Kickstarter dan Kiss Kiss Bank Bank - Salurkan Ide Kreatif Anda Menjadi Kenyataan

10 May 2011 00:06 5108 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini telah terdapat situs sebagai media yang menjembatani antara pemilik ide kreatif dengan pemilik modal yang tidak segan untuk merogoh *kocek* demi karya yang unik dan kreatif. Dan Paseban akan membahas dua website yang memberikan layanan tersebut.

Untuk seseorang yang memiliki kreativitas besar, ide dapat keluar bak air bah tak terbendung. Tak terasa buku catatan penuh dengan berbagai ide kreatif. Menulis skenario untuk film indie, Membuat caf© berkonsepkan taman baca, live acoustic musik, dan makanan khas daerah. Menulis buku cerita ala Agatha Christie, atau ide-ide kreatif lainnya.

Namun seiring waktu Anda mulai jenuh karena buku Anda sudah penuh, dan tak satupun ide tersalurkan menjadi sesuatu yang nyata. Keluhan ini banyak dilontarkan oleh teman Anda, atau mungkin bahkan Anda sendiri karena satu masalah mendasar, tidak adanya anggaran dana. Untuk Anda yang mengalami hal ini, pembahasan Paseban berikut ini bisa menjadi solusi menarik untuk membangkitkan gairah kreatif Anda.

Saat ini telah terdapat situs sebagai media yang menjembatani antara pemilik ide kreatif dengan pemilik modal yang tidak segan-segan untuk merogoh kocek demi sebuah karya yang unik dan kreatif. Dan Paseban kali ini akan membahas Kickstarter dan Kiss Kiss Bank Bank, dua website yang memberikan layanan tersebut.

Layanan Umum dan Keuntungan Situs
Pada Kedua situs ini terdapat dua macam membership, member yang berlaku sebagai pemilik ide kreatif dan menawarkan idenya ke publik, dan member sebagai pemodal ide kreatif yang bisa memilih ide kreatif mana yang menarik baginya dan berperan sebagai pemodal.

Keuntungan situs semacam ini bagi para pemilik ide adalah, situs ini akan menampilkan konsep ide kreatif, dan menawarkan kepada para pengguna lain yang tertarik memberikan modal untuk pengerjaan konsep ide. Situs ini memberikan jaminan bahwa pemilik ide akan memegang 100% HAKI(Hak Atas Kekayaan Intelektual) idenya.

Keuntungan pemodal selain mendapatkan keuntungan dalam bentuk finansial, pemodal juga memiliki produk yang menarik hasil dari proyek tersebut, dan juga pengalaman yang didapat dalam proses berlangsungnya suatu proyek. Calon pemodal boleh melakukan tes kepada konsep pemilik ide. Dan apabila proyek telah berjalan, situs menyediakan fitur untuk memantau proses berlangsungnya pengerjaan proyek. Selain itu juga terdapat keuntungan lain yang bersifat relatif, berbeda-beda antara satu proyek dengan yang lainnya tergantung perjanjian tertentu antara pemilik ide kreatif dengan pemodal.

Aturan Situs
Situs semacam ini memiliki satu aturan yang dapat memberikan keamanan dan keuntungan bagi member. Dalam suatu proyek, pemodal bisa lebih dari satu orang, jadi pemilik ide menunggu rencana anggaran dana memenuhi target, barulah suatu proyek boleh dimulai. Apabila mencapai deadline jumlah anggaran belum terpenuhi, sebuah proyek tidak diperbolehkan untuk berjalan.

Aturan ini bertujuan untuk melindungi semua pihak yang terkait dengan proyek. Contoh, pemilik ide berhasil mengumpulkan $2000 sementara dana yang dibutuhkan $5000, maka proyek akan batal. Aturan ini melindungi pemilik ide akan resiko proyek berhenti di tengah-tengah karena kekurangan dana sementara pemodal menuntut hasil proyek yang maksimal. Dan untuk pemodal, aturan ini akan melindungi pemodal untuk kehilangan modal karena proyek tidak berlanjut.

Selain melindungi, aturan ini juga memiliki sifat memotivasi. Pemodal yang telah setuju mendanai sekian persen dari anggaran proyek, dan antusias agar proyek kreatif tersebut berjalan, akan ikut membantu pemilik ide untuk mencari kekurangan dana yang dibutuhkan.

Perbedaan Kickstarter dan Kiss Kiss Bank Bank
Dalam hal layanan umum dan keuntungan, Kickstarter dan Kiss Kiss Bank Bank berkonsep sama persis. Perbedaan antara kedua situs ini terletak pada masalah pendanaan. Kickstarter menggunakan Amazon Payments sebagai sarana transaksi dana, sementara Kiss Kiss Bank Bank menggunakan Paybox.

Untuk proyek yang sukses mengumpulkan dana dan memenuhi kriteria untuk segera dikerjakan, Kickstarter akan membebankan ongkos sebesar 5% dari dana proyek, plus potongan dari Amazon Payments Fee sebesar 3-5%. Kiss Kiss Bank Bank dalam hal ini membebankan ongkos sebesar 10%. Untuk proyek yang tidak sukses dalam pengumpulan dana, kedua situs tidak akan membebankan ongkos sepeserpun.

Perbedaan lain adalah pemilik ide kreatif yang ingin mengajukan proyeknya dalam situs Kickstarter harus berada dalam Wilayah AS, sementara Kiss Kiss Bank Bank untuk wilayah Eropa. Untuk para pemilik ide kreatif dari Tanah Air, Anda jangan berkecil hati dulu karena sistem ini bersifat sementara. Kedua situs sedang mengembangkan sistem identifikasi pemilik ide kreatif yang nantinya akan bisa digunakan bagi masyarakat seluruh dunia. Untuk Anda yang ingin jadi pemodal, Anda bisa mendaftar sekarang juga! Karena sudah tersedia bagi masyarakat Internasional. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel