Cara Membuat Jejaring Sosial yang Aman dan Terlindungi

8 Feb 2012 14:30 5425 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara membuat jejaring sosial memang tidak memakan waktu lama, hanya butuh registrasi sebentar, konfirmasi via *email* dan akun sosial Anda sudah bisa digunakan. Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa Anda perlu memastikan akun sosial Anda sudah aman atau tidak. Kenapa? Simak alasan dan tips bagaimana agar jejaring sosial Anda tetap aman, hanya di artikel ini.

Menggunakan jejaring sosial memang menyenangkan dan mudah untuk dimengerti. Cara membuat jejaring sosial juga tidak memakan waktu lama, hanya butuh registrasi sebentar, konfirmasi via email dan akun sosial Anda sudah bisa digunakan. Banyak sekali situs jejaring sosial yang bermanfaat dan memberikan begitu banyak informasi bagi Anda. Salah satunya adalah Plimbi.com yang terus memberikan informasi-informasi seputar perkembangan dunia teknologi untuk Anda.

Akan tetapi, perlu juga duperhatikan bahwa Anda perlu memastikan akun sosial Anda sudah aman atau tidak. Kenapa? Karena di sana Anda menyimpan informasi pribadi Anda, yang bisa saja disalah gunakan oleh orang-orang yang mengincar privasi Anda. Untuk itulah, kali ini Plimbi memberikan tips mengenai bagaimana cara membuat jejaring sosial yang aman dan terlindungi.

Gunakan Password yang Kuat

Membuat password yang kuat merupakan salah satu cara membuat jejaring sosial yang aman. Anda tidak akan dibajak oleh spammer ataupun seseorang yang ingin mempermalukan Anda. Password yang kuat bisa berarti terbuat dari kata-kata yang unik, atau mungkin istilah-istilah unik yang hanya diri Anda sendiri yang mengetahui dan mengerti.

Cara membuat password yang kuat sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuat kombinasi dari huruf ataupun angka yang orang lain tidak mengetahuinya. Setelah membuat password yang sulit ditebak untuk akun sosial Anda, ingatlah bahwa Anda juga perlu mengubahnya setiap satu bulan sekali untuk mencegah orang lain menebak-nebak password dari akun sosial Anda.

Membuat password yang sulit ditebak merupakan langkah awal yang baik dari cara membuat jejaring sosial yang aman, walaupun memang tidak sepenuhnya efektif karena akun sosial Anda tidak akan bisa lari dari para hacker serius yang menggunakan keylogger. Hal ini biasanya kerap terjadi pada akun yang memakai alamat email. Dan jika perangkat Anda terkena keylogger, cara berikutnya untuk melindungi akun sosial Anda adalah dengan cara melakukan proteksi terhadap perangkat Anda.

Memproteksi Perangkat Anda

Cara membuat jejaring sosial yang aman berikutnya adalah, memproteksi perangkat Anda. Memproteksi perangkat Anda merupakan salah satu cara membuat jejaring sosial yang cukup vital untuk melindungi akun Anda. Anda perlu memiliki software pengamanan untuk melindungi akun sosial Anda dari serangan hacker. Banyak sekali software perlindungan terhadap perangkat Anda yang dapat Anda temui di Internet, tapi usahakan Anda mendapatkan antivirus yang juga memiliki fungsi sebagai aplikasi anti-malware.

Lakukanlah update setiap hari dan scan perangkat Anda setiap minggunya untuk memastikan keadaan perangkat Anda. Jika cara membuat jejaring sosial yang satu ini Anda laksanakan dengan benar, akun dan juga perangkat Anda akan terlindugi dengan baik.

Jangan Sembarang Mendownload

Anda suka men-download dari Internet? Plimbi rasa semua pengguna Internet pasti sering melakukannya. Men-download bisa menjadi hal yang menyenangkan, terutama ketika Anda memang mencari sesuatu yang penting di Internet. Akan tetapi, aktivitas download juga terkadang bisa membahayakan keadaan akun sosial Anda. Biasanya link download yang diberikan justru mengarah kepada pencurian data-data dari akun sosial Anda. Saran Plimbi, download-lah hal-hal yang Anda inginkan hanya dari situs-situs yang sudah banyak digunakan dan memiliki reputasi baik untuk tetap memastikan bahwa akun sosial Anda aman.

Hati-hati Ketika Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum

Kita semua menyukai penggunaan WiFi di tempat-tempat umum seperti kafe, perpustakaan dan lainnya. Sangat menyenangkan melakukan browsing sambil minum secangkir minuman segar dan bersantai, tapi tidak untuk melakukan online banking yang terkadang mengecek email pun menjadi berbahaya. Kenapa? Karena kita tidak pernah tahu apakah ada hacker yang juga duduk di kafe yang sama, dan dia sedang melakukan proses pemantauan dan beraksi membobol akun sosial Anda dengan mudahnya atau tidak.

Anda tidak dilarang untuk menggunakan WiFi ditempat umum, hanya saja berhati-hatilah ketika melakukannya karena siapa saja bisa menyerang akun yang Anda miliki. Dengan mengikuti cara membuat jejaring sosial yang satu ini, Anda dapat meminimalisir bahaya yang mengincar. Satu hal yang perlu Anda terapkan, tetaplah Safety Browsing! [HR]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel