Kenali Lebih Dekat Seluk Beluk Perangkat Keras Keyboard dan Mouse Yang Anda Gunakan

30 Apr 2013 10:45 3325 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keyboard dan mouse merupakan alat input yang harus ada pada sistem komputer, tanpa kedua perangkat tersebut komputer tak berguna. Dan tentunya semua orang pasti tahu kedua alat itu digunakan untuk membantu menggunakan peralatan komputer. Kedua peralatan itu sama pentingnya karena dibutuhkan oleh setiap pengguna komputer.

Keyboard dan mouse merupakan alat input yang harus ada pada sistem komputer, tanpa kedua perangkat tersebut komputer tak berguna. Dan tentunya semua orang pasti tahu kedua alat itu digunakan untuk membantu menggunakan peralatan komputer. Kedua peralatan itu sama pentingnya karena dibutuhkan oleh setiap pengguna komputer. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras atau hardware pada komputer. Fungsinya tentu tidak sama dengan fungsi perangkat keras lainnya yang ada pada komputer seperti pada mouse, monitor, CPU dan lain sebagainya. Kedua alat tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda. Komputer akan dapat berjalan jika rangkaian perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sudah dirangkai dengan benar.

Sejarah Keyboard dan Mouse

Meskipun sama- sama berjenis hardware pada komputer, namun peralatan keyboard dan mouse diciptakan oleh orang yang berbeda dan pada masa yang berbeda. Keyboard ditemukan pertama kali pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Keyboard yang kita ketahui sekarang bernama QWERTY diambil dari enam huruf pertama pada home ruw.

Home row adalah deretan istilah alfabet kedua, letaknya di tengah papan keyboard. Keyboard sendiri pertama kali di gunakan pada tahun 1964. Perangkat ini dibuat pertama kali oleh MIT, Bell Laboratories dan General Electric yang di kenal dengan sebutan Mulitics. Sedangkan pada mouse, pertama kali alat ini ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute di tahun 1963. Selain mouse juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi tubuh lainnya. namun karena kenyamanan dan kepraktisannya maka dipilihlah mouse.

Bentuk dan Cara Kerja

Keyboard dan mouse juga mempunyai bentuk dan cara kerja yang berbeda. Jika pada keyboard alat ini mempunyai bentuk segi empat dengan banyak tombol- tombol diatasnya. Alat ini digunakan untuk menginput teks dan juga dipakai untuk mengontrol pengoperasian komputer. Tombol- tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang dicetak diatasnya dan akan menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkan jika ditekan. Tapi jika menekan 2 tombol sekaligus kadang pengguna akan mendapatkan fungsi atau input khusus.

Saat ini sudah ada beberapa peralatan yang meniru aplikasi keyboard misalnya HP, PDA, juga beberapa mesin ATM. Cara kerja pada peralatan keyboard cukup mudah, ketika tombol ditekan maka tombol tersebut akan menekan tombol karet yang ada dibawahnya. Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang akan mentramisikan sinyal yang didapat berbentuk binner lalu binner akan ditransmisikan berbentuk kode dan setelah digenerate lalu ditampilkan pada layar komputer. Sedang mouse mempunya bentuk lucu. Dengan bentuk oval kadang bulat disertai kabel kecil yang memnghubungkan antara alat itu dengan peralatan kecil. Kabel kecil yang mempunyai bentuk seperti buntut tikus itulah yang membuat alat ini dinamakan mouse. Cara kerja alat ini gampang. Alat ini bisa digerakkan kemana saja berdasarkan gerakan bola kecil yang terdapat di dalam mouse. Pengguna juga bisa mengklik tempat yang mau dipilih atau menggeser dan menarik.

 

Baca juga :

                Kenali 5 Gejala CTS: Penyakit yang Menyerang "Keyboard Warrior"

                Ini Baru yang Namanya Mouse Gaming! Review SteelSeries Rival 100 Dota 2

 

Jenis- Jenis Keyboard dan Mouse

Ada banyak jenis keyboard dan mouse yang beredar di pasaran. Sehingga pengguna bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan uang yang dimilikinya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard namun yang paling banyak digunakan adalah Qwerty. Keyboard juga mempunyai beberapa jenis perbedaan dalam koneksinya. Ada yang menggunakan kabel yaitu dengan menggunakan koneksi USB atau PS/2 dan ada pula yang tidak menggunakan kabel, yang lebih dikenal dengan sebutan cordless keyboard dengan cara menggunakan sinar infra red atau bluetooth. Keyboard terdiri dari beberapa jenis diantaranya, Qwerty, Dvorak, Klockenberg.

Sedangkan mouse yang berfungsi sebagai penggerak kursor pada layar monitor mempunyai 4 jenis koneksi antara mouse ke komputer yaitu Standar Serial Mouse, PS2, USB dan Wireless/ nirkabel/ jaringan tanpa kabel. Dipasaran juga beredar 2 bentuk jenis mouse yaitu mouse berbentuk bola dan mouse sinar. Sebelum perangkat mouse digunakan, software pada komputer perlu di install terlebih dahulu. Umumnya program mouse digunakan khusus untuk mouse tertentu saja sesuai dengan kode produksinya. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel