Tips Dan Trik Memaksimalkan Hasil Kamera Handphone

5 Mar 2012 11:00 17580 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagian besar kamera handphone tidak menawarkan kontrol manual, sehingga Anda harus bergantung pada sensor kamera untuk menentukan kombinasi terbaik dari *aperture* (besarnya lubang diafragma sebuah lensa, berguna untuk mengontrol cahaya yang masuk ke sensor pada kamera lewat lubang pada lensa), *shutter speed*, dan fokus.

Sebagian besar kamera handphone tidak menawarkan kontrol manual, sehingga Anda harus bergantung pada sensor kamera untuk menentukan kombinasi terbaik dari aperture (besarnya lubang diafragma sebuah lensa, berguna untuk mengontrol cahaya yang masuk ke sensor pada kamera lewat lubang pada lensa), shutter speed, dan fokus. Sensor ini bukan hal paling cerdas di dunia, dan kamera handphone sering menghasilkan gambar yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Bagaimana cara agar hasil kamera handphone sesuai dengan keinginan Anda, atau menghasilkan foto yang lebih artistik?

Karena Anda tidak dapat secara manual menyesuaikan pengaturan kamera handphone, Anda hanya perlu membiarkan kamera secara otomatis menyesuaikan dengan pengaturan yang Anda inginkan, kemudian menguncinya dan mengambil gambar Anda. Kamera handphone Anda akan mengunci exsposure dan pengaturan fokus saat Anda menekan tombol jepret setengah, yang berarti Anda bisa mengarahkan kamera Anda pada "pseudo-subject”(obyek sembarang, hanya untuk menentukan setting kamera handphone saja), mengunci pengaturan, kemudian arahkan ke obyek foto yang ingin Anda ambil. Dengan kondisi yang tepat, Anda dapat menggunakan pseudo-subject untuk mengunci pengaturan yang Anda inginkan.

Menggunakan "Manual" Exposure untuk Memperbaiki Foto

Pada foto di atas, karena latar belakang adalah semua hitam sehingga mendapat sedikit cahaya, pengukur multi-pattern exposure membuat *shutter speed** melambat dan menerima cahaya lebih banyak. Hal ini membuat obyek kerang memiliki warna terlalu putih atau terlalu terang sehingga detail kerang tersebut kurang tajam.

Cara yang bisa lakukan untuk mengatasi hal ini adalah arahkan kamera handphone ke pseudo-subject terlebih dahulu, atur shutter speed, kemudian arahkan kembali ke obyek yang ingin Anda ambil. Contoh eksperimen pada foto di atas, bagian bawah, adalah hasil yang didapatkan menggunakan pseudo-subject lampu neon. Hasil yang didapat memang kurang terang, tetapi ketajaman detail kerang bisa didapatkan. Untuk mendapatkan hasil yang seimbang antara background hitam dan kerang putih tersebut, Anda bisa menggunakan pseudo-subject yang sedikit minim cahaya daripada lampu neon, seperti kertas putih yang ditaruh di bawah sinar lampu.

Selanjutnya Plimbi akan membahas tips dan trik memaksimalkan hasil kamera handphone dengan beberapa efek foto yang bisa Anda dapatkan secara manual. Berikut ini adalah pembahasan Plimbi lanjutkan dengan cara mendapatkan efek foto secara manual.

Memberikan Efek Foto

Tips dan trik memaksimalkan kamera handphone secara manual ini bisa juga untuk tujuan artistik, tidak hanya untuk memaksimalkan hasil foto saja. Berikut hal yang bisa Anda lakukan dengan "penyesuaian” manual pada kamera handphone:

  • Overexposed "Glow" Effects. Katakanlah Anda ingin overexpose sebuah foto untuk tujuan efek. Arahkan kamera handphone Anda ke obyek gelap, atau menutupi lensa kamera dengan tangan Anda untuk mengurangi shutter speed, mengunci pengaturan eksposur, kemudian arahkan ke obyek yang sebenarnya. Sekali lagi, dengan tidak adanya pilihan untuk mengunci eksposure, Anda harus cepat beralih antar obyek.

    Cara terbaik untuk mengatur tingkat pencahayaan seperti ini adalah dengan menaruh tangan Anda di depan kamera, kemudian mengatur pencahayaan dengan menentukan jarak jauh atau dekat tangan Anda dari kamera. Berikut contoh dari Overexposed "Glow" Effects:

  • Bokeh Effects. Efek bokeh adalah background kabur atau tidak jelas dari sebuah foto. Efek Bokeh biasanya bisa diambil menggunakan kamera professional yang menyediakan setting fokus secara manual. Kamera handphone yang memiliki sistem "point and shoot” tidak memiliki fungsi setting fokus manual seperti ini, tetapi mereka umumnya memiliki pilihan setting "auto-focus” dan "macro,” contoh pada aplikasi kamera Adroid Anda bisa menemukan pilihan setting "macro” pada pilihan setting "Focus mode.” Setting "Macro” ini bisa Anda gunakan untuk Efek Bokeh pada kamera handphone, dengan menambahkankan zoom untuk menambah efek blur pada foto. Selanjutnya, Anda bisa melakukan eksperimen dengan kedua setting tersebut, ditambah dengan pengaturan exposure yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Psychedelic "Warp" Effects. Trik kamera handphone ini adalah trik paling cocok untuk diterapkan pada smartphone. iPhone dan kebanyakan smartphone lainnya menggunakan sensor CMOS(Complementary Metal-Oxide Semiconductor) yang lambat, Anda dapat memutar handset Anda dalam mengambil gambar untuk mendapatkan efek ini. Cukup dengan menekan tombol kamera, putar kamera sedikit, dan Anda akan mendapatkan efek yang diinginkan, seperti pada contoh foto berikut:

Demikian tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan hasil kamera handphone Anda.Please share with us apabila Anda memiliki pengalaman atau eksperimen yang telah Anda lakukan sendiri dengan kamera handphone Anda. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel