Transformasi Jam Tangan Unik Berteknologi Tinggi dari Masa ke Masa

3 May 2013 07:30 4199 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejak diperkenalkan dan bahkan sejak ide jam pintar muncul, banyak kalangan yang meramalkan Google atau Apple akan menjadi vendor pertama yang resmi meluncurkan jam tangan pintar, ini dia transformasinya dari masa ke masa.

Desain komputer dari hari ke hari dirancang makin sederhana, makin praktis, namun tetap mampu untuk menopang kinerja sehari-hari. Bentuk dan ukurannya pun berubah mengikuti perkembangan zaman, dan nampaknya terlihat bahwa trend dari masa ke masa menunjukkan perubahan dari ukuran komputer itu sendiri. Yang berdampak pada jam tangan unik dan berteknologi tinggi (smart wristwatch).

Kita tentunya masih ingat bahwa dulu komputer terdiri dari sebuah monitor besar, sebuah CPU yang tidak kalah besarnya, serta beberapa perangkat untuk input informasi, misalnya mouse dan keyboard. Kini keberadaan benda-benda merepotkan tersebut telah mengalami trend peralihan. Komputer portabel sekarang makin digemari, dan tablet atau smartphone yang memiliki kemampuan pengolah data yang baik diburu banyak orang karena mobilisasinya yang fleksibel. Sekarang, layar tersebut berubah sangat kecil dan disematkan pada jam tangan unik berteknologi tinggi.

Menanggapi hal ini, beberapa perusahaan telah melihat potensi jam tangan sebagai komputer kecil, dan berusaha mengimplementasikan ide masing-masing ke dalam produk-produk yang mereka buat. Berbagai produk telah menjadi tahap uji coba. Ada yang sukses, namun ada juga yang tidak dilanjutkan. Tapi nampaknya, impian untuk menyematkan sebuah komputer canggih pada perangkat praktis ini masih belum padam, karena sampai sekarang masih banyak perusahaan elektronik yang mncoba untuk membuat perangkat penunjuk waktu ini menjadi sebuah perangkat yang dapat melakukan berbagai hal yang lebih rumit.

Baru-baru ini Apple dikabarkan tengah memulai sebuah proyek untuk membuat sebuah jam tangan unik yang pintar dengan nama iWatch. Samsung juga telah memberikan pernyataan bahwa pihaknya juga bersiap-siap untuk memproduksi benda yang nyaris sama. Jika melihat ke belakang, sebenarnya konsep membuat komputer pada sebuah jam tangan memang bukan barang baru. Mode awal dari pembuatan jam tangan pintar ini cenderung hanya memiliki keunggulan pada game, kalkulator, translator, maupun tugas-tugas mudah yang lain. Berikut adalah sejarah perjalanan ide komputer pada jam tangan, dari berbagai penjuru dunia dengan teknologi masing-masing.

Tahun 1999

Seorang developer bernama Donald Brewer mengembangkan sebuah prototipe jam tangan unik dengan sistem operasi Palm. Jam tangan ini merupakan sebuah inovasi yang tergolong sangat maju pada saat itu, karena Palm sedang menjadi sistem operasi penting yang menyertai berbagai perangkat PDA. Pada saat itu, PDA merupakan teman sejati untuk para pebisnis.

Jam tangan ini dikembangkan oleh Brewer dengan menggaet Fossil Inc, dan kolaborasi ini akhirnya melahirkan Fossil Wrist PDA dengan ukuran layar seperti arloji biasa, namun telah mendukung resolusi 160 x 160 piksel. Untuk perangkat internalnya, jam tangan unik ini telah dilengkapi dengan CPU Mtorola Dragonball Super VZ 66 MHz degnan RAM 8MB. Perangkat unik yang satu ini disebut sanggup mengerjakan berbagai perintah rumit, salah satunya adalah proses sinkronisasi dengan PC dan kemampuan untuk melakukan beberapa hal yang biasa dilakukan di PDA. Dikenal oleh dunia sejak tahun 2003-2005, Fossil Wrist PDA ini pada waktu itu dilepas dengan harga US$ 250.

 

Baca juga :

                jam tangan buat "nyontek" beredar di AMAZON

                6 Game Fighting Terbaik di Smartphone Android

 

Tahun 2000

IBM memiliki ide lain tentang jam tangan unik ydengan kemampuan komputer ini. Prototipe jam tangan komputer buatan IBM ini diperkuat dengan sistem operasi Linux 2.2. Linux Watch ini memiliki memori sebesar 8 MB, ditunjang dngan keberadaan accelerometer, vibrasi, serta sensor sidik jari.

Berkolaborasi dengan Citizen pada akhirnya, IBM berhasil merilis sebuah arloji komputer yang dinamai WatchPad. Fitur yang diusung oleh jam tangan unik ini adalah layar 320 x 240 QVGA piksel,  dengan fitur kalender, Bluetooth, RAM 8 MB dan 16 GB memori flash. Dilepas dengan harga US$ 399, perangkat ini tidak selaris prediksi, dan proyek jam tangan canggih ini dihentikan sejak tahun 2001-an.

Tahun 2013

Ide jam tangan pintar dilanjutkan oleh Pebble pada awal tahun 2013. Memiliki OS Pebble, jam tangan ini rencananya akan dapat terhubung dengan iPhone dan Android. Selain itu, dengan menggunakan jam ini kita dapat mengolah email, mengolah panggilan, serta mengelola folder pesan.

Ide ini kemudian juga dikembangkan oleh Sony. Sony mengembangkan jam tangan sederhana dengan berbagai fitur canggih, diantaranya membaca email dan SMS, serta menampilkan berbagai notifikasi yang muncul pada perangkat. Selain yang disebutkan, masih banyak keunggulan jam tangan unik buatan Sony ini, namun nampaknya pihak Sony sendiri masih kurang terbuka dalam memperkenaklan konsep yang mereka pikirkan.[BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel