Cara Menggunakan BlackBerry dengan Bijak

26 Feb 2012 10:00 4472 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak selamanya smartphone BlackBerry akan sepintar namanya, hal tersebut bisa disebabkan karena penggunanya tidak bisa mengkondisikan smartphone yang dimilikinya dengan benar dan bijak. Berikut ini Plimbi akan memaparkan beberapa hal dan cara menggunakan BlackBerry dengan bijak:

Tidak selamanya smartphone BlackBerry akan sepintar namanya, hal tersebut bisa disebabkan karena penggunanya tidak bisa mengkondisikan smartphone yang dimilikinya dengan benar dan bijak. Banyak sekali kasus yang terjadi pada pengguna ponsel pintar ini karena tidak bisa mengkondisikan ponselnya di lingkungan sekitar, entah karena tidak tahu cara menggunakan BlackBerry-nya atau memang disengaja olehnya.

Kebanyakan pengguna ponsel pintar ini over terhadap apa saja yang baru saja didapatannya, kecenderungan untuk selalu mengakses hal baru selalu tidak bisa tertahankan. Beda lagi cara menggunakan BlackBerry untuk kalangan corporate yang masih bisa mengkondisikan ponsel BlackBerry sesuai dengan porsinya.

Misalnya saja setiap ada update dari akun social network yang dimilikinya, maka akan selalu dipantau secara real time, lantas apakah penggunaan BlackBerry yang demikian ini termasuk bijaksana? Salah kaprah sekali untuk Anda yang mempergunakan ponsel cerdas hanya untuk mengakses akun social network, karena banyak sekali hal yang bisa Anda pergunakan dan banyak akses lainnya yang berguna untuk mendukung kinerja pekerjaan Anda setiap harinya. Tetapi jangan lupa sesuaikan dengan porsi dan kebutuhan yang Anda miliki, jangan sampai Anda lupa akan waktu gara-gara hanya asyik mempergunakaan BlackBerry di setiap kegiatan yang Anda lakukan.

Berikut ini Plimbi akan memaparkan beberapa hal dan cara menggunakan BlackBerry dengan bijak:

Pergunakan Filter Email

Penggunaan filter email ini sangat berguna untuk memfilter semua email yang masuk ke BlackBerry Anda. Fitur filter email ini akan memilih email-email penting dan berbobot saja yang bisa masuk ke dalam inbox BlackBerry Anda. Dan untuk sisanya akan di-forward ke inbox email untuk selanjutnya diakses lewat komputer PC atau laptop. Filterisasi email ini sangat berguna sekali untuk memilah dan memilih email apa saja yang masuk, tidak ada alasan untuk email spam atau email tidak penting lainnya masuk di inbox email BlackBerry Anda. Jadi akses terhadap pengecekan email dapat diminimalisir dan tidak terkesan terpaku selalu real time.

Selalu Memposisikan Penggunaan BlackBerry dengan Kondisi Lingkungan yang Ada

Cara menggunakan BlackBerry dengan benar selanjutnya adalah selalu ingat dengan keadaan sekitar dan memiliki kesadaran terhadap orang lain. Jangan sampai pada saat acara-acara resmi seperti rapat Anda malah asyik bermain-main dengan BlackBerry yang dimiliki tanpa menghiraukan keadaan sekitar. Hal seperti ini merupakan tindakan fatal yang sering dilakukan oleh sebagaian pengguna BlackBerry yang tidak paham dengan etika menggunakan BlackBerry. Anda tidak seharusnya mementingkan informasi terbaru dari dunia maya ketimbang dengan informasi terbaru dari dunia nyata. Miris bila Anda selalu meng-update informasi yang ada di dunia maya tetapi Anda tidak peduli dan sadar akan informasi yang ada di dunia nyata pada saat Anda sedang berada saat ini.

**Mengindari Memakai Headset secara Berlebihan **

Cara menggunakan BlackBerry selanjutnya adalah mengurangi penggunaan headset sebagai media komunikasi telepon, usahakan untuk mempergunakan headset sebagaimana mestinya dan tidak berlaku berlebihan dengan menggunakan headset ke mana saja tanpa menghiraukan keadaan sekitar. Penggunaan headset ini memang bagaikan dua sisi mata uang, di samping penggunaanya mengurangi dampak radiasi yang ditimbulkannya tetapi di lain sisi juga dapat merusak pendengaran Anda karena kebiasaan yang terbangun dengan suara headset yang keras. Jadi usahakan untuk menyeimbangkan penggunaan headset ini untuk percakapan penting saja.

Mengurangi Perilaku Berkomunikasi Tidak Langsung

Perilaku berkomunikasi tidak langsung lewat ponsel sedikit memberikan kebiasan lain yang bersifat negatif untuk penggunanya, terbukti pada saat Anda sedang berhadapan dengan orang lain di dunia nyata Anda akan merasakan hal berbeda pada saat berkomunikasi. Jika terlalu sering berkomunikasi di dunia maya, Anda akan kesulitan dalam merespon semua informasi yang diberikan oleh lawan bicara Anda dengan lemah dan sulit untuk menangkapnya. Itu efek dari tidak pernahnya berkomunikasi dua arah secara langsung. Maka jangan sering-seringlah Anda mengakses informasi yang di ada di BlackBerry, utamakanlah informasi dari lingkungan sekitar Anda.

Itulah sedikit review cara menggunakan BlackBerry dengan bijak dengan berbagai kondisi yang berbeda, intinya jika Anda memang dapat memanfaatkan penggunaan BlackBerry tersebut maka Anda akan merasakan kepintaran dari ponsel tersebut dalam pembangunan kinerja yang lebih baik. Atau malah kebalikannya jika Anda tidak tahu cara menggunakan BlackBerry tersebut maka Anda akan diperdaya oleh kemajuan teknologi yang ada di dalamnya. [KS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel