Belajar Sejarah Indonesia dari website Sejarah Arkeologi Indonesia : Arkeologi.web.id

20 Apr 2013 21:00 5316 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Arkeologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang cukup jarang ditemui peminatnya. Arkeologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari kebudayaan (khususnya manusia) masa lampau dengan melakukan kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan. Bisa dikatakan Arkeologi bidangnya lebih terperinci dibandingkan ilmu sejarah semata. Hanya universitas-universitas ternama yang menyediakan program jurusan Arkeologi. Namun bagi Anda yang ingin mempelajarinya ada alternatif lain, yakni melalui beberapa daftar situs website Arkeologi Indonesia.

Berikut ini kami perkenalkan sebuah situs website Arkeologi Indonesia yang beralamat di Arkeologi . Ini adalah salah satu situs website yang berisi tentang konten dan informas-informasi dalam dunia Arkeologi terutama Sejarah Indonesia dari sisi Arkeologi. Dalam banner website tertulis "situs arkeologi indonesia terjadul”, hal ini dimaksudkan karena website ini hanya khusus membahas benda, objek dan tempat yang dibuat atau ada sejak jaman dahulu kala. Sebuah artikel dalam website tersebut menuliskan bahwa semakin terjadul suatu objek arkeologi maka akan memiliki nilai arkeologis yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan objek atau situs yang lebih terkini. Namun, selain membahas berbagai informasi benda-benda kuno, website ini juga menampilkan beberapa konten informasi terkini dalam sub Etnoarkeologi. Hal ini juga karena ilmu Etnoarkeologi adalah salah satu cabang dari arkeologi, namun lebih membahas objek arkeologi terkini.

Desain tampilan situs arkeologi cukup sederhana dan tidak terlalu rumit. Saat ini situs website tersebut sudah diperbaharui dengan menggunakan Content Management System Joomla yang lebih solid namun tetap fleksibel. Anda juga dapat mengatur tampilan font huruf dari yang paling kecil, menengah hingga yang paling besar. Pengaturan font huruf tersebut dapat Anda temukan pada sisi kanan banner utama dengan lambar A+ (font terbesar), A (font menengah) dan A- (font terkecil). Pada halaman website tersedia 5 menu utama, yakni

  • Home :sebagai halaman utama website yang berisi tulisan admin dan menampilkan komentar para pengunjung. Selain itu terdapar daftar lastest articles dan artikel terkini.

  • Artikel: salah satu menu yang paling utama dalam website arkeologi Indonesia ini. Ada banyak sekali sub kategori yang tersedia dalam menu Artikel, diantaranya adalah arkeologi prasejarah, arkeologi klasik, arkeologi islam, arkeologi kolonial, arkeologi bahari, arkeologi kesejahteraan, epigrafi dan manuskrip, etnoarkeologi, permuseuman, berita arkeologi, wacana arkeologi, pojok arkeologi, arkeologi publik, arkeologi jender, tokoh arkeologi, mitos legenda dan tutur, memori dan catatan perjalanan, resensi buku serta arkeosinologi.

  • Gallery: menu yang menampilkan berbagai gambar dokumentasi tentang berbagai macam benda-benda arkeologi.

  • Arkeolink: menu yang menyediakan berbagai link situs website lain yang menyajikan informasi dunia arkeologi. Selain itu dalam Arkeolink juga menyediakan Ebook arkeologi dengan format PDF dan Document. Seluruh Ebook yang ada dapat diunduh secara bebas dan gratis.

  • Sitemap: menu ini merupakan salah satu alat bantu untuk para webmaster mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website arkeologi Indonesia.

Ada beberapa artikel yang terpopuler, seperti kategori arkeologi prasejarah yang kebanyakan membahas mengenai jejak-jejak peradaban manusia kuno. Beberapa pembahasannya diantaranya adalah jejak purba layang-layang Muna, situs 1.400 tahun yang ditemukan di Lahat, menelisik jejak migrasi purba dan lain-lain. Artikel terpopuler kedua adalah dari kategori arkeologi kolonial, dimana artikelnya banyak membahas mengenai peninggalan-peninggalan kuno dari pemerintah kolonial Belanda dan bangsa lain yang pernah menguasai Nusantara. Beberapa artikelnya adalah tentang peninggalan gereja-gereja tua di Jakarta, benteng-benteng tertua, bunker misterius dalam stasiun Tanjung Priok, Hotel Majapahit (Oranje) dan masih banyak lagi.

 

Baca juga : 

                Sekali Lagi, Masyarakat Indonesia Disuguhi ‘Hiburan’ Penuh Ironi

                Inilah 10 Kota Terindah/Tercantik yang Ada di Indonesia!

 

Untuk artikel terpopuler ketiga adalah kategori arkeologi bahari, dimana didalamnya banyak membahas mengenai segala macam peninggalan kuno yang berhubungan dengan laut. Beberapa artikelnya adalah mengenai jejak bahari kota Kapur, perdagangan dan muatan kapal tenggelam, penemuan 5 situs bawah air di Karimunjawa, serta bangkai kapal kuno di selat Bangka. Selain itu, arkeologi kesejahteraan juga menjadi kategori yang cukup populer pula karena banyak membahas mengenai kisah-kisah cerita kuno yang menarik dan kontroversial. Beberapa artikel yang cukup ramai dikunjungi adalah mengenai hukuman mati di Batavia, tempat kelahiran Patih Gajah Mada, sejarah perkeretaapian Indonesia, Penemuan Telegram Kabarkan Dahsyatnya Letusan Krakatau, sejarah bumi sangkuriang dan masih banyak lagi yang lain.

Dalam kategori artikel tidak tersedia gambar secara langsung, namun Anda dapat melihatnya pada menu Galley dimana terdapat banyak sekali koleksi foto website arkeologi Indonesia ini. Website ini tersaji dengan selengkapnya dan cocok bagi Anda yang sedang studi dalam bidang arkeologi. Kira dapat menambah wawasan Anda. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel