Merger dan Akuisisi Paling Dahsyat di Dunia Teknologi

30 Apr 2013 16:15 4829 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Merger dan Akuisisi adalah hal yang biasa terjadi di dalam dunia bisnis, termasuk dalam dunia teknologi karena di dalamnya terdapat elemen bisnis yang juga dominan, ini dia Merger dan Akuisisi paling dahsyat sejagat teknologi

Agar semakin berkembang, perusahaan teknologi pasti membutuhkan komponen-komponen pendukung. Komponen itu bisa dirdirikan sendiri oleh perusahaan yang sama atau mungkin disediakan oleh perusahaan lain. Urgansi kebutuhan akan komponen pendukung itu membuat sebagian besar perusahaan teknologi melakukan merger dan akuisisi.

Merger adalah penggabungan dua atau beberapa perusahaan. Perusahaan yang me-merger membeli aset perusahaan yang di-merger. Perusahaan yang di-merger akan berhenti beroperasi. Merger juga bisa diartikan sebagai penyerapan satu atau beberapa perusahaan oleh prusahaan lain. Selain merger, sebagian besar perusahaan teknologi juga ada yang melakukan akuisisi. Akuisisi adalah pembelian aset atau saham perusahaan lain. Berbeda dengan merger, pada akiusisi, perusahaan yang dibeli tetap ada dan bisa beroperasi. Merger dan akuisisi bisa terjadi dengan biaya kecil hingga miliaran dolar. Sebagai strategi bisnis, merger atau akuisisi, yang dilakukan perusahaan, juga bisa mengalami kegagalan. Jika hal itu terjadi, perusahaan yang diakuisisi menjadi semakin tenggelam. Dalam bisnis teknologi, setidaknya ada 12 akuisisi yang paling menghebohkan, yaitu :

Microsoft Akuisisi 86-DOS

Peristiwa merger dan akuisisi yang pertama dibahas di artikel ini adalah saat Bill Gates dan Paul Allen (pendiri Microsoft) membeli QDOS atau 86 DOS dari Seattle Computer Product. Akuisisi ini adalah upaya terakhir untuk memenuhi kebutuhan IBM OS 16 bit, yang akan digunakan untuk lini komputer personal. Dana yang diperlukan untuk akuisisi ini adalah sebesar USD 25 ribu. Dengan tambah lagi sebesar USD 50, keduanya berhak memiliki atau me-merger 86-DOS. Proses merger ini memungkinkan Microsoft untuk membuat linsensi software PC yang berikutnya dikenal dengan Windows.

Apple Akuisisi Next

Dari sekian banyak peristiwa merger dan akuisisi, akuisisi Apple atas Next bisa dibilang unik dan inspiratif. Apple pernah mengalami keterpurukan di bawah pimpinan CEO John Scluley pada tahun 1990-an. Apple bermaksud untuk mengajak kembali Steve Jobs untuk memimpin kembali perusahaan yang telah didirikannya. Caranya dengan membeli perusahaan Next senilai USD 404 di tahun 1997. Sebagaimana diketahui, Next adalah perusahaan komputer yang juga didirikan oleh Jobs saat dia keluar dari Apple. Dengan penggunaan teknologi Next pada komputer Apple, Jobs mampu membuat perusahaan itu mengalami kejayaan hingga sekarang.

Microsoft Akusisi Hotmail

Tidak hanya hanya melakukan merger dan akuisisi atas 86 DOS, Microsoft juga pernah mengakuisisi Hotmail. Nilai akuisisi layanan email ini mencapai USD 400 juta. Sejak proses akuisisi itu, pengguna Hotmail semakin meningkat. Hotmail juga sempat mendukung aplikasi Windows Live Messenger dan SkyDrive sebelum akhirnya digantikan oleh Ms. Outlook.

 

Baca juga :

                15 Menit Baterai Smartphone Terisi Penuh? Inilah Teknologinya

                5 teknologi baru ini membuat menusia tercekam

 

Hewlett Packard Akuisisi Compaq

Dari deretan peristiwa merger dan akuisisi, ada akusisi yang dilakukan Hewlett Packard atas Compaq pada tahun 2002. Nilai akuisisinya mencapai USD 25 miliar. Akuisisi ini terbilang suskses. Dengan dukungan Compaq, HP mampu menjadi produsen komputer terbesar dalam volume penjualan dan berhasil mengalahkan Dell. Saat ini, komputer dengan merek Compaq juga masih bisa ditemukan di pasaran.

eBay Akuisisi PayPal

Merger dan akuisisi juga bisa terjadi antara situs perdagangan online dan situs e-currency atau pembayaran online. Sebelumnya, eBay menggunakan Billpoint untuk keperluan transaksi online. Namun, pembayaran dengan Billpoint dirasa kurang berhasil. Dengan melihat perkembangan PayPal, eBay pun membeli situs e-currency itu dengan harga USD 1,5 miliar. Dengan PayPal, konsumen bisa membayar barang yang dijual di eBay secara online. Proyek merger dengan PayPal ini bisa dikatakan berhasil. Pada 2012, PayPal menyumbang pendapatan eBay sebesar 40%.

Google Akuisisi Android

Merger dan akuisisi yang terakhir dibahas di artikel ini adalah saat Google membeli perusahaan Android dari Andy Rubin pada Agustus 2005. Nilai pembelian itu diperkirakan sebesar USD 50 juta. Saat ini, Android telah menjadi OS (Operating System) yang banyak dipakai di mobile. Aplikasi robot hijau ini diprediksi akan berlangsung lama karena aktivasinya dilakukan setiap hari.
Selain yang telah disebutkan, masih banyak proses merger dan akuisisi lain yang cukup menghebohkan diantaranya, Lenovo Akuisisi Divisi PC IBM, Disney Akuisisi Pixar, AMD Akuisisi ATI Technologies, Google Akuisisi YouTube, Facebook Akuisisi Instagram, dan Google Akuisisi Motorola. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel