00 13420 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fasilitas WiFi pada handphone BlackBerry tidak hanya bisa digunakan untuk mencari lokasi Hotspot. Anda juga bisa menggunakan fasilitas ini untuk *transfer file* dari komputer ke handphone BlackBerry atau sebaliknya. Cara menggunakan WiFi BlackBerry untuk transfer file ini membutuhkan sebuah aplikasi tambahan bernama FileScout.

Fasilitas WiFi pada handphone BlackBerry tidak hanya bisa digunakan untuk mencari lokasi Hotspot. Anda juga bisa menggunakan fasilitas ini untuk transfer file dari komputer ke handphone BlackBerry atau sebaliknya. Cara menggunakan WiFi BlackBerry untuk transfer file ini membutuhkan sebuah aplikasi tambahan bernama FileScout.

Sebagai penjelasan awal, cara menggunakan WiFi untuk transfer file dengan Filescout ini sangat mudah. Namun, Anda terlebih dahulu diharuskan untuk mengunduh FileScout di sini. Sayangnya, aplikasi yang menyediakan alternatif cara menggunakan WiFi untuk transfer file ini bukanlah sebuah aplikasi gratis. Untuk mengunduhnya, Anda diharuskan untuk membayar sebesar $3,99 USD. Selain itu, aplikasi yang menyediakan cara menggunakan WiFi BlackBerry untuk transfer file ini juga membutuhkan BlackBerry OS minimum adalah versi 4.3.0. Sedangkan untuk kapasitas memori internal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, yakni 532Kb.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi Filescout ini? 

- Langkah pertama, Anda tentu saja diharuskan untuk mengunduh serta meng-install aplikasi yang menyediakan cara menggunakan WiFi BlackBerry untuk transfer file ini di handphone BlackBerry Anda. Sebagai catatan, Anda tidak membutuhkan aplikasi atau software tambahan di komputer.

- Selanjutnya, buka aplikasi Filescout, klik menu lalu pilih WiFi-Sharing Options.

- Setelah itu pilih Install Plugin.

- Proses *transfer file bisa Anda lakukan setelah meng-install plugin Filescout. Anda diharuskan untuk membuka aplikasi Filescout sekali lagi.

- Pilih Menu lalu klik Start WiFi Server. - Setelah Anda klik Start WiFi Server, maka akan muncul sebuah URL. Nah, Anda diharuskan untuk mengetikkan URL tersebut di komputer Anda. Pada tahap ini, Anda juga harus memastikan bahwa router WiFi yang Anda miliki sedang menyala.

- Jika proses yang Anda lakukan sudah benar, maka akan muncul tampilan seperti yang ada di handphone BlackBerry Anda. Biasanya terdapat tiga folder, yakni folder SDCard, folder Store dan folder System. Dari sini, Anda bisa menerapkan cara menggunakan WiFi BlackBerry untuk transfer file.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan berbagai hal lain, seperti mengedit gambar dengan cara sederhana ataupun mengirim file dari komputer ke handphone BlackBerry. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel