Arduino: Revolusi Teknologi Mikrokontroler dari Open Source

28 Apr 2013 21:00 3231 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
apa itu arduino? Meski terdengar asing, tetapi bagi penggemar robot, arduino adalah istilah yang biasa saja. Yuk simak pengertian apa itu arduino.

Sebelum kita mengenal Arduino kita bisa mengawalinya dengan membicarakan hobi kita mengutak atik peralatan elektronik. Hobi mengutak atik peralatan elektronik adalah hobi yang banyak digemari oleh banyak orang di dunia. Mengutak atik perlatan elektronik adalah salah satu cara untuk menyalurkan bakat atau keinginan yang terpendam. Akan tetapi bagi beberapa orang, mewujudkan hobi semacam ini kadang bisa menjadi sesuatu yang sulit karena beberapa alasan. 

Alasan pertama adalah alasan tidak memiliki waktu luang yang cukup. Alasan kedua biasanya mereka tidak memiliki teman atau relasi yang bisa menjadi tempat berbagi dan bertanya. Alasan terakhir dan klasik adalah keterbatasan dana. Sebagai akibatnya, setelah hobi ini berjalan beberapa saat, kita hanya akan membiarannya begita saja. Jika Anda mengalami hal ini, Arduino adalah sesuatu yang Anda perlukan. 

Apa itu Arduino? Arduino adalah solusi jika Anda mengalami masalah yang sama seperti di atas. Arduino adalah salah satu cara yang akan membuat Anda mudah dalam mempelajari elektronika secara umum. Tentu saja ini akan berhubungan dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Arduino adalah tren yang sedang berkembang. Secara sedrhana, apa itu Arduino bisa dijelaskan sebagai pengendali mikro single board. Ini bersifat open source yang berarti bisa dan boleh disalin oleh siapa pun, diambil dari wiring platform, dan didesain untuk membuat pengguna mudah menggunakan peralatan elektroniik di berbagai bidang. Perangkat keras Arduino disuport oleh Amel AVR dan perangkat lunak atau softwarenya memiliki bahasa pemrograman yang khas dan berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain. Sifatnya yang open source membuatnya bisa ditiru dengan terbuka. Dari penjelasan singkat di atas bisa disimpulkan bahwa apa itu Arduino adalah semacam komputer kecil yang bisa Anda desain dengan bahasa pemrograman tertentu untuk melakukan banyak pekerjaan. 

Sebagai contoh, berkomunikasi dengan sekitarnya melalui sensor elektronik, motor dan lampu. Bahkan dengan Arduino ini Anda bisa melakukan kerja-kerja super berat yang mejadi ide gila dan gagasan Anda yang lama terpendam. Dengan kata lain Arduino sangat tepat begi mereka yang punya mimpi-mimpi yang kreatif dan ingin mewujudkannya. 

Kemuculan Arduino dipicu dengan mahalnya harga komponen peralatan elektronik. Bagi para mahasiswa dan pelajar, ini adalah suatu faktor penghambat cita-cita dan gagasan-gagasan yang futuristik. Proyek Arduino sendiri pada awalnya dimulai di Ivrea Italia pada sekitar tahun 2005. tokoh arduino pertama adalah David Cuartielles dan Massimo Banzi yang membuat sistem peralatan ini sebagai open source yang memungkinkannya untuk dikembangkan secara terbuka tanpa seizin mereka. Apa itu Arduino telah membuta pikiran Anda terbuka untuk hal-hal yang tampaknya tidak mungkin menjadi mungkin dalam elektronika. 

Open Source Dengan bersifat open source, Arduino tersedia secara luas di Internet baik hardware atau softwarenya. Anda bisa membelinya dan merakitnya sendiri atau jika ingin mendukung perkembangan Arduino Anda bisa membeli versi aslinya tetapi ini bukan suatu keharusan karena sifatnya yang open source. Open source adalah pemahaman pertama tentang apa itu Arduino yang harus Anda ketahui pertama kali. 

Konektivitas Jika Anda membaca penjelasan tentang apa itu Arduino, dan Anda memahaminya sebagai suatu robot, kurang lebih pemahaman Anda sudah benar. Arduino bisa beroperasi sendiri atau terhubung dengan komputer. 

 

Baca juga :

                Sirius, Proyek Asisten Virtual Berbasis Open Source.

                Review Acer Aspire AXC605: Desktop PC Simpel dan Andal

 

Kaya dukungan Sebagai salah satu sistem yang bersifat open source, Arduiono telah mendapat banyak dukungan yang luar biasa dari para penggemarnya maka tidak aneh jika setelah memahami tentang apa itu Arduino mereka akan menyumbangkan berbagai ide kreatif. 

Fleksibelitas dan biaya Dibandingkan dengan pengendali mikro di pasaran Ardiono bisa menjadi peralatan yang paling berguna dan murah. Dengan memakai bahasa pemrograman yang mudah Anda sudah bisa membuat arduino Anda sendiri. Apa itu ardiono adalah sesuatu yang sangat berguna bagi peralatan elektronika secara umum dan dalam dunia robot secara khusus. Setelah mempelajari tentang apa itu Arduino Anda bisa melakukan percobaan yang revolusioner. Dengan kata lain Anda bisa melakukannya dengan mudah dan sederhana tanpa harus menempuh pendidikan yang tinggi. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel