Update Mozilla Firefox Terbaru Menambahkan Sistem Push Notification

28 Feb 2012 20:00 3913 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mozilla saat ini sedang mengembangkan sistem *push notification* untuk web *browser* Firefox miliknya. Update Mozilla Firefox ini akan memungkinkan pengguna untuk menerima pemberitahuan dari situs web apapun, bahkan jika situs tersebut tidak terbuka di tab atau jendela.

Mozilla saat ini sedang mengembangkan sistem "push notification" untuk web "browser" Firefox miliknya. "Update Mozilla Firefox" ini akan memungkinkan pengguna untuk menerima pemberitahuan dari situs web apapun, bahkan jika situs tersebut tidak terbuka di tab atau jendela. Sistem ini juga akan dapat me-"relay" "push notification" untuk perangkat "mobile". Mozilla tampaknya ingin menutup gap antara aplikasi "web browser" versi desktop dan aplikasi "web browser" versi "mobile", yang menggunakan sistem "push notification" pada sejumlah "platform" "mobile".

"Push notification" adalah cara untuk situs web mengirim pesan kepada pengguna ketika pengguna tidak sedang mengakses situs terebut," kata pengembang Mozilla, Jeff Balogh, di blog resmi perusahaan. "Perangkat iOS dan Android sudah mendukung layanan "push notification" mereka sendiri, tetapi kami ingin membuat pemberitahuan yang tersedia untuk web secara keseluruhan.” Cara kerja sistem "push notification" pada update Mozilla Firefox yang sedang digarap ini relatif sederhana. Mozilla atau beberapa pihak lain akan menjadi host sebuah layanan notifikasi yang mampu memberikan pesan ke browser.

Layanan ini akan memiliki sebuah unique URL endpoint untuk setiap pengguna aktif. Browser Web akan menyediakan JavaScript API yang dapat digunakan website meminta ijin dari pengguna untuk mengirim pemberitahuan. Ketika pengguna memberikan izin, browser akan menyerahkan "unique URL endpoint" pengguna kepada situs web. Selanjutnya, ketika sebuah aplikasi web mengirimkan pemberitahuan kepada "unique URL endpoint" itu, "sistem push notification" pada "update Mozilla Firefox" akan memberikan pesan tersebut ke pengguna. Selain itu, layanan sistem "push notification" "update Mozilla Firefox" ini akan mampu menyampaikan pesan ke perangkat "mobile".

Sistem ini bisa memanfaatkan "Google's Cloud-to-Device messaging" untuk mengirimkan "push notification" tersebut ke mobile Firefox pada "handset" Android pengguna. Atau bisa menggunakan Apple Push Notification Service untuk mengirimkan pemberitahuan ke aplikasi Mozilla Firefox iOS pengguna. Sangat penting untuk dicatat bahwa sistem "push notification" update Mozilla Firefox ini berbeda dari mekanisme notifikasi "desktop" yang sudah mulai dikembangkan.

Notifikasi desktop, misalnya seperti yang dimiliki situs GMail dan Seesmic untuk pengguna Chrome, hanya akan bekerja ketika situs dibiarkan aktif di tab. Sistem "push notification" ini bekerja melampaui keterbatasan tersebut. Sistem "push notification" pada update Mozilla Firefox ini akan sangat berguna untuk situs yang ingin mengirim pemberitahuan ke "smartphone" pengguna tanpa harus membangun sebuah aplikasi versi "mobile" (contoh Anda bisa menemukan situs jejaring sosial yang juga menciptakan aplikasi khusus jejaring sosial mereka untuk perangkat *mobile*).

Sistem ini sekarang sedang dalam tahap perencanaan awal dan belum diketahui secara pasti kapan "update" Mozilla Firefox ini akan rilis. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel