Berbagi Video, Foto, Dan Document Pada Windows Phone Melalui Layanan Cloud Skydrive

4 May 2013 21:00 4012 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Satu perkembangan yang ditampilkan oleh Windows Phone 8 adalah memperbesar dukungan SkyDrive, yang merupakan layanan cloud dari Microsoft dimana akan memberikan jalan bagi penggunanya untuk melakukan upload dan sync foto, musik, video, dan yang lainnya antar perangkat yang berbeda. Windows Phone 7 membatasi layanan seperti ini, dan aplikasi pertama untuk layanan cloud muncul pada tahun 2012. Untuk pengguna Windows Phone 8,akses pada layanan ini dapat melalui Office Hub dan aplikasi official-nya sendiri yang bisa Anda dapatkan gratis dan tersedia di Windows Phone Store. Bersaing dengan berbagi kompitor lainnya dalam kelas layanan cloud seperti misalnya Box, Dropbox, dan Google Drive, bagaimana SkyDrive dapat memenangi pertarungan pada platform Windows Phone?

Satu perkembangan yang ditampilkan oleh Windows Phone 8 adalah memperbesar dukungan SkyDrive, yang merupakan layanan cloud dari Microsoft dimana akan memberikan jalan bagi penggunanya untuk melakukan upload dan sync foto, musik, video, dan yang lainnya antar perangkat yang berbeda. Windows Phone 7 membatasi layanan seperti ini, dan aplikasi pertama untuk layanan cloud muncul pada tahun 2012. Untuk pengguna Windows Phone 8,akses pada layanan ini dapat melalui Office Hub dan aplikasi official-nya sendiri yang bisa Anda dapatkan gratis dan tersedia di Windows Phone Store.

Bersaing dengan berbagi kompitor lainnya dalam kelas layanan cloud seperti misalnya Box, Dropbox, dan Google Drive, bagaimana SkyDrive dapat memenangi pertarungan pada platform Windows Phone? Satu tujuan utama penggunaan aplikasi SkyDrive pada Windows Phone adalah agar kita dapat secara otomatis menyinkron gambar yang bau kita ambil melalui kamera ponsel. Cara-cara ini akan mudah untuk Anda atur dan proses upload akan berjalan dengan cepat, tentu saja tergantung juga pada koneksi internet Anda.

Selain itu, aplikasi SkyDrive juga memberikan Anda jalan untuk menjelajahi berbagai hal yang Anda simpan melalui akun yang Anda miliki, memberikan kesempatan untuk melihat daftar, mampu membuat folder dan memindahkan file, serta berbagi konten melalui berbagai kontak email. Memeriksa sisa kapasitas penyimpanan juga dapat Anda lakukan, ditambah layanan cloud ini mampu me-manage foto yang Anda upload dan ukuran download. Untuk pengguna yang tertarik dengan file document Office, aplikasi SkyDrive memberikan Anda jalan untuk melakukan browsing dan membuka document melalui aplikasi Microsoft Office pada Windows Phone Anda. Apa yang paling menarik dari aplikasi ini adalah mudahnya penggunaan aplikasi SkyDrive itu sendiri.

Dari saat pertama Anda menjalankan SkyDrive, Anda akan diberi pemberitahuan jika layanan cloud ini akan mengakses langsung pada koleksi file dan folder Anda, memberikan akses yang cepat pada gambar dan video yang Anda miliki, serta berbagai document yang ada pada penyimpanan Anda. File terakhir yang Anda lihat dapat ditampilkan kembali, selain itu ada juga fitur berbagi file, pencarian berbagai file, mengganti tampilan, membuat folder baru, memilih file secara spesifik, serta semua pengaturan-pengaturan dapat dilakukan dengan drag menu, dan perubahan yang ada akan tergantung pada tampilan yang sedang Anda gunakan. Menyinkron foto yang baru Anda ambil ke SkyDrive akan dapat Anda lakukan dengan simpel, dan hal ini akan membantu Anda agar file Anda tetap aman jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada ponsel Anda.

 

Baca juga :

                Mengenal 4 Layanan Cloud Gratis: Box, Mozy, HiDrive, dan JustCloud

                6 Game Fighting Terbaik di Smartphone Android

 

Dalam Windows Phone, Anda dapat mengelola proses sinkronisasi melalui Settings, kemudian menuju ke Applications, lalu Photo+Camera dan aktifkan SkyDrive untuk layanan cloud yang akan meng-upload foto dan video Anda nantinya. Apabila Anda adalah orang yang sering memanfaatkan ponsel untuk mengetik tugas atau pekerjaan, setiap document dan spreadsheet yang Anda buat pada ponsel dapat disimpan pada SkyDrive dengan menggunakan opsi Save as. Setelah file tersebut tersimpan pada cloud, SkyDrive akan melanjutkan tugasnya dengan mengalihkan pada suatu lokasi untuk membuka file, agar file masih dapat dibuka jika sewaktu-waktu tidak ada koneksi internet. Untuk browsing file pada SkyDrive, semua yang Anda butuhkan adalah membuka aplikasi dan memilih folder yang Anda inginkan. Anda akan diperlihatkan daftar file dan konten pada SkyDrive, dari video hingga musik, kemudian document dan juga foto. Semua diurutkan berdasarkan abjad, dan dengan sekali tap, Anda dapat membuka file yang dipilih.

Secara umum, Word document akan dibuka melalui Word mobile, File musik dapat dibuka melalui media player, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat format file Office berdasarkan Word, Power Point, dan Excel, dan akan disimpan sebagai Microsoft Office Open XML Format atau Open Document Format. SkyDrive memiliki cara-caranya tersendiri untuk dapat menyaingi layanan cloud lainnya seperti Dropbox dan Google Drive. Dengan kerja yang cepat serta akses langsung file yang Anda miliki ke penyimpanan SkyDrive, maka segala bentuk file Anda akan dikontrol dengan mudah. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Windows Store.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel