John McAfee, Perancang Anti Virus Komputer Handal Nan Penuh Kontroversi

18 Apr 2013 22:00 3762 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
biografi tokoh dunia kali ini mengangkat profile John MacAfee, seorang programmer hebat yang menjadi tokoh utama munculnya antivirus MacAfee

Sedikit miliuner yang mempunyai tingkah polah seperti John McAfee. Salah satu tokoh dunia bidang teknologi yang tertangkap setelah beberapa waktu dikejar-kejar polisi atas tuduhan pembunuhan. Ada banyak ditulis biografi tokoh dunia, namun kisah hidup perjalanan McAfee merupakan kisah yang fenomenal. Pria kelahiran Inggris pada 18 September 1945 yang merupakan warga kebangsaan Amerika Serikat ini merupakan seorang pendiri perusahaan perangkat lunak anti virus komputer McAfee.

Salah satu tokoh dunia ini berhasil menyelaesaikan studi sarjana matematikanya di Roanoke College pada tahun 1967. Dan pada tahun 2008 dia berhasil menerima gelar doktor kehormatan di kampus yang sama. McAfee memulai awal kariernya sebagai pemrogram perangkat lunak di NASA Institute for Space Studies, New York dari tahun 1968- 1970. Dari NASA Institute, kemudian John McAfee memutuskan untuk pindah ke Univac, kemudian ke Xerox sebagai pemrogram sistem operasi, Computer Science Corporation sebagai konsultan perangkat lunak. McAfee juga tercatat pernah bekerja di perusahaan kedirgantaraan AS, Lockheed.

Mendirikan McAfee

Pada saat McAfee tercatat sebagai karyawan di Lockheed, lelaki pintar ini menerima sebuah virus salinan virus komputer Pakistani Brain. Sebuah virus yang merupakan salah satu virus berbahaya pada saat itu. sejak itu McAfee tergerak untuk membuat perangkat lunak yang bisa mendeteksi dan menghapus virus secara otomatis. Sejak itu pria berkebangsaan Amerika ini tercatat dalam salah satu yang berhasil menciptakan perangkat lunak anti virus komputer. Kemudian pada tahun 1987 McAfee mendirikan perusahaan yang di beri nama McAfee Associates.

Perusahaan ini merupakan pendistribusi pertama perangkat lunak ciptaannya dengan menggunakan model bisnis shareware. Pada tahun 1989 John McAfee mengundurkan diri dari perusahaan yang membesarkan namanya, Lockheed untuk berkonsentrasi pada perusahaan miliknya. Perusahaan McAfee mengalami kejayaan pada tahun 1992 dan dua tahun kemudian tepatnya 1994, McAfee mengundurkan diri dari perusahaan yang dirintisnya. McAfee menjual semua saham miliknya, dan akhirnya perusahaan itu dimerger dengan perusahaan Network General sebagai pemilik barunya.

Seputar kehidupan pribadi John McAfee

McAfee merupakan sosok yang tertarik pada yoga. McAfee tercatat pernah menjadi instruktur dan menulis beberapa buku tentang yoga. Kecintaannya pada yoga dibuktikan dengan membeli tanah seluas 400 hektar di daerah Colorado untuk membangun properti sekaligus pertapaan yoga-nya. Pada tahun 2009 McAfee pindah ke Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur tengah. Di tahun yang sama, tercatat kekayaan sang miliuner turun secara drastis menjadi 4 juta dolar. Meski sosoknya tercatat dalam biografi tokoh dunia namun McAfee sudah benar-benar meninggalkan industri teknologi yang telah membesarkan namanya dan mencatat sebagai sosok yang sukses dengan prilaku kehidupannya yang nyentrik.

 

Baca juga : Macam-Macam Virus Komputer Lokal yang Sangat Mengganggu

                 Mau Sembunyikan dan Protect Partisi di Komputer dengan Password? Begini Caranya

 

Bagaimana tidak dikatakan nyentrik, jika pada miliuner lainnya barangkali lebih menikmati hidup mewah di tengah kota dan mengkoleksi berbagai barang-barang mewah sebagai simbol high class mereka, namun berbeda dengan apa yang dijalani oleh John McAfee. McAfee lebih memilih untuk tinggal di suatu pedalaman Belize, sebuah negara di Kepulauan Karibia. Hidupnya dijalani ibarat dirinya seorang Rambo. McAfee mempunyai hobi keluar masuk hutan dengan membawa senjata. McAfee juga pernah digerebek polisi di kediamannya atas tuduhan pembuatan obat terlarang dan kepemilikan senjata api tanpa ijin. Namun akhirnya dibebaskan beberapa jam kemudian.

Tuduhan pembunuhan

Tidak hanya sampai di sana saja petualangan kehidupan McAfee. Meskipun namanya telah tercantum dalam salah satu biografi tokoh dunia di bidang teknologi berkat penemuan anti virusnya, kehidupan McAfee tidak pernah jauh dari tindakan kontroversi. Pada November 2012 lalu, Afee menjadi buronan polisi atas tuduhan pembunuhan yang menewaskan ekspatriat Amerika Serikat bernama Gegrory Faull yang merupakan tetangganya sendiri.

Sang miliuner ini menjadi buron setelah dikaitkan dengan kasus pembunuhan Faull. Meskipun dalam beberapa wawancara dengan media masa, McAfee menolak tuduhan itu. Pada saat wawancara dengan melalui media telepon, McAfee membantah telah membunuh Faull dan tak berniat mencari perlindungan ke Kedubes AS. Keberadaan McAfee terungkap melalui smartphone Android miliknya yang terdeteksi oleh pihak kepolisian Guatemala. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel