Waspadai Bahaya Ponsel dari Segi Interaksi dan Pergaulan Sosial

12 Feb 2012 15:00 4965 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ponsel bukan lagi menjadi alat komunikasi belaka, tapi juga alat pembantu pekerjaan manusia lain dalam bidang apa pun. Apalagi dengan lahirnya smartphone, ponsel cerdas yang bisa melakukan apa saja sesuai keinginan para penggunanya. Ponsel menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tangan manusia zaman sekarang. Namun, ada satu sisi bahaya ponsel yang perlu Anda tahu.

Kemajuan teknologi pada hakikatnya merupakan suatu hal positif yang menghasilkan banyak manfaat. Mempermudah setiap aktivitas manusia, tidak hanya tentang efisiensi jarak, waktu, dan biaya, tapi juga berbagai kemudahan lainnya. Teknologi yang kian hari kian canggih pun pada perkembangannya menciptakan berbagai varian baru produk-produk teknologi, seperti gadget; ponsel atau telepon genggam.

Ponsel bukan lagi menjadi alat komunikasi belaka, tapi juga alat pembantu pekerjaan manusia lain dalam bidang apa pun. Apalagi dengan lahirnya smartphone, ponsel cerdas yang bisa melakukan apa saja sesuai keinginan para penggunanya. Ponsel menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tangan manusia zaman sekarang. Namun, ada satu sisi bahaya ponsel yang perlu Anda tahu.

Seperti koin yang memiliki 2 sisi yang berbeda, maka ponsel pun bisa dilihat dari sisi yang berbeda pula. Fungsi ponsel yang bereduksi dari hanya sebagai alat komunikasi saja menjadi alat pembantu aktivitas apa pun pada akhirnya memiliki dampak negatif yang cukup berbahaya. Bagaimana bisa? Ya, disadari atau tidak bahaya ponsel tersebut cukup mengkhawatirkan.

Selama ini kita hanya terfokus pada bahaya ponsel dari segi kesehatan saja, seperti ponsel bisa menyebabkan radiasi, ponsel menyebabkan kanker, artikel bahaya ponsel seperti ini sudah pernah Plimbi bahas pada artikel sebelumnya yang bisa Anda lihat di sini. Namun pada artikel ini, Plimbi akan membahas mengenai bahaya ponsel jika ditinjau dari segi atau sisi sosial masyarakat.

Sejenak mari kita bayangkan. Ketika Anda sedang berkumpul bersama kerabat dan keluarga, salah seorang dari mereka tidak ikut berbincang bersama kita. Sibuk dengan ponsel di tengah-tengah kumpul keluarga, hal tersebut pasti tidak menyenangkan. Apalagi ketika kita hanya berdua dengan salah seorang teman atau keluarga. Kita seperti tidak dipedulikan karena ia asyik dengan ponselnya.

Itulah bahaya ponsel yang menarik yang Plimbi lihat adalah dari sisi kehidupan sosial. Orang-orang yang sudah kecanduan ponsel akan merasa tidak nyaman jika tidak berada di dekat ponselnya. Banyak penelitian yang sudah melakukan percobaan terhadap para responden untuk tidak bersama ponselnya dalam rentang waktu tertentu. Hasilnya, mereka akan gelisah, tidak tenang, dan bahkan seperti kehilangan sesuatu yang paling berharga lainnya.

Saat ini, siapa pun, kapan pun dan di mana pun kita akan melihat setiap orang sedang berinteraksi dengan ponselnya. SMS, telepon, internet, game, email, dan lain-lain akan dilakukan dalam interval waktu yang cukup singkat. Berapa menit sekali kita mengecek ponsel kita? Berapa lama waktu yang kita habiskan ketika sedang bersama ponsel kita? Bandingkan dengan berapa lama kita berbincang langsung dengan orang sekitar? Memperhatikan keadaan sekitar kita?

Hal ini tentunya menjadi bahaya yang cepat atau lambat akan merugikan kita. Sosialisasi yang kurang pada akhirnya akan membawa kita pada ketidaksadaran terhadap lingkungan sosial. Ketidaksadaran ini akan menimbulkan ketidakpedulian. Jika sudah saling tidak peduli, bagaimana kita bisa menciptakan lingkungan sosial yang penuh dengan toleransi dan tenggang rasa antar sesama? Mari gunakan ponsel kita secara bijak bersama Plimbi. Artikel mengenai hal tersebut akan Plimbi bahas secara mendalam pada artikel yang selanjutnya. [ZH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel