Mengenal Fitur BitLocker Di Windows 8 Untuk Mengunci Partisi File dan Dokumen Pribadi

20 May 2013 14:30 17917 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

BitLocker Drive Encryption merupakan sebuah aplikasi enkripsi partisi untuk digunakan pada hardisk, Usb drive, biasanya aplikasi BitLocker ini terdapat didalam sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 yang dapat dipergunakan untuk melindungi data maupun file/folder pribadi dari akses orang yang tidak Anda inginkan dengan cara melakukan metode enkripsi terhadap keseluruhan partisi didalam hardisk maupun media USB drive.

BitLocker Drive Encryption merupakan sebuah aplikasi enkripsi partisi untuk digunakan pada hardisk, Usb drive, biasanya aplikasi BitLocker ini terdapat didalam sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 yang dapat dipergunakan untuk melindungi data maupun file/folder pribadi dari akses orang yang tidak Anda inginkan dengan cara melakukan metode enkripsi terhadap keseluruhan partisi didalam hardisk maupun media USB drive. Secara default, BitLocker Drive Encryption menggunakan algoritma AES dalam mode Code Block Chaining (CBC) dengan panjang kunci 128-bit, yang kemudian  digabungkan dengan fitur Elephant diffuser untuk meningkatkan sisi keamanannya.

Pada sistem operasi Windows Vista dan Windows 7, perangkat lunak ini hanya tersedia pada versi/edisi Ultimate dan Enterprise, dan tidak ada pada edisi-edisi lainnya. Pada sistem operasi Windows 8 sendiri aplikasi enkripsi partisi BitLocker sudah tersedia baik pada versi Professional maupun versi Enterprise. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi BitLocker pada sistem operasi Windows 8.

  1. Anda dapat melakukan enkripsi pada sebuah partisi yang ada pada komputer/laptop dengan cara melakukan klik kanan pada My Computer, lalu arahkan pada partisi yang ingin dilakukan proses enkripsi sehingga orang lain tidak dapat mengakses partisi dari hardisk tersebut
  2. Lalu silahkan klik “Turn On BitLocker” seperti contoh pada tampilan berikut

  1. Maka akan muncul jendela pada layar monitor agar Anda memasukan password untuk mengakses partisi hardisk yang telah dienkripsi tersebut dengan minimal  8 karakter. Usahakan gunakan password yang mudah untuk Anda ingat.
  2. Jika sudah, langkah berikutnya yaitu mengklik tombol next, pastikan dan perhatikan capslock pada keyboard apakah aktif atau tidaknya agar saat nanti password tersebut tidak salah ketika Anda ingin mengaksesnya.
  3. Lalu selanjutnya akan muncul jendela pemberitahuan apakah Anda ingin menyimpan sebuah key recovery atau tidak, hal ini penting agar ketika Anda suatu saat nanti benar-benar lupa dengan password yang dibuat dengan aplikasi BitLocker ini maka dapat dilakukan proses recovery.
  4. Pada jendela tersebut terdapat empat pilihan yaitu “Save To Microsoft Account”, “Save To USB Drive”, “Save To a File”, “Print the Recovery File”. Jika Anda memilih “Save To Microsoft Account”, maka file key rocovery akan disimpan pada akun Microsoft Anda (membutuhkan koneksi internet). “Save To File” makakey racovery BitLocker akan disimpan dalam bentuk sebuah file. Kemudian jika yang Anda pilih adalah “Print the Recovery File”, maka file key recovery akan di cetak melalui printer. Pilihan terakhir jika yang Anda pilih adalah Jika Anda memilih “Save To USB Drive” maka  file key rocovery akan disimpan pada media USB drive/flashdiskdan pastikan bahwa USB drive/flashdisk Anda dalam kondisi terpasang pada perangkat komputer/laptop.
  5. Jika sudah Anda menentukan dimana atau media apa yang digunakan untuk menyimpan key recovery dari BitLocker klik tombol Next.

  1. Jendela berikutnya yang akan ditampilkan adalah memilih jenis metode enkripsi mana yang ingin dilakukan. Jika data-data dalam partisi hardisk Anda berisi data-data penting dan juga sensitif, maka disarankan untuk memilih pilihan “Encrypt entire drive”, meskipun proses enkripsinya memakan waktu yang cukup lama, namun hasil dari enkripsinya cukup aman. Selanjutnya silahkan klik tombol Next

  1. Beikutnya akan muncul pemberitahuan, jika Anda sudah siap silahkan klik tombol “Start Encrypting”
  2. Proses selanjutnya yaitu sistem sedang melakukan proses enkripsi, mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, hal ini tergantung pada ukuran file yang berada pada partisi yang sedang dilakukan enkripsi. Semakin besar maka akan menghabiskan waktu yang cukup lama.
  3. Jika proses enkripsi partisi sudah selesai 100%, langkah selanjutnya yaitu dengan mengklik tombol “Close”
  4. Untuk mencoba hasilnya, silahkan lakukan restart pada sistem Windows 8 milik Anda, jika partisi hardisk Anda terdapat logo kunci, artinya proses enkripsi pada partisi di komputer/laptop Anda telah berhasil dilakukan. Berkut dalah contoh tampilannya

Screenshot 62 How to Turn On BitLocker in Windows 8

Bagaimana cara membuka partisi hardiak dengan BitLocker?

  1. Untuk dapat membuka partisi yang terkunci dengan BitLocker, cukup lakukan klik kanan pada partisi tersebut, kemudian pilih Unlock Drive .

  1. Kemudian silahkan masukan password yang telah dibuat sebelumnya, kemudian klik Unlock .
  2. Jika Anda lupa dengan password untuk mengakses BitLocker, Anda dapat melakukan klik menu “More Options”

unlock bitlocker drive How to Turn On BitLocker in Windows 8

Mengenal_Fitur_Bit_Locker_Pada_Windows_8

 

Baca juga :

               5 Cara Ubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Windows

               Oppo F1 Plus, Smartphone Bagi Pecinta Selfie

 

Bagaimana cara merubah password pada BitLocker?

  1. Untuk dapat merubah password pada BitLocer dapat dilakukan dengan cara melakukan klik kanan pada partisi yang sudah dienkripsi menggunakan BitLocker, kemudian pilih menu “Change BitLocker Password”.

 

  1. Silahkan masukan password lama And, kemudia masukan password baru yang ingin dipergunakan

 

Bagaimana cara menonaktifkan (Turn OFF) Bitlocker pada Windows 8 ?

  1. Jika Anda menginginkan untuk menonaktifkan enkripsi pada partisi hardisk, silahkan klik kanan, lalu pilih menu “Manage BitLocker”,
  2. Kemudian silahkan pilihlah “Turn Off BitLocker”
  3. Proses decryption sedang dilakukan dalam beberapa detik, maka partisi hardisk Anda akan tidak terenkripsi lagi, dan dapat diakses oleh siapa saja.

Demikian cara menggunakan aplikasi enkripsi partisi serta mengenali fitur BitLocker yang ada pada sistem operasi Windows 8, semoga data dan juga file Anda lebih aman dari akses orang lain dan juga dari serangan virus, hacker, dan juga malware. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel