Quicktake - Konsep Kamera Canggih Apple yang Dapat Berputar 360 Derajat!

20 Feb 2012 08:00 3116 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple telah melakukan inovasi yang sangat baik bagi perkembangan teknologi komputer saat ini. Mereka telah melakukan banyak revolusi perangkat untuk keperluan industri teknologi mobile. Dan selanjutnya vendor asal Amerika Serikat itu akan merambah industri fotografi sebagai target inovasi di masa mendatang.

Apple telah melakukan inovasi yang sangat baik bagi perkembangan teknologi komputer saat ini. Mereka telah melakukan banyak revolusi perangkat untuk keperluan industri teknologi mobile. Dan selanjutnya vendor asal Amerika Serikat itu akan merambah industri fotografi sebagai target inovasi di masa mendatang. Namun, jauh sebelum datang dengan konsep "kamera canggih" yang akan Plimbi bahas, tahun 1994 Apple sempat mengeluarkan sebuah kamera canggih bernama Apple QuickTake. Saat itu QuickTake hadir dengan "software" Fujifilm dengan kompabilitas dengan Windows. Bahkan majalah Time memasukkan kamera QuickTake dalam daftar '100 "greatest and most influential gadgets from" 1923 "to the present."' Tapi, QiuckTake tak bertahan lama berada di pasaran kamera.

Tren kamera digital dan persaingan dengan merek-merek populer menghentikan produksi QuickTake. Seolah bangkit dari tidurnya yang panjang, Apple telah mengumumkan konsep kamera mutakhirnya. Kali ini QuickTake hadir tanpa huruf kapital 'T'. Quicktake hadir dengan konsep desain futuristik ciptaan Joseph Dumary. "Kamera canggih" Quicktape akan memiliki tampilan antarmuka seperti iPad dengan kemampuan layar sentuh. Dengan tampilan yang terbuat dari kaca dan aluminium hasil daur ulang, Apple hadir dengan bahan yang sederhana.

Yang cukup membuat para penggemar Apple penasaran adalah fitur "voice control" selayaknya Siri pada perangkat iOS. Menurut rumor yang berkembang, untuk memotret pengguna cukup mengatakan "Cheese" atau beberapa kata lainnya maka kamera secara otomatis akan mengambil gambar. Untuk menunjang teknologi tersebut, kamera canggih ini akan dilengkapi dengan mikrofon yang dapat merekam suara berkualitas HD dan menyaring suara yang mengganggu.

Sebagai konsep kamera masa depan, Quicktake akan didukung dengan lensa sebesar 32 MP atau 1080 piksel kualitas video tanpa perlu dikompresi terlebih dahulu. Rencananya, Quicktake akan menjadi lensa kamera pertama yang dapat berputar 360 derajat. Sungguh sebuah konsep yang mungkin akan merevolusi industri kamera mendatang. Pihak Apple pun akan menanamkan berbagai macam mode video untuk digunakan seperti "slow motion", mode panorama 3D, HDR, "image stabilization, smile detection"dan "anti blur mode". Untuk fitur lensanya sendiri, kamera canggih Quicktake ini akan diintegrasikan menggunakan LED flash yang memiliki fitur "low light" dan *automatic red-eye removal" dan lain-lain. Selain itu, tampilan layarnya pun akan didukung layar sentuh HD LED dengan penggunaan piksel berkualitas tinggi tiap inci.

Seperti halnya "tablet" dan "smartphone", untuk melihat tampilan gambar Anda dapat *zoom* menggunakan jari. Sementara, berbagai fitur yang telah disebutkan memungkin Anda untuk mengumpulkan foto berdasarkan beberapa kriteria seperti wajah, tempat, tanggal pemotretan, dan lain-lain. Quicktake dapat dikatakan sebagai "smartcamera". Terlebih kamera canggih ini pun akan dilengkapi dengan GPS, WiFi, Airplayr, Airprint dan Photobooth. Selain itu, mode-mode yang dapat Anda gunakan seperti "auto modes, strong edit modes, autofocus," HD "speakers" akan bersanding dengan sambungan langsung melalui Youtube dan Flickr.

Apabila memang konsep kamera canggih ini akan segera Apple produksi, Quicktake tentunya akan menjadi kamera dengan fitur paling menarik dan futuristik. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel