Ketahui Tips Hindari Cara Sadap Handphone untuk Keamanan Anda

19 Apr 2012 18:30 6037 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Terdapat perbedaan antara telepon rumah dengan sebuah telepon genggam atau yang biasa disebut sebagai handphone. Meskipun demikian, keduanya juga memiliki persamaan yakni keduanya bisa disadap. Terdapat berbagai cara sadap handphone ataupun telepon rumah yang bisa dilakukan.

Terdapat perbedaan antara telepon rumah dengan sebuah telepon genggam atau yang biasa disebut sebagai handphone. Meskipun demikian, keduanya juga memiliki persamaan yakni keduanya bisa disadap. Terdapat berbagai cara sadap handphone ataupun telepon rumah yang bisa dilakukan. Tentu saja hal ini kebanyakan dilakukan oleh orang-orang yang ingin mengetahui informasi rahasia milik Anda.

Terlebih dengan kemajuan teknologi saat ini, handphone menjadi sarana telekomunikasi yang paling efektif dan efisien. Tak jarang Anda akan memanfaatkan handphone untuk berbicara tentang masalah pribadi, informasi finansial, ataupun informasi rahasia. Dengan cara sadap handphone, berbagai informasi rahasia tersebut bisa didapatkan orang lain. Dan dengan cara inipula orang lain bisa memperoleh rekaman informasi tersebut langsung dari Anda tanpa Anda ketahui.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir cara sadap handphone yang jelas-jelas akan merugikan Anda? Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda coba.

  1. Perhatikan kondisi baterai handphone Anda. Berbagai cara sadap handphone, tentu akan membutuhkan daya. Dan daya tersebut biasanya diambil dari baterai Anda. Oleh karena itu, jika Anda menengarai bahwa handphone Anda yang jarang dipakai namun kerap mengalami baterai drop, tentu Anda harus curiga.

  2. Perhatikan suhu handphone. Berbagai cara sadap handphone biasanya akan tetap berjalan meskipun handphone tidak sedang digunakan. Oleh karena itu, jika handphone Anda terasa hangat, dan Anda tidak sedang memakainya, maka kemungkinan besar handphone Anda sedang disadap oleh orang lain.

  3. Munculnya suara aneh, seperti suara adanya goresan, suara klik dan suara-suara lain pada saat menelepon adalah pertanda adanya kemungkinan penyadapan handphone. Cara sadap handphone juga biasanya mempengaruhi volume dari handphone Anda.

  4. Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa saat handphone dalam keadaan diam, Anda wajib curiga. Pada saat itu, handphone Anda kemungkinan sedang disadap. Suara tersebut bisa saja muncul karena adanya proses aktivasi receiver/transmitter yang selanjutnya akan mengirimkan sinyal kepada pelaku penyadapan.

  5. Cara terakhir untuk menghindari cara sadap handphone yang berakibat negatif pada diri Anda adalah sebuah cara yang tradisional. Anda bisa menceritakan mengenai hal pribadi atau hal yang rahasia melalui handphone kepada salah satu orang yang sangat Anda percaya. Jika informasi tersebut bocor, kemungkinan besar handphone Anda sedang disadap. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel