Cara Membuat Ringtone iPhone Menggunakan GarageBand

13 Mar 2012 18:00 6690 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apel menjadi berita utama pekan lalu dengan meluncurkan ringtone eksklusif di iTunes yang menampilkan musik oleh The Beatles. Seperti penawaran ringtone lainnya, ringtone ini dijual secara terpisah dari versi lengkap lagu tersebut, setiap ringtone dibanderol dengan harga $1,29 dan hanya mencakup klip pendek dari sebuah lagu. Jika Anda sudah memiliki ringtone tersebut dan ingin versi penuh dari lagu tersebut, Anda harus membayar lagi. Tahukah Anda bahwa terdapat cara membuat ringtone iPhone yang bisa Anda lakukan sendiri!

Apel menjadi berita utama pekan lalu dengan meluncurkan ringtone eksklusif di iTunes yang menampilkan musik oleh The Beatles. Seperti penawaran ringtone lainnya, ringtone ini dijual secara terpisah dari versi lengkap lagu tersebut, setiap ringtone dibanderol dengan harga $1,29 dan hanya mencakup klip pendek dari sebuah lagu. Jika Anda sudah memiliki ringtone tersebut dan ingin versi penuh dari lagu tersebut, Anda harus membayar lagi. Tahukah Anda bahwa terdapat cara membuat ringtone iPhone yang bisa Anda lakukan sendiri! Apple tidak menyembunyikan fakta kepada Anda bahwa ada cara membuat ringtone iPhone yang bisa dibuat secara gratis, hanya saja hal tersebut tidak diiklankan secara luas.

Banyak pengguna iPhone yang masih tidak menyadari bahwa cara membuat ringtone iPhone sendiri dari musik yang sudah Anda miliki (atau bahkan musik yang Anda buat) sangatlah mudah. Apakah itu The Beatles, Lady Gaga, Rolling Stones atau mungkin Ayu Ting Ting, Anda dapat membuat ringtone iPhone sesuka hati tanpa harus mengeluarkan sepeserpun. Cara membuat ringtone iPhone termudah adalah melalui GarageBand, dan pada artikel kali ini Plimbi akan membahas langkah-langkah untuk membuat ringtone iPhone menggunakan software DAW *(digital audio workstation)* ini.

GarageBand biasanya sudah menjadi bagian dari paket iLife Suite Mac OS X, tetapi Anda juga dapat membelinya secara terpisah melalui App Store Mac seharga $14,99. Anda tidak perlu memiliki GarageBand versi terbaru —GarageBand versi 11— untuk membuat ringtone iPhone. Versi GarageBand yang lebih tua pun dapat melakukan fungsi yang sama. Jadi, apabila GarageBand Anda masih versi lama yang datang dengan paket Mac OS X Anda, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan "upgrade".

Berikut langkah-langkah membuat ringtone iPhone menggunakan GarageBand: Untuk memulai membuat ringtone iPhone, ciptakan new project di GarageBand dan buka "browser" media dengan mengklik tombol dengan lambang not musik di sudut kanan bawah. Dengan asumsi Anda memiliki lagu yang ingin digunakan sebagai ringtone dalam iTunes Library, langkah ini adalah di mana Anda dapat mencari file lagu tersebut. Cari lagu yang akan berubah menjadi nada dering dan drag ke area utama. Langkah ini akan meciptakan list new track baru di sisi kiri layar. Klik catatan musik pada panel LCD di bagian bawah dan pilih Time.

Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah menyesuaikan panjang klip lagu Anda. Selanjutnya, klik tombol cycle (terlihat seperti ikon repeat song di iTunes pada panel kontrol. Ini akan menambahkan *bar* kuning di atas layar di mana Anda dapat menariknya sekitar bagian dari lagu yang ingin Anda ubah menjadi ringtone. Ketika Anda mendengarkan lagu dengan cycle control dihidupkan, GarageBand hanya akan memutar bagian lagu yang ditandai dengan *bar* kuning.

Panjang bagian klip lagu yang ingin Anda jadikan ringtone bisa Anda tentukan sendiri dengan maksimal 40 detik untuk ringtone, atau 30 detik untuk jenis ringtone lain (ringtone SMS, "email". Anda mungkin tidak ingin awal lagu menjadi ringtone, jadi silakan bereksperimen dengan menyeret indikator untuk menentukan bagian dari lagu yang paling Anda sukai untuk menjadi ringtone. Setelah semua proses pada poin sebelumnya telah selesai, Anda bisa menyimpan project dengan nama yang ingin Anda gunakan untuk nada dering Anda. Selanjutnya pergi ke menu Share pada GarageBand dan pilih Send Ringtone to iTunes.

Kemudian iTunes akan terbuka dan Anda akan dapat menemukan ringtone yang baru dibuat di label Tones pada bagian sisi kiri iTunes. Sekarang Anda siap untuk menempatkan ringtone yang baru saja Anda buat ke iPhone. Pastikan iTunes telah mendeteksi iPhone baik dengan cara menghubungkannya melalui kabel atau melalui WiFi Sync. Klik Tones di bagian atas layar Sync iPhone lalu centang kotak untuk mulai sinkronisasi ringtone Anda. Anda dapat mengirimkan semua ringtone iPhone di *Tones Library iTunes* atau hanya memilih beberapa.

GarageBand memberikan kemudahkan dalam cara membuat ringtone iPhone sendiri, tetapi Anda juga bisa menggunakan software lain. Pilihan software lain, khususnya apabila Anda menggunakan platform Windows, adalah QuickTime Player atau Audacity yang tersedia secara gratis. Di antara kedua software ini, Paseban menyarankan Anda menggunakan Audicity, karena tampilan dan penggunaan lebih memudahkan Anda untuk melihat dan memotong klip jika dibandingkan QuickTime Player. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel