Cara Setting User Interface Android Yang Tidak Dapat Diaplikasikan di iPhone

20 May 2013 11:30 4081 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah Anda membayangkan, jika Android banyak sekali memberikan kemudahan dan kefleksibelan kepada para penggunanya? Di lain pihak, sebagai pengguna iPhone, Anda memang dapat mengatur aplikasi atau mengganti wallpaper, dimana akan memberika rasa yang sesuai selera Anda pada iPhone yang Anda miliki. Tetapi dalam dunia teknologi yang terus berkembang sekarang ini, Ada tidak hanya membutuhkan suatu perubahan yang kecil.

Pernahkah Anda membayangkan, jika user interface Android banyak sekali memberikan kemudahan dan kefleksibelan kepada para penggunanya? Di lain pihak, sebagai pengguna iPhone, Anda memang dapat mengatur aplikasi atau mengganti wallpaper, dimana akan memberika rasa yang sesuai selera Anda pada iPhone yang Anda miliki. Tetapi dalam dunia teknologi yang terus berkembang sekarang ini, Ada tidak hanya membutuhkan suatu perubahan yang kecil. Jika Anda men-jailbreak iPhone, Anda memang dapat melakukan perubahan besar pada iPhone.

Namun, bagaimana dengan pengguna yang tidak mau atau tidak bisa melakukan hal tersebut? Bandingkan dengan Android, yang memberikan kefleksibelan pada penggunanya. Hal yang paling kentara ada pada pengaturan user interface Android yang bisa Anda ubah sekehendak hati. iPhone tidak dapat melakukan apa yang dapat dilakukan Android. Dari mengganti keyboard hingga memasang live wallpaper dimana akan memberikan warna baru pada ponsel Anda, Android dapat dikatakan berada di atas iPhone. Lalu apa saja setting user interface Android yang tidak dapat diaplikasikan oleh iPhone? Berikut ulasannya.

1. Keyboard Apabila Anda tidak menyukai keyboard pada iPhone, maka Anda termasuk orang yang tidak beruntung. Tanpa men-jailbreak device, tidak ada jalan untuk memberikan aplikasi keyboard baru pada iPhone Anda. Pada sisi kompetitornya, Android akan membawa penggunanya untuk memilih berbagai macam keyboard yang dapat di-install kedalamnya, dari keyboard yang fungsional hingga keyboard yang berpenampilan menarik. Tidak hanya pada tampilannya, namun pada cara mengetiknya, Anda juga akan diberikan teknik yang berbeda-beda seperti tap dan swipe, ditambah dengan fitur prediksi untuk orang-orang yang terbiasa mengetik cepat. Dengan melihat hal-hal tersebut, kita dapat merasakan sensasi yang berbeda pada Android. Bukan berarti keyboard iPhone itu jelek, namun ini lebih pada sisi fungsionalitas.

2. Homescreen Homescreen iPhone merupakan salah satu fitur yang paling iconic dari paltform iOS ini, dengan icon besar berukuran 4x4 atau 4x5, dan empat tombol pada bagian bawah layar untuk akses fungsi yang paling umum. Disamping mengganti wallpaper dan mengatur penempatan icon, tidak ada hal lain lagi yang dapat dilakukan pengguna iPhone untuk mengganti tampilan homescreen tersebut. Namun bagi Android, hal ini tidak menjadi permasalahan lagi. Anda dapat mengatur icon sesuka hati pada homescreen.

3. Widget Launcher Android memiliki berbagai fitur menarik yang tidak ada pada iOS. Fitur itu bernama widget. Fitur yang sangat bermanfaat ini dapat Anda tempatkan diamanapun pada homescreen dan menawarkan akses yang cepat pada fungsi apliaksi yang ditetapkan. Sebagai contoh, widget dapat menampilkan info seperti perkiraan cuaca, berita, dan update media sosial. Ditambah, widget juga bisa Anda ganti ukurannya agar pas ditempatkan pada layar Android.

 

Baca juga :

               7 Fakta iPhone 7 yang Didapuk Bakal Anti Air

               Lenovo Vibe K4 Note, Unggulkan Fitur multimedia dan Virtual Reality

 

4. Launcher Launcher default dari Android memang disukai banyak orang, tetapi beberapa orang lain juga membutuhkan alternatif launcher yang mungkin memberikan rasa baru dan lebih efektif. Ya, dengan Android, Anda dapat meng-install launcher dan memilih mana yang Anda sukai. Setiap launcher menawarkan fungsi yang berbeda-beda, seperti misalnya mengganti tema dan memberikan kemampuan untuk memasukkan banyak laman pada homescreen. Di lain pihak, jika Anda menggunakan perangkat iOS, maka hal tersebut mustahil untuk dilakukan karena Apple menginginkan para penggunanya menggunakan launcher yang sama.

5. Wallpaper Android memberikan warna tersendiri dengan berbagai kreatifitas fitur yang dapat dialikasikan penggunanya. Tidak terkecuali pada wallpaper. Fitur ini memberikan sentuhan tersendiri, dimana Anda dapat memilih untuk mengganti ukuran, serta memilih bagian dari gambar mana yang akan Anda jadikan wallpaper. Selain itu, apabila Anda telah menetapkan suatu wallpaper, pada saat penggunaannya, Anda dapat mengaturnya untuk berpindah ke kiri dan ke kanan antar laman yang Anda scroll. Android juga menawarkan jenis wallpaper yang paling menarik, yaitu live wallpaper. Tipe wallpaper ini akan memberikan tampilan yang menakjubkan dengan animasi dan gambar yang bergerak. iPhone, masih jauh dari hal-hal tersebut. Kesimpulan Pengguna Android dapat mengganti user interface Android secara signifikan, tanpa perlu membongkarnya seperti proses jailbreak pada iPhone. Dengan setting tampilan tersebut, Anda dapat mengatur Android sesuka hati agar terlihat cantik dan menarik. Di lain pihak, desain iconic user interface iPhone memberikan keeksklusifan tersendiri bagi para penggunanya. Apabila Anda memang menginginkan keeksklusifan tersebut, tidak ada salahnya Anda memilih iPhone sebagai penunjang kegiatan Anda sehari-hari. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel