Ketahui Lebih Dini Tentang Bahaya Game Handphone Bagi Anak-anak

9 Apr 2012 13:00 23123 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak seperti perangkat game lainnya seperti PS, PSP, Nitendo yang mungkin tidak semua anak-anak memilikinya, handphone relatif lebih populer di mata anak-anak sehingga mereka lebih sering bermain game di handphone mereka. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat indikasi bahaya game yang anak Anda mainkan via handphone?

Perkembangan teknologi telepon seluler saat ini semakin pesat dibanding dengan teknologi lainnya, sehingga bisa dikatakan hampir semua orang memiliki handphone tak terkecuali anak-anak. Seringkali mungkin Anda melihat anak-anak kecil memainkan handphone mereka dengan lincah terlebih dengan hadirnya game handphone yang makin variatif. Tidak seperti perangkat game lainnya seperti PS, PSP, Nintendo yang mungkin tidak semua anak-anak memilikinya, handphone relatif lebih populer di mata anak-anak sehingga mereka lebih sering bermain game di handphone mereka.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat indikasi bahaya game yang anak Anda mainkan via handphone mereka? Selain terindikasi adanya bahaya game, sebenarnya game itu sendiri ada yang memiliki manfaat di mana bisa memancing daya kreatifitas anak, namun jika terlalu lama bermain game di handphone juga sangat berbahaya terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Berikut adalah bahaya game handphone yang bisa berdampak pada anak-anak:

- Gangguan Mata Menurut Dra. Mayke S. Tedjasaputra, seorang play therapist, game di handphone, komputer maupun di gadget lainnya memang memiliki daya stimulus yang kuat bagi anak karena ada gerak dan suara. Namun, kebiasaan tersebut menimbulkan bahaya game di mana dapat menyebabkan anak terbiasa untuk terlalu fokus pada layar saja dan akan menimbulkan *tracking* pada mata yang dapat mengganggu anak saat membaca.

- Resiko Kegemukan Walaupun jarang terjadi, tapi jika anak sudah kecanduan bermain game di handphone resiko obesitas atau setidaknya berat badan yang berlebih bisa mengancam anak-anak. Bahaya game ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas gerak yang dilakukan oleh anak karena ia lebih asyik duduk diam bermain game di handphone. - Perubahan sikap pada anak Sebuah kasus terjadi pada seorang anak yang baru berusia empat tahun. Dia sangat senang sekali bermain Angry Birds, namun ketika seorang ibu memintanya untuk berhenti memainkan game tersebut, sikapnya berubah menjadi sedikit agresif dan berani membentak. Dan jika handphone yang dipegangnya dipaksa diambil, maka dia mulai menangis. Fakta ini menunjukkan bahwa akan ada sebuah kekhawatiran tersendiri bagi orang tua terhadap perkembangan kondisi mental sanga anak.

- Gangguan pada radang sendi Bahaya game lainnya datang dari sebuah penelitian di Inggris dan Amerika Serikat menemukan gejala sakit dan nyeri pada anak-anak setelah bermain game di handphone atau membuka aplikasi lainnya selama berjam-jam. Hal ini dipicu oleh gerakan tangan yang sama dan berulang-ulang saat anak bermain game di handphone.

Jika dalam keadaan yang parah dapat menimbulkan rasa nyeri yang dahsyat di pergelangan tangan. Meskipun saat ini banyak sekali game maupun aplikasi yang dikembangkan khusus bagi anak-anak, namun tetap saja penggunaan yang berlebihan dapat berakibat fatal bagi anak-anak. Orangtua harus lebih sering mengawasi ketika anak bermain game di handphone. Pemberian batas waktu bermain game setidaknya harus diterapkan pada anak dan ajaklah anak Anda keluar ruangan sesekali untuk menghirup udara segar dan warna-warna hijau daun untuk membuat matanya lebih rileks. [FJ]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel