Beginilah Mengatur Jaringan Android dengan Mudah

19 Feb 2012 09:00 55592 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menggunakan *smartphone* Android tanpa mengaktifkan jaringan internet, tentu percuma. *Smartphone* yang dirancang memenuhi hampir semua keinginan para pengguna gadget, memiliki aplikasi yang banyak membutuhkan jaringan internet. Tapi, jika jaringan Android tersebut tidak stabil, akibatnya internet akan lambat.

Menggunakan "smartphone" Android tanpa mengaktifkan jaringan internet, tentu percuma. *Smartphone* yang dirancang memenuhi hampir semua keinginan para pengguna gadget, memiliki aplikasi yang banyak membutuhkan jaringan internet. Tapi, jika "jaringan Android" tersebut tidak stabil, akibatnya internet akan lambat. Tidak hanya itu, pencarian sinyal untuk jaringan akan membuat Android cepat panas dan tentunya membuat baterai Android lebih boros. Jika Anda menggunakan modem, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal jaringan Android kita. Dari mulai trik unik menggunakan barang-barang berbahan logam, hingga merubah APN provider yang Anda gunakan.

Ada pula yang hanya mengubah pengaturan jaringan di modem masing-masing. Hal ini dilakukan untuk membuat sinyal "jaringan Android" stabil. Pada modem kebanyakan, pengaturan untuk menstabilkan jaringan bisa langsung dilakukan pada menu pengaturan. Langkah awal dengan mematikan koneksi internet terlebih dahulu. Lalu mengubah jaringan misalnya dari CDMA ke WCDMA dan lain sebagainya. WCDMA biasanya akan mencari sinyal 3G atau HSDPA. Di dalam pengaturan itu pun akan ditampilkan opsi Preferred atau akan menggunakannya jika ada sinyal 3G di daerah Anda berada.

Nah, bagaimana jika kita ingin memakai pengaturan tersebut di Android kita? Pada menu pengaturan, Anda memang tidak akan menemukan pilihan pengaturan jaringan Android sebagaimana di atas. Namun, Anda bisa membuat pengaturan tersebut dengan mengetik \*#\*\#4636#\*#\* pada "home screen" kita. Secara otomatis, Anda akan disuguhkan menu "testing". Menu "testing" ini berisi informasi telepon, informasi baterai, history baterai, statistic pemakaian, dan juga informasi WiFi. Sentuh opsi informasi telepon. Setelah itu, lakukan "scrolling" sampai bawah. Nanti, di sana akan tertera "Atur Jenis Jaringan yang Dipilih”.

Jika kita sudah berada pada menu ini, maka langkah yang dilakukan sama seperti pada modem biasanya. Anda tinggal memilih jaringan apa yang akan Anda gunakan. Untuk menstabilkan sinyal 3G pada jaringan Android, pilih saja WCDMA Only. Setelah memilih jaringan yang akan digunakan untuk Android, maka sentuh Turn Off Radio atau Matikan Radio hingga berubah menjadi Turn On Radio dan sentuh lagi Turn Radio untuk menyegarkan kembali jaringan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan sinyal 3G di daerah masing-masing memang tersedia. Jika sinyal 3G memang tidak ada, Android tidak akan mendeteksi sinyal 2G yang menjadi pilihan jaringan bawaan. Selamat mencoba. [ZH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel