Tips Menghindari Membeli Baterai BlackBerry Palsu

11 Mar 2012 15:00 4886 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kegemaran para pengguna *smartphone* BlackBerry adalah seringnya berganta-ganti baterai. Entah alasan apa yang melatarbelakngi para pengguna BlackBerry ini sering berganti baterai, kemungkinan besar karena budaya penggunaan BlackBerry yang tidak tepat.

Kegemaran para pengguna smartphone BlackBerry adalah seringnya berganta-ganti baterai. Entah alasan apa yang melatarbelakngi para pengguna BlackBerry ini sering berganti baterai, kemungkinan besar karena budaya penggunaan BlackBerry yang tidak tepat. Seperti cara pen-charge-an baterai BlackBerry yang tidak sehat atau bisa juga perilaku dari pengguna BlackBerry tersebut yang tidak peduli dengan kondisi penggunaan yang berlebihan.

Dirasa atau pun tidak, penggantian baterai BlackBerry yang sering sekali tersebut akan menimbulkan berbagai efek negatif untuk ponsel itu sendiri. Mulai dari tidak optimalnya lagi penggunaan power yang disalurkan ke ponsel atau malah berubahnya kondisi ponsel tersebut dengan keadaan "mati-hidup” tanpa sepengetahuan penggunanya. Apalagi ditunjang dengan kondisi baterai BlackBerry yang tidak orisinal, atau biasa disebut aspal, asli tapi palsu.

Memang bukan rahasia umum lagi, praktek penjualan baterai BlackBerry palsu ini beredar di pasaran. Dengan budaya konsumerisme pengguna BlackBerry yang semakin tinggi, maka semakin suburlah praktek-praktek penjualan baterai BlackBerry palsu ini. Jika Anda tidak jeli dengan kondisi seperti ini, maka Anda sendirilah yang akan menjadi korban. Ponsel BlackBerry Anda tidak akan berjalan seoptimal dulu kala.

Berikut ini, Plimbi akan membeberkan tips menghindari pembelian baterai BlackBerry palsu:

Perhatikan Harga Produk

Kebiasaan pengguna BlackBerry yang suka dengan harga-harga murah mungkin sudah bukan jamannya lagi. Karena banyak studi kasus yang menyebutkan bahwa tidak ada harga baterai BlackBerry yang murah. Anda harus benar-benar teliti dalam melakukan proses pembelian, banyak para oknum yang merubah harga baterai ponsel BlackBerry menjadi lebih tinggi ataupun lebih rendah untuk mengelabui para pembelinya. Cobalah untuk tidak ragu menanyakan, jenis baterai apa dan dari mana asalnya karena di pasaran saat ini, banyak beredar baterai BlackBerry "OC” yaitu Original Cina.

Baterai BlackBerry Orginal Cina ini tergolong murah dan bisa ditemui di banyak tempat, tetapi soal performa dan kekuatan daya penyimpanannya masih jauh jika dibandingkan dengan baterai BlackBerry orisinal.

Untuk sekedar tips penanggulangan, Anda bisa mencari referensi harga baterai BlackBerry yang benar-benar orisinal dan membeli produk baterai di gerai-gerai resmi BlackBerry.

Melihat Kondisi Hologram Keaslian Baterai

Teliti kembali pada saat Anda melakukan pembelian baterai BlackBerry ini, perhatikan dengan seksama hologram berlisensi khusus dari pihak produsen. Jangan terkecoh dengan hologram palsu yang ditempel dengan asal di body baterai. Mungkin untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat hologram pada baterai BlackBerry yang sudah lama. Anda akan melihat perubahan mencolok, mana hologram yang asli dan yang palsu.

Teliti Teks dan Label Packing Baterai

Sepintar-pintarnya oknum pemalsu mengelabui Anda sebagai pembeli, masih ada sedikit celah yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian baterai BlackBerry tersebut. Dengan cara meneliti dan mengenali label belakang pack baterai BlackBerry tersebut. Pada baterai BlackBerry palsu cetakan label pack terlihat sedikit buram, karena memang pembuatan cetakan label pack ini tidak masuk di pabrik resmi dari produsen utama. Jika di perbolehkan oleh penjualnya, lakukan usapan pada permukaan label tersebut dengan jari, Anda saja teks label tersebut mudah hilang dipastikan bahwa baterai BlackBerry tersebut adalah palsu.

Perhatikan Stempel Pack Baterai Original

Tips terakhir untuk Anda sekalian adalah melihat dengan seksama stempel pack keoriginalan baterai. Banyak ditemukan baterai BlackBerry dengan kondisi kualitas yang berbeda-beda. Ada yang bertipe KW-1 sampai ber tipe KW-3, dengan kondisi tipe-tipe seperti inilah Anda sebagai pengguna jangan sampai ikut larut dengan kondisi tipe baterai BlackBerry yang ber KW-1. Karena banyak oknum jahat yang juga ikut mencampur antara baterai KW-1 dan KW-2, sehingga keuntungan yang di peroleh mereka jauh lebih besar. Tetap telitilah kondisi tipe baterai BlackBerry dengan tipe KW-1 meskipun sudah terlihat menyakinkan.

Melihat beberapa paparan tips menghindari pembelian baterai BlackBerry palsu di atas,
Semoga Anda semakin waspada dan teliti dalam setiap pembelian baterai BlackBerry baru yang dijual di pasaran. [AD]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel