Cara Mengatasi Masalah iPhone yang Freeze atau Hang

20 Feb 2012 09:00 43519 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setiap perangkat teknologi mobile pasti memiliki kelemahannya tersendiri. Termasuk juga perangkat produksi Apple, iPhone. Bagi Anda para pengguna ponsel pintar tersebut masik pernah mengalami masalah iPhone yang crash, freeze, atau hang secara tiba-tiba. Ada banyak penyebab masalah iPhone ini dapat menimpan Anda. Bisa saja karena proses jailbreak berjalan tidak sempurna. Atau, bisa jadi Anda telah install sebuah aplikasi yang menyebabkan iPhone tidak dapat melakukan booting.

Setiap perangkat teknologi "mobile" pasti memiliki kelemahannya tersendiri. Termasuk juga perangkat produksi Apple, iPhone. Bagi Anda para pengguna ponsel pintar tersebut masik pernah mengalami "masalah iPhone" yang "crash", "freeze", atau "hang" secara tiba-tiba. Ada banyak penyebab masalah iPhone ini dapat menimpa Anda. Bisa saja karena proses "jailbreak" berjalan tidak sempurna. Atau, bisa jadi Anda telah "install" sebuah aplikasi yang menyebabkan iPhone tidak dapat melakukan "booting". Bila hal tersebut terjadi, yang dapat Anda lakukan hanyalah memandangi logo iPhone berwarna putih. Dan ketika ponsel dinyalakan, seluruh tombol tidak dapat berfungsi.

Permasalahan iPhone ini sering disebut sebagai "crash", "hang", atau "freeze", karena pengguna tidak dapat menjalankan ponselnya seperti biasa. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan "masalah iPhone" tersebut. Berikut Plimbi ulas beberapa cara untuk memperbaikinya. "Restart" iPhone Anda" Beberapa dari Anda mungkin sering melakukan hal ini. Me-restart iPhone adalah hal yang paling mudah untuk digunakan. Secara sederhana yang perlu dilakukan adalah mekan tombol Sleep/Wake di bagian atas perangkat selama beberapa detik. Menutup Aplikasi Ketika Anda menghadapi masalah iPhone ketika sedang mengunduh atau menggunakan sebuah aplikasi, seringkali perangkat Anda tampak "freeze".

Jika hal ini terjadi, lakukan cara sederhana dengan menekan tombol Home selama 5 detik.Tapi, jika cara tersebut gagal untuk memperbaiki masalah iPhone Anda, coba langkah berikut ini. "Soft Reset" Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol Sleep/Wake serta tombol Home beberapa detik, atau hingga Anda melihat logo Apple muncul di layar. Soft Reset berjalan seperti proses "restart" di komputer. Cara ini akan menghentikan proses sistem operasi iPhone dan mengulangnya hingga dapat kembali menyala. Dengan begitu iPhone akan lebih "fresh". "Hard Reset" Cara yang satu ini sebenarnya bukan rekomendasi terbaik.

Tetapi ketika cara *soft reset* tidak dapat dilakukan, *hard reset* dapat menjadi opsi berikutnya. Sebelum melakukannya, Anda harus bersiap untuk kehilangan seluruh data di dalam[ perangkat](http://www.plimbi.com/article/5417/waterblock "Teknologi WaterBlock dari HzO - Jadikan Perangkat Anda Tahan Air"). Cara *hard reset* ini akan menghapus seluruh data pada memori dan *cache* iPhone Anda. Tapi, Anda tak perlu khawatir. Untuk mengembalikan data-data sebelumnya, Anda dapat melakukan *restore data* melalui iTunes.

Cara yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan dan menahan tombol Sleep/Wake serta tombol Home secara bersamaan selama 10 detik. Apabila Anda melihat kemunculan *slider* merah *"slide to power off"*, abaikan saja perintah itu. Tahan tombol-tombol tersebut hingga logo Apple muncul. Dengan begitu, masalah iPhone Anda telah teratasi dan tinggal melakukan *restore data*. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel