Ternyata Sistem Operasi Android Bisa Dikembangkan Menjadi Robot Android

16 Mar 2012 16:00 4960 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa manusia cerdas dan kreatif nyatanya telah mendobrak nilai-nilai penggunaan sistem operasi tersebut dengan menciptakan robot Android. Simak ulasan dua robot Android plus satu mesin Android Bartender berikut ini.

Berawal dari sebuah imajinasi manusia, robot menjadi perangkat yang benar-benar lahir ke dunia. Awalnya robot adalah serangkaian perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik dibawah kendali dan pengawasan manusia. Mereka dijalankan dengan beragam program kecerdasan buatan.

Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, kehadiran robot telah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari manusia dalam berbagai jenis dan bentuk. Hal tersebutlah yang sepertinya menjadi alasan sistem operasi Android yang saat ini hanya dikenal digunakan pada peragam perangkat teknologi mobile di dunia. Beberapa manusia cerdas dan kreatif nyatanya telah mendobrak nilai-nilai penggunaan sistem operasi tersebut dengan menciptakan robot Android. Simak ulasan dua robot Android plus satu mesin Android Bartender berikut ini.

RIC Android

Kabarnya, logo robot hijau Android diambil dari karakter Android pada permainan Gauntlet. Dengan bentuk yang dibuat sama persis dengan ikon Android tersebut, RIC Android menjadi robot yang menggunakan sistem operasi pertama di dunia. Robot Android ini dikembangkan oleh Brilliant Service dan RT Corp. Dua perusahaan tersebut berasal dari negara Jepang yang dikenal banyak sekali menciptakan robot. Robot Android ini mampu melakukan banyak hal seperti berjalan, melambaikan tangan hingga berbicara. Semua kemampuan RIC Android ini dapat dikendalikan langsung melalui koneksi WiFi yang terkoneksi pada ponsel Android. RIC Android dapat memainkan musik menggunakan speaker yang telah terpasang di dalamnya. Pada dasarnya, robot ini didesain untuk membantu keperluan perusahaan mempromosikan perangkat Android miliknya.

 

RIC android

 

iZac

Berbeda dengan RIC Android yang hanya dapat melakukan sedikit kegiatan fungsional, robot Android satu ini dapat membantu meringankan kerja para bartender, bahkan mengancam posisi bartender untuk meramu minuman. Seorang pengembang robot bernama Nick Johnson telah menciptakan robot bernama iZac yang dapat meramu minuman secara otomatis. Bentuk robot Android ini memang tidak semewah RIC Android, namun iZac memilik dua platform berputar dimana masing-masing dari platform tersebut dapat memegang gelas dan meramu minuman. Fitur lain agar proses peramuan minuman berjalan sempurna adalah pompa akuarium, katup, tabung, serta timbangan digital agar iZac dapat meramu proporsi sempurna dari minuman yang dipesan. Dalam videonya, Nick menggunakan perangkat Motorola Xoom untuk memberikan perintah kepada robot Android buatannya. Jika Anda ingin mengetahui rincian teknis atau skema dari produk Nick Johnson ini, Anda dapat mengaksesnya di sini.

 

iZac making real cocktails at the Creative Sandbox

 

Android Arduino

Seorang pria asal Taiwan rupanya tak mau kalah dengan menciptakan robot Android buatannya sendiri. Sama seperti halnya RIC Robot, ia menciptakan robot menggunakan tampilan ikon si robot hijau. Namun uniknya pria ini menciptakan robot bernama Arduino Android dari bahan tempat sampah. Arduino Android dapat bergerak maju dan munduh, bahkan berputar 360 derajat. Robot Android ini pun dapat menggerakkan kaki dan tangannya dengan kontrol yang dilakukan pada remote pengendali. Penggunaan nama Arduino pada robot Android ini terkait teknologi microcontroller yang dikembangkan untuk melakukan interaksi objek. Teknologi tersebut akan menerima perintah yang dikirimkan ke dalam saklar untuk mengatur motor dan lampu dari robot.

 

Arduino Android modified: æ ¹æè¦æ±...AAæ¹ååè²...ç¶å¾å ...ä»è¡...

 

[MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel