Tips iPad: Memaksimalkan Fitur Rahasia Yang Tersembunyi

4 Apr 2013 10:00 10767 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di sini Plimbi akan menyiapkan berbagai fitur iPad yang mungkin masih tersembunyi atau belum diketahui oleh sebagian pengguna. Tips iPad berikut ini simpel namun bisa memaksimalkan penggunaan iPad Anda.

Kemampuan iOS sebagai satu-satunya system operasi yang digunakan pada iPad, telah teruji sebagai salah satu OS terbaik di pasaran tablet. Ini terbukti hingga diluncurkannya generasi keempat iPad dengan iOS versi 6 yang dipenuhi dengan berbagai fitur menarik. Di sini Plimbi akan menyiapkan berbagai fitur iPad yang mungkin masih tersembunyi atau belum diketahui oleh sebagian pengguna. Tips iPad berikut ini simpel namun bisa memaksimalkan penggunaan iPad Anda.

1. Bingkai foto digital

Anda pernah tertarik untuk membeli sebuah frame foto digital di mana foto dapat berganti-ganti seperti slide show? Jika Anda sudah memiliki iPad, hal itu tidak perlu lagi. Jadikan tablet ini sebagai frame foto digital berkualitas premium! Pada iPad, fitur ini disebut dengan Picture Frame. Cara mengaktifkannya sangat mudah, cukup nyalakan iPad dari lock-screen lalu tekan logo bunga di pojok kanan bawah. Secara otomatis foto-foto dalam album Anda akan ditampilkan dalam bentuk slide show secara full-screen.

Jika Anda ingin foto tertentu yang ditampilkan, maka buatlah satu album khusus berisi foto pilihan Anda. Kemudian masuk ke menu Setting > Picture Frame> Album lalu pilih album yang telah Anda buat sebelumnya. Kini dengan membeli stand khusus, Anda bisa meletakkan iPad sebagai hiasan foto dalam acara spesial Anda atau sekedar pajangan dalam kamar.

2. Tambahkan Ikon pada dock iPad

Secara default, ikon Apps yang terdapat pada dock iPad hanya berjumlah 4, namun jika Anda perlu menambahnya demi kepraktisan membuka aplikasi Anda bisa menaruh hingga 6 ikon pada dock tersebut. Caranya tap and hold pada aplikasi yang ingin dipindahkan hingga bergoyang, lalu drag menuju dock iPad. Ikon aplikasi yang sudah ada akan bergeser memberi ruang tambahan untuk aplikasi yang di-drag tersebut.

3. Gunakan kelima jari tangan Anda

Fitur ini dinamakan Multitasking Gestures, dengan layarnya yang lebar, fitur ini nyaman untuk digunakan iPad. Ada tiga hal yang bisa Anda lakukan dengan Multitasking Gesture yaitu: 1) Kembali ke homescreen dengan cara mengatupkan 5 jari Anda pada layar, 2) Berpindah antar apliaksi yang sedang dibuka dengan cara melakukan swipe ke kanan atau ke kiri dengan 5 jari pada layar, 3) Membuka Multitasking bar dengan cara melakukan swipe ke atas dengan 5 jari pada layar. Pastikan sebelumnya fitur ini telah ON pada menu Setting > General > Multitasking Gesture. Manfaat lain dari Multitasking Gesture adalah menjaga tombol homescreen iPad agar lebih awet.

4. Pencarian terpadu dalam iPad

Spotlight, fitur ini bisa dibilang sebagai search engine dari iPad. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai hal yang ada dalam tablet iPad Anda mulai dari kontak, notes, hingga lagu. Caranya, tekan tombol homescreen pada halaman pertama iPad Anda untuk membukanya (bisa juga dengan menggeser layar ke kanan) lalu langsung ketikan keyword yang Anda ingin cari. Untuk membatasi hasil pencarian, Anda bisa mengganti settingnya pada Setting > General > Spotlight Search lalu pilih hasil pencarian apa saja yang tidak ingin ditampilkan dalam melakukan uncheck-list. Bahkan dengan Spotlight Search Anda bisa melakukan pencarian di Internet tanpa harus membuka terlebih dahulu browser iPad. Tinggal ketikkan keyword dan pilih Search Web atau Search Wikipedia.

5. Fungsi tombol samping

Tombol samping iPad (side switch) bisa memiliki dua fungsi berbeda. Pertama sebagai tombol Mute dan yang kedua adalah sebagai tombol kunci rotasi layar (Lock Ratation). Untuk memilihnya, masuk ke menu Setting > General > Use Side Switch to mana yang paling Anda butuhkan, langsung saja tap 2 pilihan tersebut. Selain itu tombol Mute/Lock Rotation juga bisa ditemukan pada multitasking bar di bagian paling kiri layar. Jika tombol side switch Anda fungsikan sebagai tombol Mute maka yang ada pada multitasking bar menjadi tombol Lock Rotation dan begitupun sebaliknya. Pilih sesuai kenyamanan Anda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui tips iPad di atas? Semoga tips iPad di atas dapat berguna dan tentunya memaksimalkan penggunaan iPad Anda saat ini. Selamat mencoba! [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel