Tips Memilih Smartphone Android Terbaik Untuk Anda

8 May 2011 21:02 9257 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

*Smartphone* Android tidak lagi menjadi *gadget* mahal, pengguna *middle-end* dan *low-end* sudah bisa mendapatkan *gadget* ini. Namun makin banyaknya pilihan mengakibatkan makin bingungnya pengguna untuk memilih *smartphone* mana yang cocok untuk mereka. Berikut beberapa tips dari Paseban

Apabila Anda perhatikan pasar ponsel tanah air, pasti tidak akan lepas dari kehadiran wabah Android. Semua merek luar negeri maupun lokal, memanfaatkan tren Android sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan brand mereka. Smartphone Android tidak lagi menjadi gadget mahal, pengguna middle-end dan low-end sudah bisa mendapatkan gadget ini. Namun wabah ini tentu saja diikuti dengan dampak negatif bagi pengguna. Makin banyaknya pilihan mengakibatkan makin bingungnya pengguna untuk memilih smartphone mana yang cocok untuk mereka.

Cara paling mudah untuk menjatuhkan pilihan dapat dilakukan dengan melihat produk mana yang paling bersinar di pasaran. Seperti contoh memilih produk smartphone berbasis Android yang memenangkan Award. Setiap media selaku pengulas perkembangan teknologi pasti memiliki Editor Choice Award perihal gadget.

Namun apabila ingin memilih "Choice Award" Anda sendiri, berikut beberapa tips dari Paseban tentang poin apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pemilihan.

Desain
Memang desain yang bagus tidak selalu menjamin ponsel tersebut bagus secara keseluruhan, ada juga ponsel abal-abal yang dibungkus dengan casing yang bagus. Tetapi kebanyakan desain suatu ponsel mencerminkan kualitas dari ponsel tersebut. Dan juga tidak ada pengguna yang mau memiliki ponsel dengan tampilan murahan.

Desain yang bagus pada umumnya selain sebagai tampilan juga memiliki fungsi pada tiap lekukannya. Seperti contoh bagian belakang dan samping suatu ponsel didesain supaya terasa mantap dan nyaman saat digenggam. Dan apabila ponsel tersebut terasa mantap dan nyaman setelah Anda coba genggam, hal itu juga bisa menjadi indikasi bahwa ponsel itu terbuat dari material yang bagus.

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah masalah layar sentuh, karena rata-rata Smartphone Android selalu berfitur layar sentuh. Memperhatikan teknologi yang ada pada layar sentuh dan sensitivitasnya merupakan hal yang harus diperhatikan. Selain itu perhatikan detail tambahan lain, seperti apabila ada tambahan sliding keyboard dll.

Fitur High-tech
Dalam setiap upgrade OS Android, selalu diciptakan dengan menambah kualitas seperti fitur, tampilan, animasi, dll. Oleh karena itu dibutuhkan processor dan graphic chipset yang bagus untuk dapat menikmati perkembangan kecanggihan OS. Selain itu, ciri khas perkembangan OS Android adalah perkembangan teknologi. Kemampuan OS Android akan selalu bertambah, tetapi perlu diperhatikan tidak semua produsen smartphone selalu up-to-date dan membenamkan* hardware* yang mendukung perkembangan teknologi ini.

Perhatikan detail ini pada spesifikasi smartphone yang Anda pilih. Seperti contoh saat ini OS terbaru Android bernama Gingerbread, apabila smartphone yang Anda pilih masih versi Froyo atau kebawah, perhatikan apakah smartphone tersebut bisa mendukung dan bisa diupgrade ke Gingerbread. Semua smartphone Android bisa upgrade OS, tetapi apabila hardware yang mendukung belum tersemat pada smartphone tersebut, upgrade hanya akan terbatas pada tampilan saja.

Jaringan juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan browsing Anda. Apakah jaringan yang didukung lengkap dari GPRS hingga 3G, atau bahkan sudah mendukung 4G? Dan juga jangan lupa cek kelengkapan fitur seperti Wifi, Bluetooth, GPS, kamera, dll.

Battery Life
Untuk smartphone multitasking seperti Android, dibutuhkan baterai berdaya tinggi untuk dapat menggunakannya dalam waktu yang lama. Anda pasti tidak ingin sehari men-charge smartphone sebanyak tiga kali, sementara sebagian besar waktu Anda berada di jalan.

Dengan beragamnya pilihan dan turunnya harga smartphone berbasis OS Android, memang makin mempersulit pilihan. Semua smartphone yang diperuntukkan bagi pengguna high-end akan memiliki harga yang berkisar sama, begitu juga dengan level-level lainnya. Harga yang sama belum tentu diikuti dengan kemampuan yang sama, bisa juga smartphone dengan harga lebih murah memiliki kemampuan lebih lengkap daripada smartphone yang lebih mahal. Sebaiknya Anda perhatikan detail-detail diatas dalam melakukan pemilihan. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel