Tak tersesat di Jakarta Berkat Android

26 Apr 2011 18:07 6198 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan berbekal smartphone Android, baik pengguna kendaraan pribadi maupun angkutan umum bisa berkeliling Jakarta tanpa khawatir akan tersesat. GPS merupakan salah satu fitur utama dari Android. Dalam setiap *smartphone* Android sudah tertanam aplikasi Google Maps, dilengkapi dengan Google Navigation dan Google Places.

Luasnya wilayah ditambah dengan rumitnya jalan kota Jakarta menjadi kombinasi yang ampuh untuk mengakibatkan tersesat. Warga yang sudah lama tinggal di Jakarta pun belum tentu memiliki gambaran peta Jakarta yang lengkap di dalam otak mereka. Dalam hal pengguna transportasi umum, Jakarta, yang bisa dijuluki "City that never sleeps" nya Indonesia, dilengkapi dengan banyaknya pilihan transportasi umum yang sebagian beroperasi 24jam mengikuti aktivitas kota. Namun tetap istilah tersesat merupakan kata yang tercetak paling tebal dalam kamus warga Jakarta. Penulis, sebagai salah satu pendatang di ibukota yang memiliki pengalaman tersesat pada malam hari, ingin membagikan salah satu solusi dalam hal ini.

Tren sebagian besar pengendara di ibukota adalah memiliki perangkat GPS yang terpasang di kendaraan mereka. Memiliki perangkat GPS adalah solusi yang efektif. Namun perangkat ini bukanlah barang murah, dan juga bukan solusi yang praktis bagi pengguna angkutan umum. Dengan berbekal smartphone Android, baik pengguna kendaraan pribadi maupun angkutan umum bisa berkeliling Jakarta tanpa khawatir akan tersesat.

GPS merupakan salah satu fitur utama dari Android. Dalam setiap smartphone Android sudah tertanam aplikasi Google Maps, dilengkapi dengan Google Navigation dan Google Places. Dengan memasukkan alamat yang Anda tuju, Google Maps akan menampilkan arah dan rute, baik dalam bentuk tanda di peta maupun dalam bentuk teks yang berisi detail nama jalan dan belokan yang harus Anda ambil. Apabila Anda ingin sistem navigasi seperti pada perangkat GPS yang bisa menjadi navigator dalam bentuk suara, maka Anda harus menginstal aplikasi tambahan, karena untuk saat ini fitur Speak Destination Google Maps belum berlaku di Indonesia.

NAVITEL
Sebenarnya banyak aplikasi navigasi yang didesain untuk OS Android, namun penulis menjatuhkan pilihan pada Navitel. Hal ini dikarenakan Navitel secara gratis tersedia di Google Market sehingga mudah untuk ditemukan dan diunduh, serta file tambahan yang selalu update untuk peta Indonesia tersedia untuk diunduh di http://navigasi.net. Aplikasi ini tidak memiliki pilihan peta dalam bentuk foto satelit seperti Google maps, jadi hanya dalam bentuk gambar peta biasa. Tapi Navitel memiliki pilihan gambar peta 3D yang cukup menarik. Disertai dengan suara dalam bahasa Inggris, aplikasi ini cukup berguna sebagai navigator Anda.

KOMUTTA
Bagi para pengguna jasa angkutan umum kota Jakarta, Komuta adalah solusi paling efektif untuk saat ini. Penulis sangat menyukai dan merekomendasikan aplikasi ini. Karena selain sangat membantu aktivitas penulis sebagai pengguna angkutan umum, juga bangga karena aplikasi ini adalah produk anak bangsa. Komutta adalah panduan transportasi umum untuk wilayah Jakarta.

Informasi yang terdapat dalam Komutta meliputi:

  • Rute dan koridor Transjakarta. Lengkap dengan fitur search route. Anda dapat memilih dari halte mana Anda berangkat dan halte mana yang Anda tuju, maka akan keluar teks yang berisi petunjuk koridor mana yang harus Anda ambil dan juga dimana Anda harus turun untuk ganti koridor.
  • Jadwal KRL. Dengan fitur search schedule, Anda dapat memilih stasiun dan kereta kelas apa yang Anda cari. Anda juga bisa melihat seluruh jadwal kereta atau hanya melihat jadwal kereta yang akan datang pada jam itu.
  • Taxi dan nomor telepon pemesanan yang bisa langsung Anda hubungi melalui smartphone Android.
  • Bis, Bis AC, Minibus(Kopaja dan Metromini), dan Angkot. Dengan memilih Number, Anda dapat mengetahui rute yang dilalui angkutan bernomor tersebut. Atau dengan memilih location, Anda dapat mencari angkutan apa saja yang melewati daerah tersebut. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel